Categories
Uncategorized

Proses Dalam Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Biji Plastik Daur Ulang

Salam sehat untuk kita semua semoga terkabar sehat dimanapun kalian berada. Pada artikel ini kita akan membahas daur ulang sampah plastik.

Penggunaan plastik di kehidupan sehari hari banyak sekali kita jumpai.Seperti tempat membawa belanjaan, bungkus makanan, botol minuman dan banyak contoh lainnya.

Tapi kalian pernah berfikir tidak?. Setelah kalian menggunakkan plastik tersebut kemana perginya plastik tersebut.

Nah kebanyakan dari kita mestinya membuang begitu saja sampah plastik yang sudah dipakai tanpa memikirkan dampak negatif yang dihasilkan oleh sampah tersebut.

Jika kita membuang sampah sembarangan semisal kita buang sampah disungai, dilaut, dibelakang rumah, dll. Nah jika setiap hari kita lakukan itu maka tidak baik untuk lingkungan.

Maka dari itu pada zaman sekarang ini banyak orang yang menyuarakan agar mengurangi penggunaan sampah plastik dikehidupan sehari-hari. Dengan cara daur ulang sampah plastik

Dengan menekan penggunaan sampah plastik pada kehidupan sehari-hari kita dengan cara belanja menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain.

Artinya tas tersebut bisa dipakai berulang kali. Tidak seperti plastik yang hanya sekali pakai.

Nah selain cara diatas dengan cara mendaur ulang sampah plastik juga bisa menjadi solusi, untuk mengurangi jumlah produksi plastik di bumi kita tercinta ini.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara daur ulang sampah plastik. agar kalian bisa melakukannya untuk mengurangi sampah plastik yang sudah banyak mencemari lingkungan kita.

Sudah banyak alternatif yang bisa dilakukan pada masa jaman sekarang ini untuk mendaur ulang sampah plastik.

Hal seperti ini bertujuan supaya sampah plastik sudah  tidak menjadi limbah berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup yang berada di lingkungan tersebut.

Langkah-langkah untuk Daur ulang sampah plastik ialah langkah yang harus kompleks dikarenakan hampir semua bahan plastik bisa dijadikan produk daur ulang dan diproduksi lagi.

Lalu akan menjadi produk plastik baru kembali. Proses daur ulang plastik Sebatas hanya bisa dilakukan di pabrik perindustrian, tapi juga bisa dilakukan dlam kehidupan rumah tangga.

Berikut adalah tahap-tahap dalam mendaur ulang sampah plastik.

Tahap Daur Ulang Industri Plastik

pengolahan daur ulang sampah plastik menjadikan salah satu sirkulasi ekonomi yang melibatkan banyak orang. Dimulai dengan prosesnya yang cukup panjang saat menjalaninya.

Hal tersebut dilakukan agar bisa mengolah sampah plastik menjadi material plastik baru yang berkualitas.

Penyortiran

Langkah awal yang kita lakukan adalah memisahkan sampah plastik berdasarkan warna dan jenisnya. Pada umumnya harga jual plastik cacahan bening lebih tinggi harga jualnya dibanding dengan yang warna.

Pada proses penyortiran juga harus memisahkan berdasarkan jenisnya, semisal botol kemasan air mineral dipisah bagian botol plastik, bagian label, dan terakhir bagian tutupnya.

Pencacahan

Pada proses pencacahan ini bertujuan agar memotong-motong plastik menjadi ukuran-ukuran yang kecil,berukuran 2,5 – 3 cm di pabrik biji plastik.

Ukurannya ditetapkan atau tidak sembarang potong dan tidak tercampur dengan kontaminan tidak diinginkan.

Pencucian

Supaya menghasilkan plastik-plastik daur ulang yang berkualitas tinggi, plastik-plastik yang didaur ulang wajib dipisah dari kontaminan. Dikarenakan demikian itu, plastik dicuci dan dibilas bersih

agar bersih dari kontaminan lemak, minyak, cat, lem, tinta, dan banyak kontaminan yang lain. Pada proses ini, pencucian plastik juga bisa dibantu dengan menggunakan deterjen ataupun pembersih yang lain.

Pada tahap ini kalian harus benar-benar teliti saat membersihkannya/mencucinya. jika kalian mencucinya asal-asalan saja maka hasilnya pun tidak akan bersih.

Pengeringan

Setelah kalian mencuci bersih plastik tadi langkah selanjutnya adalah langkah pengeringan. Pengeringan yang dimaksud adalah dengan cara mencemur platik yang sudah dicuci bersih tadi.

Pengeringan dengan cara penjemuran dilakukan supaya proses air yang terkadung dalam plastik setelah dicuci agar cepat kering.

Menjemur plastik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan lantai semen sebagai media untuk melakukan penjemuran. atau bisa juga menggunakan terpal di permukaan tanah yang datar.

Pengepakan

Sampah plastik yang cacah yang sudah dicuci dan dikeringkan selanjutnya akan dipindahkan ke dalam sebuah wadah atau tempat.

Alat yang sering digunakan untuk mengemas adalah karung. setelah kalian masukkan dalam wadah atau karung kalian tinggal menuliskan pada karung jenis sampahnya diluar karung.

Nah tahapan ataupun cara diatas adaalah cara daur ulang dalm perindustrian. Jika daur ulang sampah plastik di rumah tentu beda lagi.

Tujuannya sama, sama-sama mendaur ulang sampah plastik namun caranya saja yang berbeda karena ini dirumah tangga.

Berikut adalah berbagai cara daur ulang di rumah tangga.

Mengirimkan sampah ke bank sampah

Bagi  anda yang sudah tidak ingin memakai kemasan bekas untuk dipakai kembali, jangan langsung dibuang begitu saja.

Walaupun sudah dipisah berdasarkan jenis sampahnya menjadi dua yaitu, sampah organik dan anorganik.

masih saja sering terjadi penggabungan kembali. Seringnya terjadi hal tersebut pada saat di tempat pembuangan akhir.

Jadi, bagi anda yang sudah biasa memisahkan jenis sampah organik dan anorganik, kalian bisa mengirimkan sampah plastik ke bank sampah.

Dipakai kembali menjadi pot bunga

Pot bunga sering sekali dibutuhkan, apalgi terutama ibu ibu rumah tangga yang hobi menanam bunga tentu saja sangat membutuhkan pot bunga.

Pot bunga berfungsi sebagai media tanam atau alat untuk tempat tanam dari bunga tersebut. Jika kita membeli pot bunga tentu saja harus mengeluarkan uang.

Nah jika tidak mau mengeluarkan uang tapi tetap bisa menanam bunga dari sampah botol plastik mungkin bisa membantu. Selain menghemat keuangan rumah tangga.

Dengan memanfaatkan sampah botol plastik kita bisa mengurangi populasi sampah plastik yang semakin hari semakin meningkat.

Bibit tanaman bisa tumbuh di dalam Botol plastik bekas minuman. Jangan lupa memberi lubang dibagian bawah botol plastik agar keadaan air didalam pot tercukupi.

Supaya tanaman yang kita tanam tidak layu ataupun mati. Nah untuk ukuran botol plastik kita Pilih botol plastik yang ukurannya cukup besar.

Supaya memberikan media tanam bagi tanaman agar akar dari tanaman tersebut tumbuh dengan semestinya. Jangan lupa untuk menambahkan pupuk kompos dan menyiramnnya setiap pagi.

Menganyam plastik menjadi tas belanja

Plastik yang sudah kalian pakai masih bisa untuk berbelanja, kok. Tapi dengan cara yang berbeda yaitu dengan cara menganyam plastik-plastik tersebut menjadi sebuah tas belanja.

sampah plastik tersebut bisa dikreasikan agar kalian bisa  menggunakannya untuk membawa belanjaan dengan penampilan yang menarik.

Sampah dari plastik kemasan bisa dijadika sebuah karya berbentuk anyaman sebuah tas belanja. Bahkan pada saat ini sudah banyak sekali  designer lokal yang sengaja membuat produk daur ulang.

Mulai dari tas hingga baju mereka kreasikan menjadi barang yang bernilai jual tinggi

Saat ini, telah banyak alternatif yang bisa kita dilakukan untuk melakukan daur ulang sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar kita.

Demikian artikel tentang daur ulang sampah plastik semoga kalian bisa terinspirasi untuk mendaur ulang sampah plastik yang ada disekitar kalian.

Jadi, tetaplah konsisten keelola sampah yang ada disekitarmu sesuai jenisnya supaya tidak menyebabkan bahaya bagi alam lingkungan sekitar, ya!