Inilah Cara Buat Kerupuk Tempe Mudah dan Praktis!

cara buat kerupuk tempe

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara buat kerupuk tempe mudah dan praktis. Sebelum lanjut ke topik pembahasannya apakah kalian tahu apa itu tempe? Pasti dari kalian ada yang belum tahu kan, simak dibawah ini.

Definisi Tempe

cara buat kerupuk tempe

Tempe adalah makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai. Makanan ini berbahan dasar kedelai. Tempe sangat kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi.

Pada umumnya, tempe akan berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji kedelai sehingga tempe terbentuk tekstur yang memadat.

Biasanya tempe diolah dengan cara digoreng, tetapi seiring perkembangan zaman tempe diolah sedemikian rupa. Makanan ini juga berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Selain itu tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun, kolesterol darah, pencegah penyakit jantung,hipertensi dan lain-lain.

Setelah kalian tahu definisi dari tempe berikut ini cara buat kerupuk tempe.

Cara Buat Kerupuk Tempe

cara buat kerupuk tempe

Bahan-bahan :

  • Tempe 3 kotak (potong tipis-tipis dan diamkan sebentar)
  • Tepung tapioka 100gr
  • 100gr Tepung terigu
  • Bawang putih 8 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Garam dan penyedap secukupnya

Cara Buat Kerupuk Tempe:

  1. Campurkan tepung terigu dan tapioka lalu haluskan bawang putih dan ketumbar kemudian campur. Tambahkan air kedalam adonan hingga sedikit kental (jangan terlalu encer).
  2. Masukan satu per satu tempe ke dalam adonan yang basah.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Goreng tempe hingga kecoklatan. Tempe sudah siap dihidangkan.

Baca Juga : Cara Membuat Pisang Goreng Tepung Panir

Manfaat Mengkonsumsi Tempe

cara buat kerupuk tempe

1. Mengurangi Kolestorel

Tempe berbahan dasar tempe dari kedelai, yang mengandung  senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon. Isoflavon pada kedelai mampu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat ditubuh kita.

Dibandingkan dengan protein hewani, protein yang terkandung didalam kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat(LDL) sebanyak 5,7% dan kolesterol total sebesar 4,4%.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe adalah sumber kalsium yang baik untuk tubuh, mineral yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan padat.

Sementara, asupan kalsium pada tempe yang cukup dapat mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi yang berhubungan dengan pengeroposan tulang dan tulang keropos.

Meskipun susu adalah sumber kalsium yang paling umum dikonsumsi, penelitian menunjukkan bahwa kalsium dalam tempe sama baiknya dengan kandungan kalsium yang ada di dalam susu, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan kalsium dalam tubuh kita.

3. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat proses fermentasi tempe, kedelai dan ragi akan membentuk asam fitat dan berbagai bakteri yang baik, salah satunya adalah probiotik. Probiotik ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan pada tulang dan usus. Dengan probiotik itu, tubuh kita dapat dengan mudah memecah nutrisi dan dapat membantu melancarkan pencernaan.

4. Mencegah Terkena Penyakit Asma

Serat memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi tingkat peradangan yang terkait pada pernapasan. Contoh makanan yang kaya akan serat yaitu tempe.

Tempe adalah makanan kaya akan serat dan baik untuk kesehatan paru-paru. Kesehatan pada paru-paru dipengaruhi oleh cara serat dan asam lemak memasuki aliran darah.

Serat yang terkandung di dalam tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

Demikian penjelasan saya mengenai definisi tempe, cara membuat kerupuk tempe, dan manfaat mengkonsumsi tempe. Jika ada penulisan kata yang salah saya mohon maaf.