Resep Sayur Nangka Muda Santan Rasanya Super Gurih

resep-sayur-nangka-muda-santan

Didepan rumah kalian banyak nangka berbuah, tapi bingung mau diolah seperti apa? Tenang, kalian bisa coba resep sayur nangka muda santan yang rasanya gurih banget.

Resep sayur nangka ini menggunakan santan sehingga citarasanya menjadi gurih. Yang penasaran cara bikinnya, langsung cek dibawah!

Nangka yang tumbuh di Indonesia umumnya berukuran sedang. Tingginya sekitar 20 meter, walaupun beberapanya ada yang tumbuh mencapai angka 30 meter. Memiliki batang berbentuk bulat silindris dan memiliki diameter sekitar 1 meter.

Bagian dari nangka yang biasanya dipanen adalah buahnya. Daging buah nangka yang telah matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah.

Nangka yang ada didepan rumahmu memiliki daun tunggal lho readers. Tangkainya memiliki panjang 1-4 cm, memiliki helai daun yang tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai memanjang, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing.

Sedangkan bagian daunnya miliki bentuk bulat mirip telur dan lancip, memiliki panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa bentuk cincin.

Populasi nangka di Indonesia sangat besar, bahkan kerap kali tumbuh secara liar di depan rumah ataupun di pinggir jalan. Si nangka ini termasuk buah yang gak kenal musim loh, jadi kalian akan sangat mudah mendapatkan si nangka ini.

Kalian yang membaca artikel ini pastilah penyuka resep sayur nangka. Berapa dari kalian mungkin memiliki kriteria tertentu sebelum mengonsumsi sayur nangka, seperti keberadaan santan yang sering menggangu kalian tim penolak santan.

Stop! Jangan di back dulu, di artikel ini kita akan membahas resep sayur nangka muda santan kok readers!

Resep Sayur Nangka Muda Santan

Bahan-Bahan :  

  • 500 gram nangka muda
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa

Bumbu Resep Sayur Nangka Muda Santan :

  • 4 sendok teh garam atau secukupnya
  • 2 batang serai
  • 1 sendok makan gula merah atau secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah lengkuas

 Bumbu yang Dihaluskan :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Bahan Pelengkap Bawang goreng

Cara Menyiapkan dan Mengolah Bumbu : 

  1. Apabila anda telah menyiapkan bahan dan bumbu seperti di atas, maka anda bisa langsung menyiapkan atau mengolah bahan dan bumbu tersebut. Dimana langkah pertama yaitu, potong nangka muda. Lalu cuci bersih nangka muda tersebut. Jika sudah rebus nangka muda tersebut samapi empuk.
  2. Kemudian, memarkan lengkuas dan batang serai.
  3. Haluskan semua bumbu halus yang telah anda siapkan. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau ditumbuk.

Cara Memasak Resep Sayur Nangka Muda Santan :

  1. Apabila bahan dan bumbu telah siap seperti di atas, maka anda bisa meneruskan pada tahap memasak. pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu didihkan santan yang telah anda siapkan.
  2. Lalu masukan bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, lengkuas dan serai. Aduk perlahan hingga tercium harum dan santan mendidih.
  3. Setelah itu, masukan nangka muda yang telah direbus. Aduk sampai merata.
  4. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula merah. Aduk kembali sampai bumbu larut. Masak sampai semua bahan dan bumbu benar-benar meresap.
  5. Apabila telah matang, angkat dan sajikan pada wadah saji. Lalu taburi dengan bawang goreng.

Sekarang ini peluang usaha makanan sedang melejit banget loh readers, salah satunya adalah olahan sosis telur yang akan lebih mudah dibuat menggunakan mesin sosis telur. Selain mengandung banyak manfaat, olahan telur memiliki harga yang sangat bersahabat dikantong.

Selamat mencoba resep diatas ya! Semoga berhasil dan kalian suka dengan hasilnya.