Jenis-jenis Pakan Ayam Pedaging yang Bergizi Tinggi

jenis pakan ayam pedaging

Hai teman-teman pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar jenis pakan ayam pedaging. Oiya kalian juga bisa baca mengenai pakan ayam pedaging agar dapat mengatahui lebih lanjut.

Jenis Pakan Ayam Pedaging

jenis pakan ayam pedaging

 

1. Pollard

Pollar merupakan pakan yang dibuat dari pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Pakan gandum ini biasa disebut dadak. Pakan jenis ini memiliki kandungan tinggi yang baik untuk pertumbuhan ayam, seperti lemak 4%, protein 15%, dan serat 9%.

Kandungan energi metabolik yang tinggi sekitar 1700 kkal / kg dapat menyebabkan diare pada ayam. Oleh karena itu batasi suplai pakan ini untuk ayam antara pagi, siang dan sore hari sebelum matahari terbenam.

2. Dedak Padi

Bekatul merupakan hasil pengolahan beras menjadi beras. Pakan ini biasanya disebut dengan nama dedak yang populer. Kandungan asam amino dan sumber energi yang cukup tinggi pada pakan ini.

Selain itu kandungan lemak pada bekatul ini bisa menyebabkan penggumpalan, sehingga berefek menimbulkan bau anyir.

Untuk jenis pakan ini, alangkah baiknya juga membatasi konsumsi ayam, karena kandungan serat sekitar 12% sangat sulit untuk dicerna ayam.

3. Jagung

Kandungan nutrisi dan karbohidrat yang tinggi pada jagung membuat para breeder atau peternak memilih makanan ini sebagai makanan utama.

Ada beberapa jenis jagung yang bisa dijadikan pakan ayam yaitu jagung kuning, jagung putih, dan jagung merah. Nah, dari ketiga biji tersebut, jagung kuning adalah yang terbaik.

Mengingat kandungan nutrisinya yang tinggi dan banyaknya pro vitamin yang terkandung di dalam jagung, hal ini sangat baik dan mudah dicerna.

4. Tepung Tulang

Tepung tulang ini bisa kita dapatkan dari rumah pemotongan ayam atau hewan sejenis. Caranya sendiri cukup sederhana: pertama rebus tulangnya, lalu keringkan dan giling hingga benar-benar halus.

Kandungan kalsium dan fosfor sangat baik untuk pembentukan persendian dan tulang ayam.

5. Singkong

Kadar antinutrien glukosida sianogenik tidak terlalu baik untuk ayam. Bagi anda yang ingin menggunakan pakan singkong ini, alangkah baiknya jika singkong tersebut dijemur terlebih dahulu untuk menghilangkan zat tersebut.

6. Sorgum

Mendapatkan makanan sorgun sangatlah sulit dan kita bisa mendapatkannya di daerah tertentu. Nama yang berbeda untuk sorgum ini juga berbeda untuk tiap daerah, ada yang menyebutnya Batar Tojeng, Cantrik dan Centel.

7. Minyak atau Lemak

Selanjutnya yaitu minyak atau lemak ini biasanya dicampur dengan pakan lain seperti dedak atau lainnya. Minyak ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pakan, meningkatkan warna dan rasa, serta mengurangi debu pakan.

8. Kedelai

Kedelai ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, meskipun kita perlu mengatur pakannya dan jangan sampai berlebihan.

9. Kelapa

Bungkil kelapa ini merupakan sisa dari olahan minyak kelapa. Untuk mendapatkan bungkil kelapa ini biasanya daging buah kelapa dikeringkan terlebih dahulu, kemudian diambil minyak kelapa untuk menjaga kuenya tetap pada tempatnya.

10. Tepung Ikan

Tepung ikan ini terbuat dari olahan ikan yang dikeringkan lalu digiling halus menjadi tepung. Sisa ikan atau ikan yang tidak layak konsumsi manusia dapat diolah menjadi pakan ayam.

11. Tepung Bulu Unggas

Tepung bulu diolah dari bulu ayam yang tidak layak konsumsi manusia, kemudian dimasak dengan suhu yang cukup tinggi, kemudian ditiriskan, dikeringkan dan terakhir digiling menjadi tepung.

12. Keong Mas

Kandungan yang terdapat pada keong mas atau keong mas ini mengandung protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 52%.

Cara membuat pakan ayam dari keong mas atau keong mas adalah: masak dulu bekicot dengan mencampurkan garam secukupnya untuk menghilangkan kotoran dan lendir.

Kemudian tiriskan dan keringkan di bawah sinar matahari sampai kering. Telakhhir digiling hingga menjadi seperti tepung.

13. Tepung Daun Lamtoro

Cara membuat pakan ayam dari olahan daun lemtoro adalah dengan mengeringkan daunnya terlebih dahulu lalu menggilingnya hingga halus.

14. Grit

Pakan pasir ini terdiri dari campuran bahan seperti kerang, jeruk nipis, mika, batu sungai kecil dan lain sebagainya. Kedengarannya memang tidak seperti makanan pada umumnya, namun manfaatnya sangat baik untuk pertumbuhan ayam.

15. Pelet

Pellet ini merupakan pakan yang sangat populer untuk ayam. Selain itu pakan ini lebih efisien dan efisien dari pada pakan tepung yang sangat boros.

Manfaat Konsumsi Ayam Pedaging

manfaat konsumsi daging ayam pedaging

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pertama mengkonsumsi ayam broiler adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan nutrisi pada daging ayam bermanfaat dalam membuat antibodi tubuh lebih stabil sehingga tubuh dapat melawan berbagai jenis penyakit yang sedang menyerang.

Selain itu, ayam yang digunakan dalam makanan sup bersama dengan lalapan bisa digunakan untuk meredakan masuk angin.

2. Terhindar dari Anemia

Jangan meremehkan anemia. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kualitas hidup orang yang terkena dampak menurun dengan membuat mereka merasa lemah, lemah, lesu, dll.

Pada ibu hamil, anemia yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan janin menjadi pendek dan bisu akibat kekurangan sel darah merah.

Dapat digunakan untuk mencegah anemia karena daging ayam tidak hanya tinggi lemak dan protein, tetapi juga mengandung zat besi yang berguna sebagai pembangun sel darah merah.

Sekian penjelasan mengenai jenis pakan ayam pedaging yang bergizi tinggi. Bagi peternak lele jangan lupa kunjungi cara ternak ikan lele juga yuk.