Kerajinan Limbah Plastik Sederhana dengan Sepuluh Bungkus Kopi

Barang bekas bisa dimanfaatkan untuk daur ulang dan kerajinan limbah plastik sederhana diolah menjadi barang-barang yang berguna.Kita bisa menggunakan barang-barang bekas tersebut,untuk mengurangi sampah plastik demi menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar kita.

Selain itu, daur ulang tersebut juga menjadikan karya yang bernilai dan mampu menghasilkan uang ditangan orang-orang yang kreatif.Yah, banyak sekali orang menikmati waktu senggang maupun sibuknya meluangkan waktu untuk menikmati secangkir kopi hitam, entah itu kopi hasil dari panennya dari perkebunan sendiri atau dari membeli diwarung kopi (Warkop) terdekat. Lalu tak sedikit sampah bungkus kopi sachet yang terbuang sia-sia begitu saja tanpa ada yang berfikir bahwa sampah itu bisa menjadi sesuatu kerajinan tangan yang menarik dan bermanfaat.

Nah pada artikel kali ini akan membahas mengenai daur ulang sampah dari bungkus kemasan kopi sachetan.jika dilihat dari sudut pandang kecil sampah memanglah suatu barang yang tak bernilai apapun. sampah bungkus kopi sachet  misalnya,jika kita pandang sebelah mata maka,tidak bernilai.Tapi jika kita bisa berkreasi sampah tersebut bisa menjadi brang yang benilai jual tinggi.Namun belum banyak dari kita yang menyadari hal itu.

Namun bagi orang yang memahami dan cinta terhadap lingkungan sekitar dan peduli alam, sampah ini akan menjadi sesuatu barang atau kerajinan tangan yang bermanfaat dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya.Dipikir-pikir dengan mereka mendaur ulang bisa mengurangi volume sampah plus menanamkan program Go Green dimulai dari pribadi kita masing-masing.Serta dengan mendaur ulang plastik bisa menambah penghasilan dengan menjadikannya pekerjaan sampingan disaat ada hari libur ataupun waktu luang.Dari pada merasa suntuk mending berkreasi dengan barang bekas.

Bahan Dasar Cara membuat Tas

 

Selain bungkus kopi yang menjadi bahan utama, tentu kita juga membutuhkan beberapa bahan dan alat-alat pendukung lainnya untuk merubah bungkus kopi menjadi tas plastik.Nah langsung saja kita siapkan bahan & alat-alatnya terlebih dahulu.

Alat dan bahan:

1.Bungkus Kopi sachet sebanyak mungkin.

2.Jarum.

3.Gunting.

4.Penggaris.

5.Furing (kain polos).

6.Benang Jahit.

7.Resleting/kancing baju.

Langkah-langkah Membuat Tas

1.Langkah awal yang kita lakukan adalah dengan membersihkan semua bungkus kemasan kopi Sachet dari sisa gula maupun sisa bubuk kopi yang masih menempel pada kemasan.Membersihkannya disarankan menggunakan air mengalir agar sisa-sisa gula dan sisa-sisa bubuk kopi hilang dengan sempurna.dikarenakan jika ingin dapat karya yang maksimal(bagus),usaha yang dilakukanpun harus semaksimal mungkin.

( Jika langkah awal ini terlalu sulit bagi kalian,kalian bisa melakukan  inisiatif anda dengan cara melakukan dari langkah kedua terlebih dahulu atau sesuai dengan kreatifitas kalian dalam membersihkan bungkus kopi sisa-sisa kopi dari sisa-sisa kopi yang menempel)

Lalu Gunting Pada bagian bawah & bagian atasnya sehingga kedua sisi terbuka.

2. Selesai membersihkan bungkus kopi sachet,Lalu gunting bagian atas dan bawah pada kemasan bungkus kopi sachet yang telah kalian bersihkan hingga kedua sisi terbuka.Lalu gunting lagi bungkus kopi yang telah terbelah.

3.Nah pada langkah ini harus teliti ya karena,melipat bungkus kopi tidak semudah melupakan sang mantan.Hehehe canda mantan,langsung saja kalian Mulai melipat bungkus kopi yang telah digunting tadi, satu demi satu Bisa dengan melipat hingga terlihat bagian dalam bungkus kopi yang berwarna perak diluar ataupun Bisa juga dengan membiarkan sampul bungkus terlihat jelas,tapi alangkah baiknya warna peraknya terlihat diluar ya gaes.tergantung selera kalian masing-masing ya.

4. Next langkah keempat Kita lanjut dengan melipat salah satu ujung sisi bungkus ukuran 1 cm ke dalam. Jadi bungkus kopi sachet yang tadinya awalnya 10 bungkus menjadi 20 bungkus.

5. Tahap selanjutnya mulailah menganyam bungkus kopi satu persatu hingga menjadi anyaman mirip dengan bentuk ketupat.Pada tahap ini kalian harus  diteliti ya teman teman.Karena jika tidak kalian teliti maka pada tahap selanjutnya kalian akan kesulitan saat menggabungkan anyaman.

(Jika hasil anyaman kalian tidak juga mirip dengan ketupat coba lagi untuk mengulangi tahap ini dengan betul-betul teliti sampai akhirnya menghasilkan bentuk anyaman seperti ketupat)

6. Singkat saja,next tahap keenam, setelah sekian banyak bahan ayaman bungkus kopi yang telah dikumpulkan, maka langkah selanjutnya menggabungkan hasil anyaman menjadi bentuk tas.yang bagus agar bernilai seni.Hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi jika kalian teliti maka akan menghasilkan hasil yang bagus.

7. Perlu diperhatikan untuk membuat anyaman dengan sudut vertikal kebagian atas agar bisa dibuat jadi anyaman mengarah atas. Langkah ini wajib dilakukan jika tidak kalian lakukan,anyaman hanya berbentuk datar saja dan hasil tas juga tidak akan bagus

8. Ketika anyaman yang kalian buat sudah cukup dengan panjang dan lebarnya seperti  ukuran tas yang kalian inginkan, maka langkah tetelah itu ialah untuk menyudahi membuat anyaman.

9. Next,kita lapisi bagian dalamnya dengan kain polos atau disebut juga furing,yang telah kita sediakan diawal tadi, karena tas yang terbuat dari bahan bungkus kopi saja tidak begitu kuat dalam untuk mengangkat beban yang berat.kan sia-sia saja nantinya jika kita sudah capek-capek membuaht tas eh malah tasnya saat dipakai untuk membawa barang yang berat menjadi rusak kan percuma saja.Jadi harus ya gaes menggunakan lapisan kain ini digunakan agar tas yang kita buat ini bisa digunakan untuk membawa barang yang berat.

10 Kemudian buatlah tali atau bisa dengan menggunakan tali gak berguna yang sudah tak memiliki bodi.mungkin tali-tali tas yang sudah tidak terpakai juga boleh ya tergantung selera masing-masing,jadi tidak harus tali tas yang sudah tidak memiliki body.Selesai kalian memndaptkan tali tasnya kalian langsung menjahit menggunakan jarum dan benang jahit.

11. Nah!pada langkah terakhir ini. Jangan lupa untuk memberi tutup pada tas, sesuai selera sih, tapi kali ini kita akan menggunakan resleting saja agar terlihat simpel dan praktis.Selain itu kita mendapatkan bahannya juga tidak sulit,resletingnya bisa kita beli di toko alat jahit ya

Ternyata selain bisa membuat tas dari dari anyaman bungkus kopi sachet, juga bisa berkreasi membuat karya lain dari bungkus kopi sachet lainnya seperti membuat dompet dan lain lain.Nah! kalo kesulitan mencari bungkus kopinya,kalian bisa mencari di warkop,atau mengumpulkan bungkus kopi setiap kali kalian membeli kopi.

Sekian dulu tentang cara membuat tas dari bungkus kopi pada artikel kali ini,gimana gaes?? cukup mudah bukan? Gapapa juga kalau kita pengen nyoba.untuk membuatnya dirumah dari pada membmbakar sampah bungkus kopi atau menumpuk begitu saja dirumah.Selamat mencoba ya gaes,semoga hasinlnya bagus.

Atau kamu bingung setelah membuatnya tas yang dihasilkan akan dikemanakan karena tidak mungkin juga kita menyimpan tas banyak-banyak dirumah. tasnya kan bisa kalian jual secara online di medses sekian terimakasih.