Cara Bikin Roti Tawar Goreng Nikmat Ala Rumahan

Assalamualaikum hai-hai kembali lagi mimin dengan artikel baru cara bikin roti tawar goreng.Simak sampai akhir artikel ya dan jangan sampai ketinggalan….

cara bikin roti tawar goreng

Siapa sih yang gak suka roti?pasti semuanya menyukai roti,makanan yang terbuat dari gandum ini memang disukai oleh semua orang.Apalagi roti juga menjadi makanan pokok untuk orang-orang yang tidak suka makan pakai nasi.

Apalagi roti yang satu ini yang memang sering dimakan oleh banyak orang,yaitu roti tawar.Roti bewarna putih dan rasanya yang hambar ini disukai banyak kalangan lo.Apalagi jika dibuat kreasi makanan dari roti tawar pasti rasa rotinya semakin nikmat.

Jika dikreasikan,roti tawar dibuat dengan cara digoreng yang biasanya disebut dengan roti tawar goreng.Di era sekarang roti tawar goreng sudah dijual dimana-mana,apalagi sekarang banyak variasi rasa yang di jual.

Tapi roti tawar goreng lebih rekomen dengan rasa yang manis,tapi di sini mimin bakal kasih tau kalian cara bikin roti tawar goreng rasa gurih maupun manis .Tenang ,mimin bakal kasih tau dengan cara yang mudah dan bahan -bahannya juga mudah ditemukan,jadi simak sampai akhir ya…

Baca Juga:resep buat mie untuk mie ayam

Cara Bikin Roti Tawar Goreng 

1. Roti Tawar Goreng Chochomaltine

Bahan-Bahan:
  •  Roti tawar putih tanpa pinggiran
  •  3 butir putih telur
  •  100 gr tepung roti
Bahan Isian:
  •  Chocomaltine
  •  Saus bolognese
  • Sosis
  • Mozarella
Cara Membuat Roti  Tawar Goreng Chochomaltine:
  1. Langkah pertama siapkan 1 lembar roti tawar, isi di tengahnya dengan chocomaltine,saus bolognes,sosis dan mozarella
  2. Roti yang sudah di isi tadi dilipat menjadi segitiga, lalu rekatkan dengan jari tangan sampai merekat, lakukan sampai roti habis.
  3. Setelah itu ambilkan 1 roti isi, lalu balur secara merata pada putih telur dan tepung roti.
  4. Kemudian digoreng dengan minyak panas dan api sedang,  Tunggu sampai kuning keemasan.
  5. Angkat dan roti tawar goreng chocomaltine siap dinikmati

2. Roti Tawar Goreng Sosis

Bahan – Bahan :
  •  Roti tawar secukupnya
  •  Telur ayam, kocok lepas (beri sedikit garam)
  • Sosis
  • Tepung roti
Cara membuat Roti Tawar Goreng Sosis:
  1. Langkah pertama masak sosis terlebih dahulu
  2. Ambil selembar roti, lalu gilas tipiskan menggunakan rolling pin atau gelas.
  3. Dengan meletakkan sosis di atas roti, lalu digulung. Dalam bagian yang ujung roti dioleskan dengan sedikit telur supaya lengket.
  4. Mencelupkan roti yang sudah digulung kedalam telur ayam yang sudah dikocok. Kemudian dibalurkan di atas tepung roti hingga permukaan tertutup rata.
  5. Setelah itu goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan roti tawar goreng sosis siap dihidangkan

3.Roti Tawar Goreng Kornet

Bahan – Bahan :
  • Roti tawar, potong diagonal 4 bagian
  • 14 lembar daun selada
  • 600 ml minyak untuk menggoreng
Bahan Isi :
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 200 ml susu cair
  •  50 gram wortel, potong dadu
  • 25 gram kacang polong
  •  1/2 sendok teh garam
  •  1/4 sendok teh merica bubuk
  •  1/2 sendok teh gula pasir
  •  2 sendok makan margarin untuk menumis
Bahan Pelapis:
  • 50 gram tepung panir kasar oranye
  •  3 butir putih telur
Cara Membuat Roti Tawar Goreng Kornet:
  1. Isi: tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan kornet dan aduk hingga  rata.
  2. Masukkan tepung terigu. Aduk rata. Setelah itu tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
  3. Tambahkan wortel dan kacang polong, masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir dan aduk sampai merata .Masak sampai matang
  4. Ambil selembar roti tawar. Oleskan tipis isi. Letakkan daun selada. Beri isi setelah itu tutup dengan roti tawar.
  5. Celup ke putih telur. Gulingkan ke tepung panir oranye.
  6. Kemudian digoreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.
  7. Dan roti tawar goreng kornet siap disajikan

4. Roti Tawar Goreng Pisang Coklat 

Bahan – Bahan :
  • 5 lembar roti tawar
  • 5 buah pisang , belah dua memanjang
  • 100 gram dark cooking chocolate, parut
  • 1 sendok makan wijen sangrai, parut
  • 100 gram putih telur
  • 50 gram tepung roti kasar
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Roti Tawar Goreng Pisang Coklat:
  1. Ambil selembar roti. Letakkan sepotong pisang.
  2. Taburkan cokelat dan wijen di atasnya. Tutup dengan pisang kembali.
  3. Gulung roti tawar berisi pisang tadi. Celupkan ke dalam putih telur. Gulingkan di atas tepung roti kasar.
  4. Lalu goreng ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kecokelatan.
  5. Dan roti tawar goreng pisang coklat siap disajikan

Mudah bukan ,cara bikin roti tawar goreng.Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu para raeder…..Selamat Mencoba

Assalamualaikum …..Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

 

Resep Buat Mie Untuk Mie Ayam Mudah Dan Sederhana

Assalamualaikum Wr.Wb hai kembali lagi dengan mimin,kali ini mimin bakal kasih tau kalian resep buat mie untuk mie ayam.Simak sampai akhir artikel ya….

resep buat mie untuk mie ayam

Siapa sih yang gak tau makanan di atas,makanan sejuta umat ini memang banyak yang menyukainya.Mie ayam memang banyak disukai semua kalangan karena rasanya yang nikmat dan harganya yang murah.

Membuat mie untuk mie ayam memang tidak sulit dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan.Apalagi untuk para pemula yang ingin mencobanya.Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin mencoba membuatnya.

Berikut ini bahan dan cara membuat mie untuk mie ayam…Simak artikel sampai bawah dan jangan sampai ketinggalan

Baca Juga:cara membuat sate maranggi empuk

Resep Buat Mie Untuk Mie Ayam

Bahan-Bahan:
  • 250 gram terigu
  • 50 ml air
  •  Telur 1 butir
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • secukupnya tepung tapioka
Cara Membuat Mie Untuk Mie Ayam:
  1. Campur semua bahan ke satu baskom. Uleni dengan tangan hingga semua  bahan tercampur merata.

  2.  Adonan harus kering ya, kalo tengahnya masih lembab bisa tambahin tepung secukupnya agar adonan kering.Porsikan adonan jadi menjadi bola, lalu pipihkan. Sebelum digiling menggunakan penggiling, taburkan tepung tapioka diatas adonannya lalu usap-usap.

    4.Setelah digiling taburkan tepung tapioka sedikit di atas mie yang sudah digiling.

5.Biar mie awet bisa di masukkan kedalam frezer , lalu rebus sebentar saja dan tunggu hingga mendidih sekitar 25 detik saja

6.Dan mie buat mie ayam sudah jadi

Mudah bukan resep buat mie untuk mie ayam,pasti kalian bisa membuatnya ,Selanjutnya mimin bakal kasih tau kalian cara buat mie ayam ala mimin .

Cara Membuat Mie Ayam

Mie Ayam Gurih

Bahan :

-Mie
-kecap asin
-minyak sayur

Pelengkap:

-2 tangkai sawi, potong-potong, rebus sebentar

-2 sdm daun bawang iris

Cara Membuat Mie Ayam:

1. Didihkan air dalam panci . Masukkan mie ke dalam panci , tunggu sampai menjadi lunak
2.Taruh kecap dan minyak dalam mangkuk. Aduk hingga merata
3.Masukkan mie yang  sudah diangkat  dalam campuran kecap. Aduk-aduk hingga rata.
4.Taruh dalam mangkuk saji. Beri sawi, taburi daun bawang dan bawang merah goreng.

5. Sajikan dengan kaldu ayam dan jika kalian ingin menambahkan jamur dan bakso juga tidak apa -apa

6.Dan mie ayam pun sudah jadi dan siap dihidangkan

Mie Ayam Bangka

Bahan:
-Mie
-1 sdm minyak sayur
-1 sdm kecap asin
Topping:

– Minyak sayur
-2 siung bawang putih, cincang halus
-250 g daging ayam, potong kecil
-150 g jamur merah, potong-potong
-saus tiram
– kecap asin
-kecap manis
-Merica bubuk
-Garam
-200 ml air

Kuah:
-500 ml kaldu ayam
-1 siung bawang putih cincang
-1 sdm daun bawang
-½ sdt merica bubuk
-1 sdt garam
Pelengkap:

-4 batang sawi, potong-potong, rebus
-100 g tauge, bersihkan
-2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat Mie Ayam:

-Didihkan air, masukkan mie sebentar dalam air lalu tiriskan segera.
-Aduk minyak dan kecap hingga rata.
-Masukkan mie, aduk rata. Sisihkan.

Topping:

-Tumis bawang putih hingga wangi.
-Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna dan kaku.
-Tambahkan jamur, aduk hingga layu
-Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica dan garam.
-Aduk hingga tercampur rata.

Kuah:

– Rebus kaldu, bawang putih, daun bawang, merica dan garam hingga mendidih lalu angkat.
-Dan tuangkan kuah ke dalam mangkuk yang sudah ditaruh mie
– Dan mie siap dihidangkan dan dinikmati

Udah sampai akhir aja ya nih artikelnya ,mudah kan cara membuat mie untuk mie ayam ini ….Semoga informasi resep di atas bisa membantu para reader yang ingin mencobanya  ….Semoga berhasil dan selamat mencoba

Assalamualaikum …sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terimakasih sudah mengikuti sampai akhir

 

 

 

 

Cara Membuat Sate Maranggi Empuk Enak Banget

Assalamualaikum kembali lagi mimin dengan membawa artikel baru cara membuat sate maranggi empuk.Simak sampai akhir artikel ya dan jangan sampai ketinggalan.cara membuat sate maranggi empuk

Sajian daging yang ditusuk ini memang makanan yang banyak disukai semua kalangan,apalagi sate yang mau mimin bahas yaitu sate maranggi.Sajian asal puwakarta ini banyak disukai banyak orang lo ,karena rasa bumbunya yang enak dan juga dagingnya yang empuk.

Sate maranggi merupakan salah satu sajian sate khas nusantara yang terkenal dan mudah dibuat . Sate ini umumnya terbuat dari daging sapi atau daging kambing.Jika kalian tidak suka daging sapi dan kambing ,sekarang sate maranggi juga bisa terbuat dari daging ayam.

Dalam penyajiannya, sate maranggi tidak memakai bumbu kacang karena cita rasa dagingnya sudah cukup kuat.  Hal tersebut berasal dari bumbu marinasi atau racikan rendamannya yang kaya rempah dan bumbu -bumbu didalamnya .

Kunci membuat sajian sate maranggi ini enak dan empuk adalah penggunaan rempah yang meresaap hingga ke dalam daging. Cita rasa sate maranggi bisa dibilang lebih dominan manis dan gurih karena penggunaan kecap manis.

Tips membuat daging lebih empuk

Jika kalian ingin membuat daging sate yag empuk, sebaiknya kalian pilihlah jenis daging bagian tenderloin atau has dalam. Atau kalian  juga bisa menggepuknya terlebih dahulu jika ingin lebih empuk.

JIika tidak, kalian bisa menggunakan daun peoaya atau nanas.Jika kalian ingin membungkusnya dengan daun pepaya segar selama 6-8 jam. Selain itu jika kalian menggunakan pengempuk daging, upayakan tidak menggunakannya terlalu banyak karena bisa membuat rasa daging sedikit lebih pahit.

Dan jika kalian ingin menggunakan nanas ,rendam daging di tempat yang sudah ada nanas dan air nya,tidak usah rendam terlalu lama karena itu bisa membuat daging terlalu empuk dan rasanya menjadi tidak enak.

Cara Membuat Sate Maranggi Empuk

Bahan-bahan utama:

-500 gram daging sapi has dalam

-4 sdm kecap manis

-2 sdm air asam jawa

-1 sdm minyak goreng

-1 lembar daun pepaya

-Garam dan lada secukupnya

Bumbu halus:

-5 butir bawang merah
-3 siung bawang putih
-1 sdm ketumbar sangrai
-1/4 sdt jinten sangrai
-4 cm lengkuas muda
– jahe
-1 sdm gula merah

Sambal tomat :

-2 buah tomat, potong
-5 cabe rawit (sesuai selera)
-2 butir bawang merah
-1 buah jeruk limau/jeruk nipis (ambil airnya)

Cara membuat Sate Ayam Maranggi:
  1. Potong daging bentuk dadu, bungkus menggunakan daun pepaya yang sudah diremas-remas, diamkan selama 30 menit.
  2. Campur daging sapi dan bumbu halus, tambahkan kecap manis , air asam jawa, minyak, garam dan lada, aduk rata, simpan dalam kulkas min 30 menit.
  3. Tusukkan daging pada tusuk sate lalu bakar diatas bara api atau griller sambil sesekali diolesi kecap sampai matang, angkat.
  4. Dan sate maranggi pun siap dihidangkan

Baca Juga:resep puding coklat susu nutrijel

Sejarah Sate Di Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, bahwa sate adalah makanan legendaris nusantara. Bahkan sate adalah sajian makanan  yang terkenal di seantero Asia Tenggara.

Jadi sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia  saja, sate juga ada di Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan masih banyak lagi negara yang menyajikan sate sebagai sajian mereka.

Hampir di negara-negara Asia Tenggara, kalian bisa menemukan sate dengan konsep sajian sama, yaitu ditusuk menggunakan tusuk bambu dan dibakar dan dioles menggunakan saus kacang atau saus lainnya .

Ada yang menyebut bahwa sate berasal dari Indonesia. Meskipun sate juga ada di negara-negara tetangga , bahkan juga ada di India, hingga Arab Saudi. Ada  berbagai versi yang menceritakan soal sejarah lahirnya sate di Indonesia.

Salah satu cerita  yang paling sering di dengar ,mengatakan bahwa sate lahir sekitar abad ke-15 dibawa oleh pedagang Arab yang datang ke Indonesia.

Namun ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa sejarah lahirnya sate di Indonesia adalah dari para pedagang India yang datang ke pulau Jawa dan mengenalkan sajian daging ditusuk yang sudah mendarah daging di tanah India.

Sejarah sate memang banyak ,tapi pejelasan di atas semoga bisa membantu para raeder dan semoga artikel ini bermanfaat…

Terimakasih telah menyimak sampai akhir dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…Assalamualaikum…

 

 

Resep Puding Coklat Susu Nutrijel Maknyus Ala Rumahan

Assalamualaikum hai -hai kembali lagi mimin ,dengan membawa resep puding coklat susu nutrijel.Simak sampai akhir ya jangan sampai ketinggalan…..

resep puding coklat susu nutrijel

Puding memang kudapan yang banyak di sukai semua kalangan,rasanya yang manis dan lembut membuat semua orang menyukainya.Di era sekarang puding sudah banyak variasinya, ada variasi rasa manis maupun rasa gurih.Tapi masyarakat Indonesia lebih menyukai puding rasa manis daripada rasa gurih .

Membuat puding memang mudah ,kita gak harus keluarin banyak uang dan buang waktu hanya untuk membuat puding.Nah resep puding coklat susu  nutrijel ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencoba meembuat puding pertama kali.

Selain enak, bahannya juga sederhana dan mudah didapatkan di swalayan maupun di pasar. Dijamin juga kalian pasti bisa mempraktekkannya sendiri dirumah. Daripada kalian gabut dirumah nggak ada kerjaan, mending iseng-iseng mencoba resep puding coklat susu nutrijel ini.

Berikut ini bahan dan cara membuat puding coklat susu nutrijel ini …simak terus ya….

Resep Puding Coklat Susu Nutrijel

Bahan-Bahan:
  • 1 bungkus nutrijel cokelatree
  • 100 gram batang cokelat(dilelehkan)
  • 3 sdm susu kental manis cokelat
  • Gula pasir secukupnya
  • 750 ml susu cair(sesuai selera pakai susu coklat atau putih)
Cara Membuat Puding Coklat  Susu Nutrijel:
  • Pertama,siapkan panci kecil,, campur bubuk nutrijel, susu coklat kental manis,  coklat leleh dan susu cair kedalam sebuah panci.
  • Masukkan gula secukupnya sesuai selera kalian ,kemudian aduk sampai rata sampai semua larut
  • Masaklah semua bahan sampai mendidih ya
  • Angkat dan cetak kedalam cetakan /loyang yang sudah kalian siapkan
  • Tunggu sampai jadi dingin atau mengeras
  • Jika kalian suka makanan dingin,masukkan ke lemari pedingin
  • Untuk mempercantik tampilan puding saat disajikan, bisa ditambahkan strawberry atau buah lainnya sesuai selera kalian ya….

Baca Juga:bahan baku pembuatan gula merah

Sejarah Puding

Pada Abad Pertengahan, masyarakat kaya  atau bangsawan memilih buah-buahan yang diawetkan, jelly, dan wafer sebagai makanan penutup setelah mereka makan malam .

Saat itu bangsa Romawi sudah tahu fungsi telur yang dapat membuat pudinglebih identik pada makanan yang berbasis daging atau makanan yang rasanya gurih.

Bahkan sebelum dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut di abad ke 19, puding beras dianggap sebagai obat yang manjur untuk penyakit pencernaan bagi tubuh oleh para  bangsawan.

1.Sejarah Puding Hidangan Keluarga Tudor

Pada hari Natal, Keluarga Tudor memang  memiliki tradisi untuk menyajikan pai daging yang memiliki 13 bahan untuk mewakili Tuhan. Puding roti dan mentega juga menjadi hidangan umum atau hidangan di kalangan bangsawan maupun rakyat biasa  di abad ke-17.

2.Sejarah Puding Makanan Penutup Modern

Selama berabad-abad, puding lebih identik dengan makanan berbasis daging. Dan pada abad ke-19, puding akhirnya hadir dalam bentuk makanan manis.

Berbagai makanan pencuci mulut yang rasanya manis  baru ditemukan pada abad ini. Seperti Bakewell tart yang lebih dikenal puding Bakewell. Puding ini tercipta oleh sebuah kecelakaan tak disengaja pada 1859.

Namun puding-puding yang serupa muncul lebih dulu pada abad ke-16 di daerah tersebut dan membuat orang-orang meragukan cerita ‘kecelakaan’ tersebut. Puding Roly Poly, Spotted Dick, Peach Melba juga ditemukan pada akhir abad ke-19.

Nah penjelasan sejarah puding ,semoga bisa menambah ilmu kalian tentang puding ya.Puding bukan hanya kudapan ,makanan ini juga punya sejarah yang panjang berabad-abad tahun lalu.

Mudah bukan cara membuatnya,dan bahan-bahan nya pun tidak ribet  dan kalian ga perlu takut untuk mencobanya..Semoga artike ini membantu para reader ya dan selamat mencoba…..Assalamualaikum Wr .Wb sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terimakasih sudah menyimak sampai akhir.

 

 

Bahan Baku Pembuatan Gula Merah Dari Gula Pasir Dan Gula Jawa

Assalamualaikum….di artikel ini mimin bakal kasih tau kalian bahan baku pembuatan gula merah.Simak sampai akhir artikel ya…

Gula Merah

bahan baku pembuatan gula merah

Siapa sih yang gak tau gula merah,gula yang berbenyuk padat dan rasanya yang sangat manis ini pasti semua kalangan tau.Gula merah adalah gula yang berasal dari tebu dan nira.Di Indonesia gula memang beraneka macam,ada gula pasir,gula jawa , gula merah,gula aren ,gula semut.

Tapi masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan gula merah.Hal itu dikarenakan rasa gula merah lebih manis dan juga bisa digunakan untuk membuat makanan atau memasak makanan asin maupun manis.Harga dari gula merah pun juga tergolong murah dan juga gula ini tersebar di swalayan maupu pasar.

Gula merah merupakan gula yang terbuat dari nira yang berasal dari tumbuhan jenis palma, seperti kelapa. Di kehidupan sehari – hari memang  gula ini cukup mudah dijumpai karena merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok kebutuhan rumah tangga.

Gula merah ini juga  digunakan sebagai pelengkap dalam makanan tradisional seperti gethuk, cemplon, klepon dan masih banyak lagi. Selain itu  bisa dijadikan bumbu masakan nusantara seperti  gudeg, dan masakan nusantara lainnya.

Sebenarnya gula merah sering disebut gula aren maupun gula jawa. Namun kebanyakan lebih mengenalnya  sebagai gula merah karena warnanya dari gula ini kemerahan atau agak kecoklatan.

Bentuk gula merah pada umumnya cembung seperti batok karena dicetak menggunakan batok kelapa, namun ada juga yang berbentuk tabung , gula merah juga memiliki tekstur berisi dan keras.

Bahan Baku Pembuatan Gula Merah

Gula merah membutuhkan dua bahan baku utama yaitu gula jawa dan gula pasir. Untuk mengetahui lebih lanjutnya simak artikel ini sampai akhir ya….

1. Gula Jawa

Seperti penjelasan di atas ,gula Jawa merupakan gula yang masih diproduksi sampai sekarang dan berbahan utama nira pohon kelapa,sering  juga dijadikan  masyarakat sebagai bumbu untuk masakan dan dijadikan minuman untuk menambah energi pada tubuh seseorang.

2.Gula Pasir

Siapa sih yang gak tau dengan gula ini?pasti semua sudah tau gula berbentuk kristal ini.Gula pasir adalah gula yang sering banget kita konsumsi bahkan setiap harinya, bahan baku pembuatan gula pasir ini adalah sari tebu dan melalui tahap pengkristalan .

Pada umumnya gula pasir  ini berwarna kecoklatan atau sedikit kekuningan, dan tidak mempunyai aroma menyengat .Gula ini memiliki ciri khas rasa manis dan mudah larut dalam air terutama air panas.

Gula ini memang  mudah ditemui di pasar maupun swalayan karena dibuat dalam bentuk kemasan dan harganya tergolong murah.

Baca Juga:cara masak daging sapi biar empuk

Manfaat Gula Merah Untuk Tubuh

1. Memiliki Glikemik Yang Rendah

Gula merah memiliki glikemik yang rendah yang di mana glikemik adalah  angka yang menggambarkan dampak dari makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah pada seseorang.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat selanjutnya dari gula merah adalah dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dan terjaga akan membantu menjaga stamina kalian juga lo.

3. Mengandung Kalori Yang Sedikit

Mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit kalori baik untuk menjaga stamina kalian salah  satunya adalah gula merah. Untuk itu konsumsilah gula merah ini sebagai alternatif untuk menjaga stamina kalian.

4. Mengandung Protein

Manfaat protein sangat penting untu tubuh  karena dengan adanya protein dalam tubuh dapat membantuk metabolisme tubuh yang kuat, dimana metabolisme tersebut akan menjaga tubuh dengan baik agar tidak mudah terkena penyakit dari luar ataupun radikal bebas yang berbahaya.

5. Mengandung Banyak Nutrisi

Banyak sekali yang akan didapatkan ketika kalian  mengkonsumsi gula  ini sedikit demi sedikit namun secara rutin.Gula merah memang banyak mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

Terimakasih yang sudah membaca sampai akhir,semoga artikel ini  bermanfaat untuk kalian Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya….

Assalamualaikum….