Cara Membuat Kopi Susu Ala Cafe dari Rumah

Hai teman, kali ini kita akan membahas bagaimana kopi susu yang dibuat di rumah dengan rasa ala cafe. Apa kalian siap teman untuk tahu bagaimana cara membuat kopi susu ala cafe?

Kopi Susu

Kopi susu mimunan yang digemari semua kalangan, dari anak-anak sampai orang tua. Mudah dibuat dan rasa yang enak menjadikan alasan kopi susu digemari. kopi susu merupakan campuran antara kopi dan susu, seperti cappucino, kopi susu gula aren, dll.

Cara Membuat Kopi Susu Ala Cafe

Cara Membuat Kopi Susu Ala Cafe

1. Es Kopi Susu Kelapa

Bahan-bahan :

  • 1 sdm Nescafe Classicsca
  • 1/2 sachet SKM Frisian Flag Gold
  • Secukupnya Frisian Flag Coconut Delight
  • Es batu
  • 100-150 ml udara panas

Cara membuat Es Kopi Susu kelapa :

  1. Larutkan Nescafe Classic dengan air panas 80ml di cangkir terpisah.
  2. Siapkan gelas atau tumbler. Memakai es batu secukupnya, 1/2 sachet SKM Gold, dan susu kotak CoconutDelight (saya campur dengan susu cair Greenfield dengan perbandingan 1:1).
  3. Tuang kopi yang telah diseduh tadi ke dalam gelas berisi susu. Sebelum diaduk, lihat gradasi dari campuran tersebut.
  4. kocok/aduk sebelum dinikmati.

2. Kopi Susu Gula Aren 

Resep Gula Aren yang Menyegarkan di Tenggorokan

Es kopi susu gula aren menjadi minuman yang sangat digemari banyak orang dari kalangan muda sampai tua. Es kopi susu gula bisa menjadi teman bekerja hingga santai bersama teman serta keluarga tercinta dirumah, kantor atau tongkrongan. Hal ini membuat banyak kafe serta restoran hingga kedai kopi yang menawarkan beragam varian.

Bahan-bahan :

  • 2 gram bubuk espresso (1 bungkus kecil)
  • 250 ml susu UHT rasa kelapa
  • Es batu
  • Garam
  • Udara

Bahan-bahaN :

  • 100 ml udara
  • 100 gr gula aren
  • 1 sdt esens pandan

Cara membuat Kopi Susu Gula Aren :

  1. Untuk sirup gula aren, didihkan dulu air, masukkanlah gula aren yang telah diiris. Masak hingga seluruh gula larut. Dinginkan. Tambah esens pandan. Aduk rata, tambahkan es batu.
  2. Larutkanlah espresso instan bubuk dalam 50 ml air yang telah di-puji. Dinginkan. Taruh 1 sdm gula aren atau sesuai selera ke dalam gelas anda. Tambah espresso yang sudah dicairkan.
  3. Tuang susu UHT rasa kelapa muda, tambahkan es batu. Beri taburan garam sesuai selera jika suka. Aduk hingga merata. Es kopi susu gula aren siap dihidangkan.
  4. Kandungan Gizi Pada Kopi Susu Gula Aren

3. Kopi Susu

Bahan-bahan :

  • 1 sdm kopi bubuk hitam
  • 3 sdt gula pasir
  • Udara panas secukupnya
  • 1 sachet susu kental manis
  • krimer 1 sdm
  • bubuk coklat plain 1 sdt

Cara membuat Kopi Susu :

  1. menambahkan kopi bubuk, gula pasir, dan bubuk coklat sesuai selera dalam satu gelas atau cangkir.
  2. Pasukan air panas 150 ml ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan susu kental manis (sebisa mungkin susu tuang barengan dengan air panas).
  3. Aduk-aduk sampai semua sampai merata (campur rata).
  4. Biar rasa kopi yang lebih nendang dan nikmat, krim yang bisa ditambahkan bubuk ajaib diatasnya.
  5. Aduk sampai rata dan kopi susu siap diminum ahh…

4. Kopi Latte Ala Cafe

Kopi Latte Ala Cafe

Kopi latte merupakan campuran dari espresso dan susu. Rasa susu dalam minuman ini lebih terasa dari kopinya, jadi cocok buat kamu yang tidak terlalu suka rasa pahaitnya dalam kehidupan.

Kamu tidak harus ke warmindo, bar, atau kafe untuk menikmatinya, karena kamu bisa membuat sendiri dengan resep berikut ini. Mengolah kopi dengan mudah bisa menggunakan grinder kopi.

Bahan-bahan :

  • 6 sdm kopi instan
  • 800 ml susu full cream hangat
  • 200 ml krim kental
  • 100 gr gula pasir

Cara membuat Kopi Latte :

  1. Larutkan bubuk kopi dan susu hangat, aduk sampai rata. Sisihkan.
  2. Menggunakan gelas shaker, campur krim kental dan gula pasir. kocok hingga lembut dan kaku.
  3. Tuang krim ke atas kopi dan hias sesuai selera. Nikmati selagi hangat, paling enak diseduh pagi hari sebelum daily.

5. Cappucino

Bahan-bahan :

  • kopi instan 1 sdt
  • 1/2 sdt coklat bubuk
  • gula palem 1 sdt
  • sdm gula pasir 1 sdm
  • 250 ml udara
  • 50 ml whipping cream

Cara membuat Cappucino:

  1. Campur kopi, coklat bubuk, dan gula pasir dalam cup, pinggirkan
  2. Panaskan air hingga panas, campurkan ke dalam cangkir kopi aduk hingga masuk angin.
  3. Kocok cok cok whipping cream, semprotkan diatasnya
Baca Juga :Cara Membuat Sup Krim Jagung Sederhana dan Nikmat

6. Kopi Alpukat

Ga cuma nikmat dicampur susu atau krim kental, kopi juga enak dinikmati bersama buah-buahan buakan sayur wkwk, salah satunya alpukat. Menu racikan kopi berikut cocok diminum saat siang hari agar segar terik sambil nunggu jam makan siang.

Bahan-bahan :

  • 5 sdm kopi putih
  • susu bubuk 2 sdm
  • 2 gelas belimbing air hangat
  • air 1/2 gelas
  • 1 buah lapukat matang
  • Secukupnya gula
  • Es batu sesuai selera

Cara membuat Kopi Alpukat :

  1. Haluskan dengan blender tidak cocok dengan pisau alpukat dengan air dan sedikit gula. beli ke dalam gelas, pinggirkan.
  2. Larutkan putih coffee dan susu bubuk dengan air hangat lalu tambahkan gula sesuai selera.
  3. Masukan campuran kopi ke dalam gelas kocok lalu tambahkan es batu dan aduk hingga merata.
  4. Tuangkan kopi ke dalam gelas berisi jus alpukat. Tambahkan gula cair dan es batu bila tidak suka.

7. Serangan Kopi dan Cokelat

Kalau lagi musim hujan begini, enaknya nyeruput kopi atau coklat hangat dong yakali minum brotowali. Atau malah mau gabungin keduanya? Bisa banget dan dijamin gak pake ribet. Cus, simak resepnya berikut.

Bahan-bahan :

  • 1 sachet kopi hitam instan
  • 70 gr coklat hitam lelehkan dengan cara dinikmati
  • Gula pasir sesuai keinginan
  • Secukupnya bubuk malu eh milo
  • 250 ml susu sapi murni ya

Cara membuat Serangan Kopi dan Cokelat :

  1. Masak susu hingga mendidih, lalu kecilkan api. Masukan lelehan coklat hitam, bubuk kopi dan gula pasir aduk rata.
  2. Tuang kopi kedalam gelas atau cangkir, beri taburan milo bubuk di atasnya biar enak.
  3. Bisa juga kamu menikmatinya dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu, tapi jangan berlebihan. Caranya, tunggu hingga campuran kopi, susu dan coklat bersuhu ruang. Lalu tambahkan batu dan gula sesuai selera. Bisa juga kamu menambhkan es krim favoritmu seperti nanas sebagai topping-nya

8. Resep Es Kopi Susu Jahe Ala Kopi Kekinian dengan Sari Jahe HerbaMinum

Bahan-bahan :

  • 1 sachet HerbaMinum Sari Jahe
  • penuh kopi bubuk instan 1 sdt
  • 50 ml air panas untuk menyeduh kopi
  • 70 ml udara dingin
  • 100 ml Susu cair
  • Es batu secukupnya

Cara membuat :

  1. Seduh satu sendok teh penuh kopi bubuk instan dengan air panas, aduk rata kemudian sisihkan.
  2. Siapkan tambahkan air sebanyak kira-kira 70ml. Lalu masukan satu sachet HerbaMinum Sari Jahe, aduk hingga larut dan tercampur rata.
  3. Masukan es batu secukupnya. Aku memasukkan batu terlebih dahulu ke dalam gelas, tujuan agar nanti hasil minumannya bisa berlayer cantik ala kopi kekinian, cairan HerbaDrink Sari Jahe dengan susu cair dan kopi tidak langsung dicampur jika tidak kita diaduk.
  4. Tuang susu cair sedikit demi sedikit dan pelan-pelan saja hingga gelas hampir penuh.
  5. Terakhir tuang kopi yang sudah diseduh tadi sedikit demi sedikit hingga penuh.
  6. Es Kopi Susu Jahe Kekinian siap dinikmati.

9. Kopi Susu Boba

kopi boba

Bahan-bahan :

  • 1,5 sdt kopi Nescafe classic robusta
  • 2 sdt gula aren muncung
  • 50-60 gr air panas (untuk menyeduh kopi)
  • 40 gram boba (sak karepmu)
  • 30 gram sirup monin karamel
  • 75-90 gram susu cair full cream (sak karepmu)
  • ss batu secukupnya

Cara membuat Kopi Susu Boba:

  1. Seduh kopi dan gula aren dengan air mendidih, aduk jadi dua. Pinggirkan
  2. Rebus air, masukkan bola eh boba. Masak sampai diatas dan matang
  3. Tuang pada gelas dan campurkan dengan sirup bukan kecap

10. Kopi Dalgona 

Kopi Dalgona Mantap

Minuman ini sempat viral beberapa waktu lalu karena keunikannya dan rasanya yang enak. Kira-kira apa saja dan bagaimana buatnya?

Bahan-bahan :

  • 1 sdt kopi instan Nescafe
  • gula pasir 1/2 sdt
  • 4 sdt air putih
  • Secukupnya es batu
  • 225ml susu UHT full Cream

Cara membuat Kopi Dalgona :

  1. Langkah pertama masukan gula pasir, air, kopi ke dalam mangkok kemudian mixer sampai berbusa
  2. Masukan susu dan es batu kedalam gelas dan krim.
  3. Dalgona mantap siap.

Manfaat Kopi

Nongkrong kurang lengkap kalau tanpa segelas kopi. Dari anak muda sampe orang tua kopi menjadi juara disetiap tempat. Perlu kalian tahu manfaat kopi sebenarnya:

  1. Mengandung mineral dan vitamin
  2. Menambah stamina
  3. Meningkatkan fokus
  4. Mengurangi resiko diabetes
  5. Meningkatkan mood
  6. Melindungi organ hati
  7. Jantung sehat

Manfaat Susu

Susu adalah sumber gizi bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Berikut beberapa manfaat dari susu :

  1. Mengurangi efek dari pms
  2. Kaya akan kalsium dan protein
  3. Menormalkan racun
  4. Saluran pencernaan lancar

Jenis Jenis Kopi

Indonesia sebaga negara tropis membuat keberagaman flora dan fauna. salah satunya keberagaman dari jenis biji kopi. Ada dua jenis kopi yang kamu perlu ketahui, yakni arabika dan robusta.

Arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang agak pipih dan ukurannya  besar. Sedangkan robusta lebih bulat dan padat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika.

Jenis-jenis kopi

1. Kopi Arabika Aceh Gayo

Sesuai dengan namanya, kopi ini merupakan varietas jenis Arabika yang dipanen di wilayah Gayo, Provinsi Aceh. Dengan aroma memikat yang intens dan rasa yang nggak terlalu pahit, kopi jenis ini mempunyai banyak penikmat.

Selain rasa dan aromanya, biji kopi ini juga terkenal memiliki rasa yang cukup clean ketika diteguk. Jadi, wajar saja kalau biji kopi ini sering dipadu dengan biji kopi lainnya dan dijadikan kopi blend.

2. Kopi Robusta Lampung

Jenis kopi di Indonesia bukan hanya Arabika saja, melainkan juga Robusta dari wilayah Provinsi Lampung.  Jenis kopi ini bisa tumbuh subur dan memproduksi biji kopi dalam jumlah yang banyak.

3. Kopi Arabika Kintamani Bali

Kopi ini merupakan jenis kopi di Indonesia yang berbeda. Sebab, karakteristik rasa yang dimiliki merupakan perpaduan antara rasa pahit dengan sensasi citrus yang nikmat tiada dua. Kemudian, setelah diminum, para penikmat kopi akan dimanjakan dengan aftertaste yang manis.

4. Kopi Liberika Riau

Salah satu kopi yang cukup langka di dunia ini rupanya juga diproduksi di Indonesia, tepatnya di wilayah Rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Kopi ini memiliki bau seperti coklat. Namun saat meminumnya, kamu akan merasakan rasa yang cukup berbeda dari kopi biasanya sebab kopi Liberika Riau memberikan sensasi rasa buah nangka.

Itulah beberapa cara membuat kopi susu ala cafe yang enak, murah dan mudah. Seemoga bermanfaat dan dapat diapliasikan dirumah masih ya teman-teman.

Terima kasih..