Categories
Uncategorized

Pakan Ayam Pedaging Terbaik yang Mudah Ditemui

Hai gaes kali ini kita akan membahas seputar pakan ayam pedaging terbaik yang mudah ditemui. Yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Beternak Ayam

Beternak ayam merupakan salah satu peternakan yang. Benih biasanya mudah ditemukan, perawatannya mudah, dan pakannya mudah ditemukan dengan banyak variasi.

Namun, fasilitas ini tidak berarti Anda mengabaikan faktor-faktor yang membantu pertanian tetap berjalan.

Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal seperti kondisi kandang, kesehatan ternak dengan memberikan vaksin, vitamin dan tentunya memperhatikan pakan yang diberikan.

Makanan untuk ayam biasanya sederhana, tapi bukan berarti kualitasnya. Ayam yang gemuk dan sehat, makan makanan yang baik dan mengandung zat yang diperlukan.

Seperti halnya manusia, ayam membutuhkan protein, lemak, serat mentah, vitamin, dan asam amino agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidak cukup hanya kenyang saja, pola makan pada ayam juga menentukan kualitas ayam tersebut.

Pelanggan tentunya akan mencari ayam sehat yang enak untuk dimakan. Karena itu, pertimbangkan faktor pakan dengan memilih yang terbaik.

Sesuaikan umur ayam yang Anda pelihara

sesuaikan umur ayam

Pakan untuk anak ayam dan ayam dewasa berbeda. Jadi pastikan Anda mengetahui umur ayam yang dipelihara sebelum membeli pakan.

Ayam yang masih dalam tahap awal (permulaan) perlu diberi pakan yang kaya nutrisi dan kaya protein untuk pertumbuhan tubuh yang maksimal.

Namun ayam pada tahap ini sebaiknya tidak diberikan makanan yang tinggi kalsium. Pakan ini dapat menyebabkan gangguan ginjal pada ayam muda.

Selain pakan, ayam yang berada pada tahap awal juga harus mendapat vitamin dan vaksin untuk mencegah penyakit. Vitamin dan vaksin ini biasanya dimasukkan ke dalam air.

Saat anak ayam minum air, vitamin dan vaksin masuk ke dalam tubuh mereka.Ayam umur 6 sampai 8 minggu sudah memasuki fase breeding.

Pakan yang diberikan pada ayam pada tahap ini biasanya lebih sedikit protein. Jika ayam terus menerus diberi makanan berprotein tinggi, mereka dapat mengalami kerusakan hati.

Produsen biasanya memberikan informasi mengenai umur ayam yang dapat mengkonsumsi pakan buatan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu memperhatikan informasi ini agar tidak salah membeli feed.

Bagaimana Memilih Pakan Ayam

Jumlah produsen pakan ayam terus bertambah. Setiap produsen berusaha membuat pakan ayam terbaik. Untuk membantu Anda menentukan produk pakan ayam terbaik, berikut kami uraikan cara memilih pakan ayam terbaik. 

Ketahui Jenis Ayam yang Anda Pelihara

Ketahui jenis ayam yang anda pelihara

 

Ada dua jenis ayam yang biasa dipelihara yaitu ayam petelur dan ayam pedaging. Kedua jenis ayam tersebut membutuhkan pakan yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan pakan ayam, sebaiknya ketahui dulu jenis ayam yang akan Anda beternak.

Ayam pedaging membutuhkan makanan berprotein tinggi
Pada ayam pedaging membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk pertumbuhan yang maksimal.

Selama empat minggu pertama, ayam pedaging biasanya diberi makanan yang mengandung 23% protein. Setelah itu, pakan yang diberikan biasanya hanya mengandung 19% protein.

Selain pakan tinggi protein, ayam broiler juga harus diberi air bersih yang cukup. Kebutuhan air pada ayam broiler ditentukan oleh dua faktor yaitu umur dan suhu. Semakin tinggi suhu dan umur ayam maka semakin banyak air yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, pemilik broiler harus memastikan fakta udara di dalam kandangnya setiap hari. Jika hal ini tidak diperhatikan maka pertumbuhan ayam akan terganggu dan pertumbuhan menjadi tidak merata.

Pakan Ayam Pedaging Terbaik

1. Daun Ubi Kayu

Tak cuma tinggal manusia dan kaya manfaat, ternyata bisa jadi pakan yang baik bagi ayam Anda. Daun ubi sendiri memiliki kandungan protein sekitar 29 persen dan serat yang terkandung di dalam tepung daun ini cukup tinggi.

Namun, Anda harus berhati-hati saat memberikan pakan ubi atau daun ubi karena daun ubi mengandung asam prusid dan sianida yang bersifat racun.

Selain ubi, Anda juga dapat memberikan singkong yang memiliki kandungan protein rendah sekitar 2-3 persen. Batasi dan olah menjadi potongan atau cincangan kecil sebelum diberikan pada ternak.

2. Tepung Keong

Jenis tepung ini tidak menggunakan daging bekicot atau bekicot, melainkan kerang. Ya, siapa sangka cangkang kerang ternyata bisa dijadikan pakan ternak Anda?

Cangkang siput yang dibersihkan dan berhenti mengandung protein tinggi dan penelitian telah menunjukkan bahwa cangkang siput dapat membantu produksi telur dan menambah bobot pada ternak.

Penggunaan pakan bekicot yang tepat juga dapat memenuhi kebutuhan mineral ayam peternakan Anda. Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih dalam tentang ayam petelur bisa baca pakan ayam petelur juga loh.

3. Sorgum

Sorgum memiliki nama lain di berbagai bidang seperti Cantel, Batar Tojeng, dan Cantrik, dan lebih tinggi proteinnya memberikan jagung, serta xantofil.

Suplai sorgum harus dasar karena mengandung tanin yang membuat protein sulit diserap dan mengurangi pertumbuhan, bahkan bisa menyebabkan kelainan pada ceker ayam ternak Anda.

Jika Anda memberi makan sorgum untuk ayam di peternakan, yang terbaik adalah menggabungkannya dengan bungkil kedelai. Campuran ini membuat tambahan yang bagus untuk metionin dan lisin.

Anda juga dapat mengurangi kandungan tanin dengan memproses ulang sorgum,kupas, rendam atau fermentasi kulit luarnya sebelum digunakan sebagai pakan ternak.

Selain sekam dan dedak, menir merupakan salah satu produk sampingan dari proses penggilingan padi. Kemunculan bubur jagung seperti nasi pecah, tetapi bubur jagung kurang dari 0,2 bagian total beras (Kadarisman, 1986).

Peningkatan produksi beras berarti banyaknya produk sampingan dari proses penggilingan padi, seperti B. Bubur jagung, terjadi lebih sering. Penggunaan menir sejauh ini belum optimal.

Umumnya hanya digunakan sebagai pakan ternak, sehingga diperlukan langkah yang tepat agar pemanfaatannya optimal. Menir alami memiliki kelemahan yaitu tidak bisa membengkak di air dingin.

Kelemahan ini membuat kelarutan menir rendah saat digunakan sebagai bahan industri. Oleh karena itu, diperlukan teknologi untuk mengubah dan meningkatkan sifat fisiknya.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sifat beras menir melalui proses pengeringan dengan drum dryer untuk menjaga sifat tepung beras menir dan perubahan kualitas selama penyimpanan.

Penelitian ini dilakukan secara bertahap, meliputi penentuan kecepatan putaran drum dryer serta perbandingan air dan menir.

Demikian pembahasan kita mengenai pakan ayam pedaging terbaik yang mudah ditemui. Bagi kalian yang beternak sapi bisa juga kunjungi artikel cara menggemukkan sapi limosin juga yaa.

Terimakasih.