Membuat Keripik Tempe

Cara Membuat Keripik Tempe salah satu olahan makanan yang memiliki tektur renyah dan gurih yang namanya sudah banyak dikenal oleh masyarakat seluruh Negara Indonesia.

Ketika kita mengkonsumsi olahan makanan keripik tempe ini bersama keluarga tercinta atau bersama rekan terdekat Anda, pastinya ingin terus mencicipnya.

Keripik tempe ini diolah dengan cara digoreng. Dan pada umumnya pada saat melakukan proses penggorengan keripik tempe ini menggunakan alat khusus yang digunakan untuk menggoreng aneka keripik seperti keripik tempe ini. nama alat yang khusus digunakan untuk menggoreng aneka macam keripik adalah mesin vacuum frying.

Membuat Keripik Tempe

Membuat Keripik Tempe

Bahan:

  •  Tempe yang telah diiris tipis-tipis
  •  5 sdm tepung beras
  •  3 sdm tepung terigu
  •  Air putih 1800 cc / sampai adonan encer
  •  Minyak goreng secukupnya
  •  Kaldu ayam bubuk secukupnya
  •  1/2 sendok teh merica bubuk
  •  4 siung bawang putih, yang sudah halus
  •  Garam 3/4 sendok teh
  •  Daun bawang prei secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe :

  1. Iris tipis tempe kemudian jemur.
  2. Buat adonan pencelup, tambahkan air sampai encer.
  3. Haluskan bahan untuk bumbu kemudian simpan dalam wadah. Tambahkan bumbu halus aduk lagi sampai merata.
  4. Panaskan minyak, kemudian ambil tempe yang sudah mulai kering, kemudian masukkan ke dalam adonan tepung.
  5. Selanjutnya, ambil tempe lalu diiris tipis-tipis kemudian rendam dalam adonan bumbu dalam wadah. Tunggu hingga campuran bumbu meresap ke dalam tempe.
  6. Goreng dengan api sedang sampe warna kuning  & matang Selanjutnya goreng tempe yang sudah direndam dalam campuran bumbu hingga matang dan garing.
  7. Angkat kemudian tiriskan. Keripik dapat langsung disajikan.
  8. Simpan keripik tempe ke dalam toples kedap udara atau bungkus dengan plastik kedap udara agar kriuk renyah

Manfaat Keripik Tempe

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tempe mengandung banyak protein tinggi dan tidak sama dengan protein hewani, protein yang ada pada tempe lebih cenderung bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga anda akan terhindar dari serangan jantung, stroke, penyakit jantung dan bisa menurunkan kadar gula darah dan trigliserida pada orang yang menderita diabetes sehingga akan sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami penyakit diatas jika dikonsumsi dengan rutin.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tempe ternyata juga mengandung magnesium yang bagus untuk tubuh karena magnesium memiliki peranan penting terhadap system kardiovaskuler dan juga memiliki andil pada 300 proses metabolisme dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi tempe secara rutin, maka metabolisme dalam tubuh anda akan lancar. Magnesium juga memiliki manfaat untuk mencegah pembekuan darah sehingga tekanan darah akan stabil, kekuatan tulang anda juga akan semakin bagus dan anda akan terhindar dari diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tempe mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat lemak dan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi tempe, anda bisa menurunkan berat badan karena serat tersebut memang berfungsi untuk menjaga kesehatan system usus dan system pencernaan.

  1. Mencegah Kanker

Tempe mengandung isoflavon yang akan bermanfaat bagi anda dalam perbaikan sel atau mencegah kerusakan sel yang diakibatkan polusi atau sinar matahari. Isoflavon juga berfungsi untuk mencegah kanker berbahaya seperti kanker payudara, prostat, hingga kanker rahim.

  1. Mengatasi Gejala Menopause

Isoflavon ternyata juga bisa mengatasi gejala menopause karena dia bisa mengatur kadar estrogen sehingga tempe bisa mengurangi panas di badan dan rasa tidak nyaman pada wanita yang sedang mengalami menopause.

  1. Sumber Energi

Ternyata tempe atau keripik tempe juga mengandung B2 atau riboflavin yang bisa memperlancar proses metabolisme energy dan juga dibutuhkan ketika metabolisme karbohidrat, lemak hingga protein. Dengan ada nya riboflavin dalam tempe, maka anda akan terhindar dari kekurangan energy karena riboflavin bisa memproduksi energy tubuh menjadi lebih stabil