Cara Merebus Daging Sapi Biar Empuk

cara merebus daging sapi biar empuk

Pada kesempatan artikel saya kali ini, saya akan membagikan tips cara merebus daging sapi biar empuk. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Cara Merebus Daging Sapi Biar Empuk

cara merebus daging sapi biar empuk

1. Teknik Merebus Daging 5-30-7

Teknik merebus daging ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Caranya iris lebih dahulu daging mengikuti serat hal ini bertujuan agar daging lebih cepat empuk saat di rebus.

Siapkan panci dan didihkan air, lalu masukkan daging, garam dan daun jeruk, tunggu selama 5 menit dihitung saat mulai air mendidih, jika api besar air sudah mendidih kecilkan apinya saja, biar busa tidak sampai tumpah keluar panci.

Setelah 5 menit merebus, kemudian matikan api biarkan daging 30 menit dalam keadaan panci yang tertutup rapat.

Setelah 30 menit didiamkan nyalakan kembali api, api besar dan setelah air mendidih mulai hitung selama 7 menit, setelah 7 menit merebus matikan api kompor dan daging sudah siap untuk di olah sesuai selera kalian.

2. Jika Daging Ingin Di Masak Jangan Di Cuci

Masih ada banyak keraguan terkait pro dan kontra mencuci daging. Beberapa orang ada yang masih mencuci daging mentah yang akan dimasaknya dengan tujuan memastikan daging itu akan bersih dan higienis jika di cuci.

Tetapi, menurut Food Safety and Inspection Service U.S Department of Agriculture, mencuci daging yang masih mentah sangat tidak direkomendasikan bahkan dilarang untuk melakukannya.

Hal itu disebabkan karena adanya bakteri pada daging yang masih mentah dan bakteri dapat menyebar ke permukaan lain seperti makanan, alat masak, permukaan meja hingga baju jika terkena cipratan air dari pencucian daging tersebut.

Namun untuk daging pada saat hari Idul Adha, kepada detikfood, chef Degan Septoadji dan chef Stefu Santoso tetap merekomendasikan untuk mencucinya.

Karena dalam proses menyembelih hingga pendistribusian daging kurban, belum tentu semua daging tersebut bersih dan higienis. Jadi sangat disarankan untuk mencuci daging kurban terlebih dahulu sebelum di masak, dicuci di bawah air yang mengalir.

3. Gunakanlah Api Kecil Saat Merebus

Tips cara merebus daging biar cepat empuk selanjutnya adalah soal besaran pada api kompor saat merebus. Mengatur besar kecilnya api saat akan merebus daging ternyata juga sangat penting untuk diperhatikan, lho.

Penggunaan api yang besar saat proses perebusan daging memang dapat mengempukkan daging tetapi juga dapat merusak tekstur pada daging itu sendiri.

Pada saat awal kita mendidihkan air dan memasukkan daging ke dalam panci menggunakan api yang berukuran sedang masih dibolehkan. Ketika kalian melihat daging sudah mulai berubah warnasegeralah untuk mengecilkan api kompor agar bagian dalam pada daging bisa empuk secara merata.

Sebenarbya, jika kita merebus daging dengan cara ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Daging hanya cukup direbus saja sekitar 30 hingga 40 menit dan jangan merebusnya terlalu lunak.

Jika kita merebus daging terlalu lunak akan merusak tekstur alami dalam daging dan membuatnya mudah hancur saat sudah dimasak dengan bumbu.

4. Merebus Selama 17 Menit

Selain menggunakan teknik merebus daging 5-30-7, ternyata ada juga cara merebus daging sapi selama 17 menit, lho yang juga banyak digunakan oleh masyarakat.

Caranya sebagai berikut ini. Sebelum kalian merebus daging yang harus disiapkan yaitu memotong dengan cara berlawanan arah serat daging agar tekstur hasilnya tidak alot.

Pada tahap awal kalian rebus daging dalam air yang mendidih selama 7 menit. Setelah 7 menit merebus kemudian tutup rapat panci dan biarkan daging selama 5 menit dengan mematikan api kompor.

Jika daging sudah didiamkan api bisa kembali dinyalakan.Pada tahap selanjutnya rebus lagi daging selama 5 menit. Lalu, kembali tutup rapat panci dan biarkan rebusan daging selama 5 menit lagi.

Pada tahap terakhir ini baru rebus kembali daging tadi selama 5 menit dan cek tekstur daging di akhir tahap perebusan.

Baca Juga : Tips Mengonsumsi Bawang Putih

Demikian artikel yang saya buat kali ini, jika ada kesalahan penulisan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.