Categories
Uncategorized

Resep Membuat Puding Jagung Untuk Pemula

Resep membuat puding jagung untuk pemula ini bisa dijadikan referensi untuk kalian yang baru baru ini hobi memasak. Puding adalah makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Makanan yang biasa dijadikan hidangan penutup ini ternyata bisa dijadikan bisnis loh! Puding dengan berbagai varian rasa seperti mangga, jeruk, ataupun coklat sudah mainstream. Bagaimana jika puding yang terbuat dari jagung dengan rasa manis dan super lembut ditambah vla vanilla yang kental? hmmmm.. membayangkannya saja sudah ingin langsung ke dapur untuk memasak.

Olahan jagung tidak hanya tentang cara membuat nasi goreng jagung, bakwan jagung, atau emping yang berasal dari jagung dengan menggunakan mesin pemipih emping jagung. Namun, siapa sangka jagung juga bisa diolah menjadi puding yang lezat! Puding jagung merupakan produk makanan jelly dan krim yang dibuat dengan bahan dasar jagung rebus, air, dan berbagai bahan pengental serta penyedap rasa. Puding jagung memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, C, D, dan Kalsium yang baik untuk tubuh.

Buat yang sudah tidak asing lagi ketika membaca atau mendengar cara buat puding jagung. Apakah kalian sudah memahami apa tips dan trik ketika akan membuat puding untuk pemula?

Puding Tidak Berair dan Mudah Pecah, Begini Tipsnya

Memiliki rasa yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding ini menjadi makanan penutup kesukaan semua orang. Apalagi, banyaknya puding instan sangat mudah untuk dibuat dengan aneka rasa yang banyak dijual di pasaran. Namun, tekstur yang mengandung banyak air membuat puding pun sering lembek dan berair. Hal ini bisa terjadi karena puding dibiarkan terlalu lama setelah dibuat, sehingga mudah berair.

  1. Mengurangi takaran air, jangan terlalu ikuti kemasan. Tetap masukan air secukupnya atau kurangi kurang lebih 100ml dari aturan kemasan.
  2. Pastikan bahan jagung dan bahan puding lainnya masih fresh. Buat puding 3 jam sebelum akan di hidangkan atau dijual.
  3. Biarkan puding dingin dengan sendirinya, puding yang baru matang langsung dimasukan ke dalam kulkas akan membuat puding menjadi berair
  4. Biasakan menyimpan puding di tempat yang tertutup.
  5. Hindari penyimpanan terlalu lama di kulkas, penyimpanan yang baik di kulkas hanya 2-3 jam. Karena puding akan terasa lebih nikmat jika disajikan saat masih fresh
  6. Jika puding akan dicampur dengan susu, jangan sampai susu terlalu encer dan kental.
  7. Merebus puding dengan api kecil, jika menggunakan api yang besar akan membuat tekstur puding menjadi pecah.

Manfaat Puding Bagi Kesehatan

Puding jagung merupakan varian dessert yang satu ini kaya akan manfaat. Manfaat yang ada di dalam puding berasal dari kandungan rumput laut yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan puding. Mau tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam puding?

  1. Melancarkan pencernaan, Salah satu fungsi dari serat adalah untuk membersihkan bagian usus dengan cara memperlancar metabolisme.
  2. Sebagai makanan diet, Kandungan serat pada puding bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Jadi cocok banget dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.
  3. Mencegah kanker, Rumput laut memang dikenal kaya akan manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Oleh karena itu, puding baik untuk mencegah kanker.

Resep Membuat Puding Jagung

Bahan – Bahan 

  • 500 ml air
  • 1/2 bungkus jelly plain
  • 125 ml susu cair
  • 1 jagung manis besar
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • Garam secukupnya

Bahan Vla Santan

  • 300 ml santan kelapa parut
  • 1,5 sdm tepung maizena dan larutkan air sedikit
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Puding Jagung Manis

1. Haluskan jagung dengan blender lalu saring

2. Campur semua bahan ke dalam panci sedang

3. Masak di atas api kecil sampai tak ada yang menggumpal

4. Aduk terus hingga mendidih

5. Setelah adonan agak kental matikan api

6. Tuang puding dalam cetakan

7. Dinginkan di dalam lemari es hingga padat

8. Puding jagung manis telah siap untuk disajikan

Vla

1. Masukkan santan, gula pasir dan garam ke dalam panci

2. Masak dengan api kecil hingga mendidih

3. Tambahkan larutan tepung maizena

4. Aduk kembali hingga mendidih dan mengental

5. Tunggu hingga dingin

6. Tuang saus vla di atas puding jagung

7. Puding jagung santan telah siap untuk disajikan

Resep vla santan diatas adalah pilihan, jadi tidak wajib dimasak ya teman-teman. Selamat Memasak!