Categories
Uncategorized

Jenis Jenis Plastik Kemasan Dan Bahayanya

Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang jenis jenis plastik kemasan. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat ilmu. betapa banyaknya jenis jenis plastik dan bahaya.

Sejarah Plastik

Plastik merupakan senyawa organik yang sangat mudah dibentuk, memiliki rantai yang sangat panjang karena dibentuk oleh polimerisasi bahan organik dan memiliki berat molekul sangat tinggi. Plastik terdiri dari karbon, hidrogen, dan atom lainnya, yang terhubung dalam rantai molekul panjang yang disebut polimer.

Jika Anda sudah tahu bagaimana proses pembuatan plastik maka Anda akan lebih jauh lagi mengenal tentang plastik. Anda bisa langsung mengetahuinya tentang cara mengatasi sampah plastik anda bisa mendaur ulang sampah plastik akan menjadi lebih kreatifitas agar anda dapat semakin kreatif dan juga produktif.

Jenis Jenis Plastik Kemasan :
1. Kode dari PETE atau PET (polyethylene terephthalate)

Fungsi : Biasa dipakai untuk botol plastik tembus pandang (botol air mineral, botol minuman, botol jus,botol minyak goreng, botol kecap/sambal, botol obat, dan botol kosmetik )

Hanya untuk sekali pakai. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

2. Kode dari HDPE (high density polyethylene)

Sifat bahan yang sangat kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Fungsi : botol kosmestik, botol obat, botol minuman, botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, air minum galon, kursi lipat, dan jerigen besar, pelumas, dan lain-lain.

Hanya untuk sekali pakai. Bahan HDPE bila ditekan tidak kembali ke bentuk semula, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

3. Kode dari PVC (polyvinyl chloride)

Digunakan sebagai plastik pembungkus (cling wrap), untuk mainan, selang, pipa bangunan, taplak mejaplastik, botol kecap, botol sambal dan botol sampo. Paling sulit didaur ulang.

PVC berdampak berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

4. Kode dari LDPE (low density polyethylene)

Plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi)

Fungsi: Untuk tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, tutup plastik, kantong / tas kresek dan plastik tipis lainnya.

5. Kode dari PP (polypropylene)

Pilihan bahan plastik terbaik. Sifat transparan, keruh, elastis (ditekan akan kembali ke bentuk semula).

Fungsi: Untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, tutup botol, cup plastik, mainan anak, botol minum untuk bayi dan dewasa.

6. Kode dari PS (polystyrene)

Fungsi : Sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai seperti sendok, garpu gelas, dll.

Bahan ini sulit didaur ulang. Tempat makan sterofoam dilarang di China dan beberapa negara bagian Amerika. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrene berbahaya untuk otak dan sistem syaraf.

7. Kode dari Other (biasanya polycarbonate)

Ada 4 jenis : SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene), PC (polycarbonate), dan Nylon.

Fungsi: Sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman (mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi),sikat gigi, mainan lego, pipa. Polycarbonate dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.

Kalian bisa lihat di artikel cara membuat tali rafia, Mudah dan Inovatif. Jika anda belum bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pengolah limbah plastik dan hasil pengolahannya biasanya juga dibuat kerajinan.

Itulah ulasan tentang jenis jenis plastik kemasan. semoga anda mendapatkat pengetahuan tentang penjelasan dari jenis jenis plastik kemasan dan bahayanya dan bisa mengurangi penggunaan plastik. Sekian dan Terimakasih!