Mengenal Cocomesh Sabut Kelapa Yang Multifungsi

cocomesh

Banyak orang yang belum mengenal cocomesh sabut kelapa. Padahal ini adalah olahan sabut kelapa yang multifungsi. Yuk simak dibawah ini ulasannya.

Cocomesh Sabut Kelapa

cocomesh

Cocomesh merupakan jaring sabut kelapa yang sangat baik dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan.
Sabut kelapa mempunyai sifat bahan sabut kelapa yang mampu menyimpan air dalam waktu yang lama menyebabkan permukaan tanah yang ditumbuhi bahan tersebut menahan kelembapan.

Hal tersebut mampu mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah untuk ditanami dengan penanaman benih atau biji, selain itu cocomesh sebagai pengganti tanah pada saat menanam benih atau bibit tanaman.

Sifatnya biodegradable dan kuat, membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru di lahan Cocomesh yang ditempatkan di lahan bekas tambang.

Sudah dibuktikan pemanfaatan cocomesh mampu menghijaukan areal bekas penambangan atau hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan penghijauan bekas pertambangan sudah mulai beralih ke bahan alam.

Keunggulan bahan sabut kelapa ini adalah tahan lama, menurut sumber ini dapat bertahan sekitar 4 tahun atau lebih, sehingga bahan tersebut dapat tumbuh selama masa pertumbuhan vegetasi baru.

Penggunaan bahan sabut kelapa sangat cocok untuk lahan yang landai atau berbatu, dilihat dari elastisitas bahan tersebut. Contoh yang sudah diterapkan antara lain areal bekas tambang Freeport.

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

cocomesh

Bahan :

  • Sabut kelapa tua

Alat – alat :

• Mesin pengurai sabut kelapa

• Mesin pemintalan sabut kelapa

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa :

  1. Siapkan sabut kelapa yang sudah cukup tua
  2. Giling kulit kelapa menjadi sabut dengan mesin dekomposisi sabut
  3. Keringkan sabut kelapa yang telah digiling hingga kering
  4. Putar sabut menjadi tambang dengan mesin pemintalan sabut
  5. Rajut tali menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring sabut kelapa / sabut kelapa siap pakai

Kegunaan Sabut Kelapa Cocomesh

Cocomesh

Cocomesh memiliki beberapa kegunaan yaitu:

  1. Media penghijauan di lahan bekas tambang
  2. Sangat cocok untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  3. Memperkuat material di atas tebing
  4. Bahan untuk mencegah erosi
  5. Memperkuat tanah
  6. Membantu memperkuat rel kereta api
  7. Memperkuat tebing jalan atau jembatan

Peluang Usaha Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh

Mansur Mashuri, pemilik CV Rumah Sabut di Yogyajarta menambahkan, untuk meningkatkan nilai produk, sabut kelapa sebenarnya bisa dijadikan produk yang bermanfaat seperti cocomesh. Apalagi produk ini ramah lingkungan dengan membantu mengurangi limbah sabut kelapa. Sabut kelapa ini awalnya terbuat dari tali yang kemudian dianyam, katanya.

Namun di Indonesia, penggunaan Cocomesh masih belum populer di masyarakat. Sosialisasi manfaatnya kepada masyarakat sangat terbatas. Meskipun cocomesh tidak begitu populer di masyarakat, namun para produsen belum mampu memenuhi semua permintaan yang datang.

Mansur mampu mengirimkan sekitar satu hingga dua kontainer cocomesh ke berbagai proyek pertambangan atau proyek pembangkit listrik. Satu wadah berisi sekitar 5.000 m² cocomesh.

Harganya berkisar Rp. 9.000 per m². Artinya dia bisa meraup omzet sekitar Rp. 45 juta-Rp. 90 juta sebulan.

Klien Mansur antara lain PT Kaltim Prima Coal (KPC), anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk. Pelanggan lainnya adalah proyek pembangkit listrik di Garut, Jawa Barat. “Yang di Garut itu tahan longsor,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan akan buah kelapa, Mansur memberdayakan warga sekitar Gedong Kuning, Yogyakarta. Karena pembuatan cocomesh di tempat itu tergantung pesanan, jumlah produksinya bisa diukur. “Kami memiliki kapasitas produksi hingga 40.000 m² sebulan,” kata Mansur.

Sebenarnya peluang ekspor cocomesh ke luar negeri sangat terbuka lebar. Mansur, misalnya, hampir berhasil mengirim Cocomesh ke Korea Selatan. Namun, karena kalah bersaing dengan produk serupa dari India, pembeli di Korea Selatan batal membeli dari Mansyur.

Di Korea Selatan, cocomesh digunakan untuk alas sepak bola atau lapangan golf sebelum menanam rumput. “Tentu menjadi pekerjaan rumah kita untuk membuat cocomesh yang bisa bersaing dengan produk dari negara lain,” kata Mansur.

Nah itulah beberapa pengenalan mengenai cocomesh sabut kelapa. Kalian juga bisa membuka peluang bisnis cocomesh sabut kelapa. Semoga bermanfaat.