Categories
Uncategorized

Tas dari Plastik Bekas, Mampu Kurangi Limbah Plastik

Tas dari Plastik Bekas – Plastik merupakan temuan kreatif seorang ahli kimia bernama Leo Hendrik Baekeland pada 1910. Temuan ini memang memberikan hal positif bagi masyarakat karena plastik dewasa ini dapat memberikan nilai praktis dalam penyajian sesuatu.

Tidak hanya nilai positif, plastik juga membawa dampak negatif karenan penggunaannya cenderung berlebihan. Plastik kini banyak menjadi sampah yang teronggok dan menggunung di sembarang tempat. Namun, sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat terurai secara alami.  Masalah sampah plastik ini semakin kompleks karena banyak yang tidak tahu bagaimana cara memperlakukan sampah rumah tangga ini.

Sebagian besar masyarakat, menganggap sampah plastik sebagai barang yang tidak berguna yang hanya mengotori rumah, namun bagi mereka yang mengerti dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Untuk mengurangi volume sampah, para relawan Tzu Chi ternyata juga menciptakan karya seni yang indah dan bernilai dengan memanfaatkan sampah kemasan yang sudah tidak terpakai.

Dengan daya kreatifitas tinggi sampah dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang cantik dan unik. Selain itu, kita juga ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan.

Di beberapa tempat, sampah plastik tidak lagi menjadi masalah yang serius, bahkan dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Banyak orang  yang memulai usaha dengan memanfaatkan sampah plastik.

Tas dari Plastik Bekas Deterjen

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Plastik bekas kemasan detergen berukuran besar.
  • Kain lap untuk membersihkan plastik bekas kemasan.
  • Benang untuk menjahit beberapa bagian tas plastik.
  • Gunting
  • Kain polos
  • Furing
  • Ritsleting (opsional)

Cara Membuat Tas dari Plastik Bekas Deterjen :

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Bersihkan kemasan dalam detergen dengan kain lap dan jemur dibawah sinar  matahari. Lakukan dengan hati – hati agar tidak mudah kusut.
  3. Setelah di jemur, potong kemasan detergen menjadi 2 bagian. Buat lipatan 3 cm pada ujung atas dan bawah kemasan, gunting lipatan – lipatan sebesar 3 cm agar mendapat helai – helai plastik kecil.
  4. Anyam potongan – potongan plastik yang sudah dipotong. Anyam hingga bentuknya menyerupai baling – baling ( Ujung anyaman harus vertikal untuk memudahkan proses penggabungan). Lakukan sampai mendapat anyaman yang banyak.
  5. Setelahnya, anyaman – anyaman disambungkan satu sama lain. Selipkan anyaman pada bagian yang berbentuk vertikal anyaman yang lainnya. Lakukan sampai anyaman berbentuk melingkar meyerupai kantung.
  6. Setelah, berbentuk anyaman sempurna lanjutkan dengan buat tali tas. Sisa lipatan yang dianyam bentuk menjadi segitiga. Kemudian, hubungkan ujung segitiga yang satu dengan yang lainnya agar saling mengunci dan membentuk tali panjang.
  7. Jahit tali yang sudah jadi pada kedua ujung tas plastik. Pastikan jahitannya benar – benar kuat dan tali tidak mudah putus.
  8. Lapisi bagian dalam tas menggunakan furing. Penggunaan furing sangat bermanfaat supaya tas lebih kuat karena terdiri dari 2 lapisan.
  9. Tambahkan risleting jika diperlukan. Kerajinan tas dari plastik detergen siap digunakan.

 

Tas dari Plastik Bekas Gelas

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Gelas plastik bekas
  • Gunting/ cutter
  • Tali kur
  • Kain
  • Hiasan

Cara Membuat Tas dari Plastik Bekas Gelas:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya, siapkan gelas plastik bekas, potong dengan rapi bibir gelas plastik menggunakan gunting/ cutter.
  3. Setelah dipotong, gabungkan menjadi bulatan sempurna. Ikat bulatan satu dengan bulatan yang lain dengan menggunakan tali.
  4. Ikat dengan tali kur dengan berbagai macam simpul yang dikuasai agar terlihat lebih cantik.
  5. Buat tiga bagian yang sama, setiap 1 bagian berisi 45 bulatan ( sesuai selera ).
  6. Kreasikan pola tas sesuai selera yang akan membuat, ingin membuat tas jinjing atau tas ransel.
  7. Setelah pola terbentuk, pasang kain ke dalam tas.
  8. Jahit dengan rapi, agar kain menempel dengan kuat.
  9. Kepang tali kur menjadi bentuk tali tas.
  10. Beri hiasan tas agar terlihat makin cantik dan menarik.

 

Kerajinan tas dari sampah plastik tidak hanya itu saja. Sampah plastik bisa dibuat berbagai macam kerajinan. Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan dari Plastik Bekas, Menyelamatkan Lingkungan Kita. Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.