Categories
Uncategorized

Resep Cara Membuat Sate Taichan

Resep cara membuat sate taichan adalah salah satu resep sate yang bisa dibuat sendiri dirumah. Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan nama sate ini.

Karena jika membahas tentang sate, maka pikiran kita akan terlintas dengan sate ayam atau sate kambing. Lalu apa sebenarnya sate taichan? Apakah masuk kedalam sate kambing atau sate ayam.

Jika anda penasaran dengan resep cara membuat sate taichan, maka ikuti saja kreasi resep sate taichan dibawah ini. Kudapan yang pengolahannya di bakar ini memiliki rasa yang khas sehingga pas sekali di lidah siapa saja. Langsung saja ikuti proses pembuatan sate taichan berikut.

Sejarah Sate Taichan

cara membuat sate taichan

Pernahkah kamu mencoba sate taichan? Sate yang ini sempat menjadi sebuah makanan hits yang banyak diperbincangkan di internet. Sebenarnya, sate taichan adalah sate yang sangat sate sederhana.

Terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan garam dan jeruk nipis, lalu dibakar diatas bara atau bisa juga digoreng di atas wajan dengan minyak sedikit. Sate ini disajikan dengan sambal yang pedas, lontong, dan irisan jeruk nipis. Beda dengan sate yang biasanya, penampilan sate yang satu ini putih karena tidak memakai kecap atau bumbu kacang di dalamnya

Namun rasa sate ini yang cenderung sederhana dan menonjolkan gurih asli daging ayam, membuat banyak orang jatuh hati dan ketagihan. Mereka dapat memakan sate ini hingga puluhan tusuk karena sate ini memiliki rasa yang ‘ringan’ sehingga orang tidak cepat mual atau bosan. Tidak heran jika kini sate taichan ini menjamur di daerah kota dan menjadi makanan yang populer hanya dalam waktu yang singkat.

Dari namanya, orang-orang banyak yang mengira makanan hits ini bersumber dari Jepang atau Korea. Anggapan itu tentunya salah besar karna sate taichan ini sesungguhnya adalah kreasi abang-abang sate di wilayah Senayan, Jakarta Pusat.

Berdasarkan salah satu pelopor sate taichan senayan yang bernama Pak Amir, ia mendapat ide kreasi sate ini dari salah satu pelanggan dari warung satenya yang menjadin pasangan laki-laki Jepang dan perempuan Indonesia.

Tamu yang satu ini alih-alih peslan sate seperti pelanggan pada biasanya, ia justru memasak sate sendiri menggunakan garam dan jeruk nipis, lalu menyatapnya dengan sambal yang melimpah. Pak Amir bertanya pada tamu tersebut, apa nama yang baik bagi makanan tersebut dan pelanggan tersebut menjawab dengan kata“Taichan!”.

Dari pertemuan inilah Pak Amir mendapatkan ide kreasi sate baru ini. Namun tidak membumbuinya berupa dengan garam dan jeruk nipis. Pak Amir memodifikasinya dan membumbui sate ini dengan menggunakan penyedap rasa, jeruk nipis, dan minyak sayur.

Ia mengajak kedua temannya sesama penjual sate di Senayan untuk turut menjual makanan ini. Dan sate taichan terbukti langsung menjerat hati para pelanggan sate Pak Amir. Menu baru ini menjadikan warung sate Pak Amir dan teman-temannya selalu penuh, bahkan ada yang sampai mengantri.

Jadi terjawab sudah misteri yang menghantui kita selama ini yang mengenai asal-usul tentang makanan hits yang satu ini. Sate taichan ternyata sebuah makanan asli Indonesia, kreasi para penjual sate di Senayan yang terinspirasi oleh seorang pemuda dari Jepang.

Kini, sate taichan sudah bisa ditemui di berbagai tempat, tidak lagi menjadi lagi makanan pinggir jalan, bahkan sate taichan telah ada di mall-mall dan dijajakan oleh beberapa public figure seperti Rachel Vennya dan suaminya, Niko.

Cara Membuat Sate Taichan

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate taichan ini mempunyai tampilan daging yang cenderung masih putih. Bukan hanya itu saja, sate ini juga tidak disertai dengan bumbu kacang, melainkan sambal cabai. Uniknya lagi, rasa asin, asam dan pedas yang menjadi satu dalam masakan sate yang hanya dibuat dari daging dada ayam ini. Perpaduan rasanya dengan tekstur daging ayam yang lembut ini akan bikin siapa saja yang memakanya jadi ketagihan.

BAHAN BUMBU SATE :

  • Dada ayam 1 buah, potong dadu
  • Jeruk nipis 2 sendok makan
  • Royco ayam 1 sendok makan
  • Minyak sayur sedikit saja

BAHAN SAMBAL SATE :

  • Cabe rawit 7 buah
  • Cabe merah 15 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Tomat 1/4 buah (atau bisa pakai tomat kecil)
  • Air 50 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh (bisa diganti gula Jawa / gula merah)
  • Lada putih 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk menumis secukupnya

LANGKAH MEMBUAT SATE TAICHAN SENAYAN :

  1. Pertama-tama potong dadu daging ayam, lalu lumuri dengan perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan kaldu ayam. Diamkan selama 15 menit sampai bumbu meresap.
  2. Kemudian tusuk-tusuk ayam dengan tusukan sate lalu bakar sampai ayam berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan, Anda bisa membuat tusuk sate sendiri atau juga bisa menggunakan alat mesin tusuk sate supaya lebih mudah.

CARA MEMBUAT SAMBAL SATE TAICHAN :

  1. Uleg halus atau blender semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng. Koreksi rasa.
  2. Tumis sampai cabai matang dan tidak bau langu. Jika sambalnya agak kental maka boleh ditambahkan sedikit air sampai mendapat sambal dengan kekentalan yang diinginkan. Angkat, matikan api kompornya.

PENYAJIAN SATE TAICHAN AYAM :

  1. Tata rapih sate di atas piring lengkap dengan lalapan atau sayuran sepeti daun selada, timun, potongan tomat, kol dllnya lalu sajikan bersama sambal dengan posisi terpisah.
  2. Atau bisa juga dengan menggulingkan sate ke dalam sambal, lalu sajikan dengan lalapan yang lengkap bersama nasi putih, irisan lontong atau ketupat.
  3. Boleh ditambahkan bawang merah goreng jika suka.

Selain menggunakan daging ayam, sate taichan juga dapat dibuat dengan menggunakan daging sapi, kambing, bahkan seafood seperti udang dan cumi. Bertambahnya kreatifitas, kini ada juga kreasi sate taichan goreng yang rasanya tak kalah lezatnya dengan sate taichan original.

Awalnya sate ayam taichan yang ngehitz di media sosial ini memang terkenal dari daerah Senayan Jakarta. Makanya banyak orang yang menyebut sate ini adalah sate Senayan. Namun kini sate senayan sudah terkenal dan populer di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Bekasi, Bogor dan Medan.

Rahasia di Balik Kenikmatan Sate Taichan

cara membuat sate taichan

Sate yang dikenali selama ini mempunyai warna cokelat manis yang cukup menggoda. Memiliki Warna kehitaman hasil karamelisasi bumbu kecap manis yang dioleskan ke atasnya lalu dibakar.

Namun berbeda dengan sate taichan. Sate ini mempunyai varian sate ‘polos’. Meski namanya terdengar seperti nama makanan oriental, teteapi sate ini dibuat dari bahan halal, daging ayam.

Pada faktanya, ini adalah jenis sate ayam biasa, namun berbeda cara proses pembuatannya.

Sebelum dibakar, potongan sate yang dibuat dari daging dan kulit ayam yang sudah ditusuk ini lalu langsung dibakar. Sate-sate ayam ini dibakar tanpa menggunakan bumbu terlebih dulu, atau yang di sebut polos.

Sate-satenya sedang dibakar selama 3-5 menit lamanya. Karena tak dioles dengan kecap, sate ini memiliki warna putih. Ada beberapa bagian dagingnya yang menghitam karena terkena bara api dan arang  langsung. Karena tidak dibumbui, sate ini agak terasa tawar.

Untuk memberikan rasa yang lezat, pedagang memberi perasa tambahan untuk satenya. Setelah sudah siap di piring saji, sate ini disiram menggunakan minyak goreng dan sedikit ditaburi dengan bubuk penyedap rasa. Bubuk penyedap rasa inilah yang membuat menjadi rahasia kenikmatan sate taichan dan yang memperkuat rasa gurih daging pada ayamnya.

Untuk menghilangkan rasa amis pada ayam, sate taichan dihidangkan dengan tambahan sedikit perasan jeruk limau/pecal. Selain untuk menghilangkan aroma amis, jeruk limau juga memberikan sensasi segar saat kita memakanya.

Perpaduan bumbu tambahan ini dicampur jadi satu sama seperti cara tukang sate madura mencampur sate dengan bumbu pada kacangnya. Agar bumbu lebih merata,Dan tak hanya satu bagian saja yang terasa asin, ada baiknya untuk mencampur lagi kembali sate taichan dengan bumbu sebelum dimakan.

Seporsi sate taichan ini disantap dengan menggunakan tambahan sambal. Sambalnya pun bukan samba lyang sembarangan. Warna sambalnya terlihat seperti sambal kacang pada nasi uduk. Hanya saja, tidak ada sisipan rasa kacang di dalamnya.

Sambal sate taichan ini memiliki warna sedikit kemerahan, cair, dan agak sedikit berminyak. Minyak ini didapatkan dari hasil menggoreng sambalnya tadi. Tentunya, minyak ini juga yang akan menambahkan rasa nikmat pada sate taichan. Rasanya pun unik tak terlalu pedas, melainkan sedikit cecapan rasa asam jeruk limau segar.

Sebelum dimakan, sate taichan ini harus dicelupkan dulu ke dalam wadah sambal. Karena sate taichannya sendiri terasa tawar, rasa pedas dan asam adalah rasa yang paling cukup mendominasi. Ada sedikit rasa asin dari penyedap rasa yang taburkan di atas satenya sesaat sebelum dimakan.

Nah, ternyata mudah ya cara membuat resep sate taichan ala Senayan di rumah? Yuk ah, selamat berkreasi sendiri dengan Resep Sate Taichan. Cek juga artikel ini cara membuat keripik singkong

Terimakasih sudah membuka artikel resep sate taichan, semoga yang saya bagikan kali ini bermanfaat. Monggo kalau ada yang mau share, agar lainnya tau mengenai tips dan rahasia membuat sate taichan homemade. Terimakasih.