Categories
Uncategorized

10 Ide Usaha Makanan Online Paling Laris dan Menguntungkan

Bagi anda yang berniat memulai sebuah usaha, usaha makanan online bisa menjadi pilihan tepat. Anda tidak perlu memikirkan lokasi usaha, tinggal memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Melalui internet anda bisa menjalankan usaha makanan online dimana dan kapan pun.

Usaha kuliner sendiri di Indonesia masih memiliki peluang yang bagus. Termasuk usaha makanann kekinian yang semakin diminati banyak orang.

Sebab makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat, apalagi di era yang mobilitas masyarakat semakin tinggi menjadikan usaha makanan semakin diminati. Sekarang ini banyak orang memilih membeli makanan daripada membuat sendiri karena sibuk dengan urusan lainnya.

Usaha makanan yang bisa dilakukan melalui internet atau online banyak sekali jenisnya. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat sekalipun bisa dilakukan secara online. Yang perlu anda lakukan adalah menentukan jenis makanan apa yang akan anda jual ke masyarakat.

Jika anda tertari memulai usaha makanan online ini, beberapa jenis makanan berikut dapat anda coba yang pastinya akan laris.

10 Ide Usaha Makanan Online Paling Laris

usaha makanan online

Kemajuan teknologi akan berdampak pada semua sektor termasuk usaha kuliner. Usaha kuliner yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan offline saja kini sudah bisa secara online. Salah satu penerapannya adalah usaha makanan online yang mulai banyak dijalani orang.

Berikut beberapa jenis usaha kuliner yang bisa dijalankan secara online dan bisa anda jadikan ide usaha :

1. Salad Buah

Buah buahan merupakan makanan favorite semua orang, mulai dari anak-anak, kalanagan muda hingga orang tua. Bahkan sekarang banyak ditemukan dimana-mana pedagang buah. Salad adalah makanan segar dan sehat yang terbuat dari berbagai macam buah yang biasanya dipadukan dengan mayones dan yogurt.

Biasanya salad buah dijadikan sebagai hidangan penutup atau dessert, namun sekarang orang-orang mengonsumsi salad tidak hanya sebagai hidangan penutup. Kadang sewaktu-wattu mereka ingin mengonsumsinya. Tidak salah usaha salad buah sangat menjanjikan.

usaha makanan online

Salad merupakan usaha makanan online yang cocok untuk dijalani, sebab bisa menarik banyak konsumen. Anda bisa menjual potongan aneka buah dipadukan dengan mayones, susu/yogurt, dan parutan keju ini dengan gaya semenarik mungkin.

Buatlah bungkus dan tampilan yang kreatif agar komsumen tertarik dengan salad anda. Pastikan juga menjaga kualitas salad buah anda, salah satunya dengan menggunakan jenis buah yang masih segar. Kemudian mulailah jual produk salad anda secara online, bisa lewat media sosial atau platform penjualan online.

2. Aneka Roti dan Kue

Makanan seperti kue dan roti sudah terkenal dan banyak disukai orang. Memiliki cita rasa yang kebanyakan manis membuat setiap orng ingin menikmantinya kapan saja. Melihat peluang usaha yang basar, anda bisa memulai usaha kue dan roti secara online.

Usaha makanan online kue dan roti ini juga sudah banyak yang menjalankan. Namun tidak perlu kuawatir, anda bisa membuat usaha kue dan roti dengan versi sendiri yang lebih kreatif dan menarik.

Anda bisa mulai menjual berbagai jenis kue basah seperti bolu, lapis, onde-onde. Sedangkan untuk roti juga beragam jenisnya seperti kue ulang tahun, kue brownis, dan berbagi kue aneka rasa. Pasarkan produk kue dan roti anda diberbagai platform media sosial dan juga di platform penjualan online agar penjualannya lebih optimal.

3. Kue Kering

Jika roti dan kue basah tidaj bisa bertahan lama, maka kue kering bisa menjadi solusinya. Kue kering sendiri terdiri dari banyak jenis mulai dari nastar, kastengel, putri salju, dan jenis kue kering lainnya. Usaha makanan online kue kering memiliki potensi besar.

Permintaan dari pasar tidak pernah sepi, bahkan di hari-hari tertentu seperti hari raya idul fitri permintaan akan berbagai kue kering meningkat dratis. Otomatis akan meningkatkan keutungan penjual kue kering.

Kue kering yang bisa bertahan lama menjadi keuntungan sendiri, sebab bisa dikirim hingga keluar kota bahkan luar pulau tanpa takut basi. Dan jikan hari ini kue kring belum laku bisa dismpan dan dijual esok hari.

Sama seperti usaha makanan online lainnya, pemasaran dan penjualan kuu kering bisa melalui media sosial dan platform penjualan online seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dan lainnya.

4. Lauk Olahan Kering

usaha makanan online

Walaupun pada umumnya orang makan lauk basah, menjual lauk kering memiliki peluang yang besar. Target pasar terutama orang-orang sibuk yang tidak sempat membuat lauk sendiri, jadi solusinya adalah membeli lauk jadi. Selain itu lauk kering memiliki keunggulan yakni lebih tahan lama.

Selain bisa disimpan dalam waktu lama, lauk kering lebih mudah dan praktis saat digunakan. Sekarang masyarakat sudah mulai mengenal lauk kering. Pelaku usaha ini juga sudah mulai bermunculan, biasanya dalam skala rumahan.

Bahan yang dapat dijadikan lauk kering ini bergam mulai dari tempe, daging, ikan, seafood, dan bahan makanan lainnya. Contoh olahan lauk kering ini seperti sambal cumi, bandeng presto, sambal ati paru, sambal yang dikemas, dan banyak lagi lainnya.

Penegemasan yang menarik akan menambah nilai jual di masyarakat. Kelebihan lainya dari lauk kering adalah siap makan, yamg sesuai dengan gaya hidup masyarakat milenial. Usaha makanan online ini bisa memanfaatkan semua media digital untuk memasarkan dan menjualnya.

5. Cemilan Sehat

Gaya hidup sehat serta makanan sehat sekarang mulai digandrungi banyak orang khususnya orang perkotaaan. Meraka mulai sadar pentingnya kesehatan ditengah kepadatan kesibukan mereka. Nah disinilah peluang usaha makanan online sehat terbuka lebar.

Jenis makanan sehat yang bisa ditawarkan seperti menu diet mayo yang mulai populer di masyarakat, berbagai camilan sehat dari sayuran dan buah-buahan.

Walaupun harga dari makanan sehat ini cukup tinggi dibandingkan makanan biasa, namun karena menyehatkan bagi tubuh tetap diburu banyak orang.

6. Usaha Makanan Online Frozen Food

usaha makanan online

Daya tahan suatu makanan menjadi tantangan dalam usaha online makanan. Apalagi pangsa pasar yang luas, pengiriman bisa antar kota, antar provinsi, bahkan antar pulau akan memakan waktu berhari-hari. Hal ini membuat produk makanan rawan rusak atau basi.

Namu ada jenis makanan yang mampu bertahan lama, salah satunya adalah frozen food. Frozen frood ini bisa bertahan lama sebab dikemas dalam bentuk beku hingga berhari-hari. Jenis makanan beku ini biasanya terbuat dari daging sapi, ayam potong, hingga ikan.

Frozen food yang sudah terkenal di masyarakat yang siap santap seperti nugget, tempura, bakso. sosis, dan olahan lainnya. Namun ada frozen food yang dikemas dalam bentuk beku dalam kondisi mentah tinggal dimasak. Jenis makanan ini cocok dijadikan ide usaha bagi anda yang ingin menjalankan usaha online makanan sebab bisa betahan lama.

7. Katering Rumahan

Mobilitas masyrakat yang semakin tinggi berdampak pada berubahnya gaya hidup di masyarakat. Gaya hidup nampak berubah adalah cara mereka mengonsumsi makanan. Saat ini jarang sekali orang yang masak sendiri untuk makan, khususnya di perkotaan.

Mereka lebih memilih membeli makanan karena lebih praktis dan tidak perlu menghabiskan waktu lama. Alasan inilah membuat usaha online ketering rumahan sangat potensial untuk dijalani.

Dengan menawarkan berbagai menu makan pagi dan makan siang kepada orang-orang sibuk seperti pekerja kantoran. Tentu para pekerja kantoran akan senang, sebab tinggal membeli secara online kemudian makanan akan diantar ke tempat mereka.

8. Camilan dan Snack

Jenis makanan ringan atau snack juga bisa dijalankan secara online. Sudah banyak pelaku usaha online di bidang ini. Kelebihan dari snack sendiri yaitu tahan lama.

Salain camilan snack anda juga bisa menjual secara online makanan ringan pinggir jalan seperti seblak, cilok, pisang nugget, martabak, dan laiannya. Usaha makanan online ini kana mandatangkan keuntungan banyak.

9. Katering Bento

Usaha ketering bento sama dengan ketering lainnya. Namun yang membedakan adalah ketering bento ini menyasar pasar anak-anak, biasanya sebagai bekal sekolah. Bento sendiri merupakan makanan khas Jepang.

usaha makanan online

Karena Bento ini target pasarnya adalah anak-anak, maka harus dibuat menarik dan unik agar disukai anak-anak. Jual dan pasarkan lewat media sosial. Semakin unik dan menarik di media sosial, potensi lakunya akan semakin tinggi.

10. Minuman Kekinian

Terakhir ide usaha makanan online adalah minuman kekinian. Perlu diketahui bahwa tidak hanya produk makanan yang bisa dijual secara online, berbagai minuman juga bisa.

Apalagi minuman yang kekinian semakin diminati oleh banyak orang. Minuman kekinian yang viral seperti kepal milo, es kopi susu, thai tea, dan manggo thai. Minuman-minuman tersebut banyak digandrungi banyak orang khusunya anak muda.

Selain minuman kekinian. anda juga bisa menawarkan berbagai jus buah. Jus buah juga banyak peminatnya karena manfaatnya bagi kesehatan. Usaha online ini bisa menjadikan keuntangan yang banyak.

Oke, itulah 10 rekomendasi usaha makanan online yang bisa anda jalankan. Perkembangan teknologi juga menambah peluang untuk membuka usaha baru seperti usaha makanan tersebut. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin merintis usaha online.