Categories
Uncategorized

Limbah Rumah Tangga Adalah Serta Jenis

Artikel tentang limbah rumah tangga adalah membahas tentang bagaimana sebuah cara yang tepat dan mudah untuk memanfaatkan limbah rumah tangga yang ada di sekitar kita. Artikel limbah rumah tangga adalah bertujuan untuk memperkenalkan suatu bagaimana cara mengelola sampah.

Selain limbah rumah tangga adalah, Baca juga ilmu tentang jenis jenis plastik kemasan banyak mendapat ilmu. betapa banyaknya jenis jenis plastik dan bahaya..

Pengertian Limbah Rumah Tangga

Pengertian Limbah adalah sisa suatu kegiatan/usaha. Dalam pengertian lain limbah yaitu buangan yang dihasilkan dari aktivitas-aktivitas produksi, baik itu domestik ataupun non-domestik.

  • Domestik meliputi: rumah tangga, pasar, sekolah, pusat keramaian ataupun sebagainya.
  • Non-Domestik meliputi: Pabrik, transportasi, industri, pertanian peternakan dsb.

Contoh limbah yang berasal dari limbah domestik diantaranya yaitu: kaleng, plastik, kardus, botol bekas, sisa makanan, sisa air deterjen dsb Sedangkan, contoh limbah yang berasal dari sektor non-domestik diantaranya: sisa kain atau zat pewarna industri tekstil, zat pengawet, sisa olahan pabrik tempe tahu dan sebagainya.

Dalam jumlah tertentu limbah berdampak negatif kepada lingkungan utamanya pada kesehatan manusia dan ekosistem hewan dan juga tumbuh-tumbuhan.

Jenis Jenis Limbah Rumah Tangga

Limbah memiliki beberapa macam jenis, penggolongan jenis limbah terbagi dari berdasarkan sumber, wujud dan juga senyawa kandungannya. Berikut yaitu jenis-jenis limbah tersebut.

A. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya
  • Limbah Domestik -> Limbah domestik yaitu limbah yang dihasilkan dari sisa kegiatan rumah tangga, sekolah pasar dan tempat-tempat umum. Contohnya: botol plastik, sisa makanan, kaleng, air sabun bekas dll.
  • Limbah Non-Domestik -> Limbah non-domestik yaitu limbah-limbah yang dihasilkan dari industri, pabrik, perikanan, peternakan, pertanian, medis dan sabagainya.
B. Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya
  • Limbah Padat yaitu limbah yang berwujud padat dan umumnya kering. Contoh limbah jenis ini yaitu: sampah, botol bekas, botol kaca, kertas dll.
  • Limbah Cair yaitu limbah yang berasal dari sisa kegiatan yang berbentuk cair dan mudah larut kedalam air. Contoh limbah cair yaitu : sisa detergen air cucian, limbah air tinja, sisa zat pewarna kain, limbah pabrik produksi tahu dll.
  • Limbah Gas adalah limbah yang terdiri dari beberapa jenis senyawa kimia yang tercampur dalam gas. Contoh limbah gas adalah : limbah nitrogen, limbah freon, limbah karbon monoksida dan limbah sulfur oksida.
  • Limbah Suara adalah suatu gelombang atau bunyi yang menganggu kenyamanan manusia, limbah jenis ini bisa berasal dari suara mesin pabrik, suara kendaraan dll.
C. Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya
  • Limbah Organik -> yaitu limbah yang mengandung senyawa karbon yang berasal dari makhluk hidup, seperti kotoran hewan, buah-buahan yang busuk.
  • Limbah Non Organik -> yaitu limbah yang sangat sulit untuk terurai seperti kaca, plastik.
  • Limbah B3 (Bahan Bahaya Beracun) -> Limbah B3 merupakan sisa suatu kegiatan/usaha yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat, konsentrasi ataupun jumlahnya dapat merusak dan mencemari sekaligus membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Yuk !!! Mulai sekarang kita ubah hidup kita dengan mengurangi penggunaan plastik. Dengan mendaur ulang sampah menjadi salah satu solusi cerdas dalam menangani masalah ini adalah dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan dari gelas plastik, yaitu memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda atau kerajinan yang berguna bagi kehidupan kita. Salah satu sampah plastik yang memiliki manfaat untuk didaur ulang dan dikreasikan adalah botol plastik

Bagi kalian yang ingin mengolah plastik menjadi lebih mudah, kalian bisa menggunakan mesin pengolah limbah plastik agar pekerjaan kalian menjadi lebih cepat dan efisien

Itulah ulasan tentang limbah rumah tangga adalah. semoga anda bisa mengurangi penggunaan sampah plastik yang bertebaran di rumah anda dan jadilah pelopor penyelamat bumi. Semoga sukses!