Cara Membuat Asinan Rambutan Mudah Dan Simple

Hallo gais, mungkin udah banyak dari kalian yang nyobain asinan rambutan ini. Tapi pernah ngga kalian nyobain buat bikin asinan rambutan sendiri? Di sini mimin bakal ngasi tau kalian gimana cara membuat asinan rambutan mudah dan ngga pake ribet.

Cara Membuat Asinan Rambutan Mudah

Asinan rambutan memanglah lezat dan menyegarkan, di sisi lain bahan dasar yang digunakan adalah buah rambutan itu sendiri yang mana kita ketahui bersama menyimpan berbagai khasiat dan mafaat bagi tubuh kita.

Tak heran jika asinan yang satu ini digandrungi dari segala kalangan usia mulai dari tua dan muda serta dari berbagai golongan sosial. Jadi tunggu apalagi? ayo menuju resepnya cara membuatnya!

1. Resep Asinan Rambutan Simple

Resep asinan rambutan kali ini bener bener simple sama seperti cara membuat sop buah istimewa dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Simple:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat Asinan Rambutan Simple Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila asinan rambutan simple siap disajikan

Simple bukan? ya sesuai namanya hehehe. Perhatikan dan simak baik baik ya gaiss, ikuti step by stepnya dengan tertib biar ngga fail hehehe.

2. Resep Asinan Rambutan Kering

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya asinan rambutan.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Asinan Rambutan Kering Dengan Mudah:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

Resep di atas cocok banget buat kalian yang kurang suka rambutan basah atau berair, tingkat kekeringannya pun dapat kalian sesuaikan sesuai selera kalian masing masing. Mari lanjut ke resep berikutnya.

3. Resep Asinan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya seperti resep es buah untuk jualan.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Kering Kekinian:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Asinan Rambutan Kering Kekinian Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

Masih kurang guiss? ni mimin tambah satu lagi resep manisan rambutan nya!

4. Resep Asinan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Asinan Rambutan Pedas Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa asinan rambutan pedas siap disajikan

Resep yang satu ini cocok banget buat kalian penggila pedas. Perpaduan antara rasa manis nan pedas bakal menggoyang lidah kalian hahaha.

Udah ada 4 resep nih, kalian tinggal milih aja hihihi bebas deh mau ngeksekusi yang mana dulu, yang penting dibaca dengan teliti ya resepnya. Tenkyuuu xoxo!