Pakan Alternatif Ayam Boiler yang Mudah Dibuat. Kepoin Yuk!!

pakan alternatif ayam boiler

Pakan alternatif ayam boiler?Apa saja ya?. Yuk kita simak bersama pembahasan dibawah ini. Oiya jangan lupa baca artikel cara merawat ayam juga ya.

Budidaya Ayam Boiler

budidaya ayam boiler

 

Dalam budidaya ayam khususnya ayam pedaging, biaya yang paling besar adalah pemberian pakan secara swadaya dan kemitraan.

Dalam kasus pemulia mitra, umur panen biasanya ditentukan secara sepihak oleh perusahaan inti. Kadang ayam tidak dipanen sampai berumur 35 hari bahkan bisa dipelihara selama 60 hari.

Panen pada umur ini biasa disebut dengan ayam King Kong, karena ayam baru dipanen setelah ayam besar dengan berat mencapai 3 kg per ekor atau lebih.

Ada Beberapa Hal Berbeda yang Disebabkan Oleh Panen Ayam Besar Diantaranya:

1. Angka Kematian yang Tinggi

Biasanya kapasitas kandang terisi sekitar 30 sampai 35 hari dengan memperhitungkan umur panen. Namun apabila panen telah melewati umur yang direncanakan dan tanpa penjarangan.

Maka kandang menjadi tersumbat dan hal ini menjadi salah satu penyebab stres panas terutama pada kandang sistem terbuka.

2. FCR Meningkat

Semakin lama perawatannya, semakin banyak ayam yang akan dimakan, tetapi berat badannya akan semakin berkurang.

Pengamatan AOS FARM, yang sebelumnya telah berkeliling di kandang mitra, dan juga pertanyaan mitra online, menunjukkan bahwa panen lambat sangat berbahaya dan membuat stres bagi petani.

Hal ini dikarenakan ayam yang sudah berukuran besar memiliki nafsu makan yang tinggi namun penambahan berat badan relatif lambat.

Untuk mengatasi keterlambatan panen, beberapa peternak telah melakukan inovasi pakan untuk menghindari kerugian yang lebih besar dengan memberikan pakan alternatif setelah ayam berumur 30 hari.

Beberapa pakan alternatif yang ditawarkan antara lain:

  • Jagung giling
  • Gandum
  • Bekatul
  • Dedak

Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Boiler dengan Dedak

dedak padi

Dedak halus sudah lama digunakan untuk meracik pakan ayam karena harganya yang relatif murah. Di beberapa daerah, terutama lumbung padi, harga dedak bahkan lebih murah.

Selain itu kandungan proteinnya cukup tinggi yaitu mencapai 10% hingga 12%.Sayangnya, bekatulnya agak tengik dan juga mengandung asam fitat. Asam ini merupakan zat anti gizi karena dapat mengikat protein dan beberapa mineral.

Asam fitat juga sulit larut dalam air dan tahan panas, sehingga bekatul sulit dicerna. Karena sifatnya yang demikian maka dedak dapat menghambat pertumbuhan ayam.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disini kita akan memperkenalkan sistem fermentasi dedak untuk pakan broiler, khususnya untuk ayam yang dipanen selama 30 hari.

Bagaimanapun, fermentasi membuat dedak mudah dicerna, metabolisme berjalan lancar, dan pertumbuhan ayam optimal.

Bahan Membuat Pakan dengan Dedak:

  • 500 kg dedak
  • 1 liter sapi aos amino
  • Air 50 liter
  • Gula pasir / gula aren / molase 1 kg

Cara Membuat Pakan Alternatif dengan Dedak:

  1. Siapkan 50 liter air
  2. Tambahkan gula / gula aren / molase ke dalam air dan aduk hingga larut. Dan masukkan ternak AMINO dan aduk kembali. Larutan ini dibiarkan selama 2 jam.
  3. Siapkan dedak hingga 500 kg, dan larutan yang sudah disiapkan dituangkan ke dalam dedak dan diaduk serata mungkin.
  4. Bekatul yang diberi larutan AOS dimasukkan ke dalam kain karung dan difermentasi selama 15 hari.
  5. Bekatul yang difermentasi biasanya menggumpal dan berbau harum. Meski menggumpal, gumpalan ini sangat mudah dipatahkan dengan cara diuleni atau diinjak-injak karungnya.
  6. Bekatul yang sudah dihaluskan dan halus dapat diumpankan langsung ke ayam dengan terlebih dahulu mencampurkannya dengan pakan pabrik dengan perbandingan 1: 1. Artinya, 1 kg pakan pabrik dapat dicampur dengan 1 kg dedak fermentasi.

Sekian pembahasan kita pada artikel pakan alternatif ayam boiler. Untuk kalian yang ingin beternak lele bisa baca artikel cara ternak ikan lele juga ya.

Terimakasih.