Cara Merawat Ikan Gurame Agar Memperoleh Hasil Panen Maksimal

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan gurame yaitu bagaimana cara merawat ikan gurame. Dikarenakan bagaimana cara merawat ikan gurame lah yang berpengaruh pada hasil panen nantinya.

Cara budidaya ikan gurame akhir-akhir ini memang sedang dicari-cari. Dikarenakan budidaya ikan gurame bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memulai usaha. Permintaan terhadap ikan air tawar hampir tak pernah surut. Karena memang kebutuhan ikan air tawar adalah untuk konsumsi harian, sehingga selalu laris di pasaran. Yuk kita simak bagaimana cara merawat ikan gurame yang baik dan benar.

Cara Merawat Ikan Gurame

cara merawat ikan gurame

Untuk Ikan Gurame Dewasa

1. Perairan yang tenang untuk ikan gurame
Ketika anda ingin merawat ikan gurame, maka ada baiknya jika anda memperhatikan kesiapan untuk memberikan tempat tinggal bagi ikan ini, memang tidak ribet namun hal ini penting untuk diperhatikan. Saat ini jika anda memang ingin membudidayakan ikan ini, ada baiknya jika anda mencari terlebih dahulu air yang tenang untuk ikan yang satu ini, sehingga ikan gurame yang anda budidayakan akan nyaman tinggal.

2. Suhu perairan yang tepat untuk ikan gurame
Sebagai salah satu jenis ikan air tawar, memang beberapa diantaranya akan membutuhkan suhu kolam yang cukup memadai untuk membuatnya nyaman, apalagi ketika anda siap untuk memberikan kolam sebagai tempat tinggalnya. Untuk saat ini ikan gurame memang mampu untuk tinggal pada suhu kolam antara 24-28 derajat celcius, jangan sampai anda memberikan suhu kolam dibawah suhu tersebut.

3. Perhatikan asupan protein pada ikan ini
Ikan gurame memang termasuk sebagai salah satu ikan yang gagah, bahkan mampu untuk hidup dengan usia yang cukup lama, sehingga menguntungkan anda ketika melakukan budidaya jenis ikan yang satu ini. Jika anda memang ingin membudidayakan ikan ini, maka ada baiknya jika anda memperhatikan terlebih dahulu asupan pada protein ikan ini, karena ikannya tidak hidup dialam bebas maka anda harus merawat.

4. Ikan ini juga membutuhkan oksigen yang cukup
Sebagian orang memang sering melakukan kesalahan, apalagi ketika memang berniat untuk melakukan budidaya ikan gurame, teruntuk pada lokasi yang dijadikan sebagai kolamnya. Untuk saat ini jika anda memang ingin membudidayakannya, cobalah untuk memperhatikan hal ini yang memang memberikan ikan anda suatu kehidupan yang tepat, dimana dengan memberikan oksigen yang cukup pada kolamnya.

Untuk Anak Ikan Gurame

1. Pindahkan telur dalam sebuah wadah
Ketika anda memang sedang membudidayakan ikan ini, pastinya anda akan ada pada waktu dimana ikan yang anda budidayakan memiliki anak, atau memiliki telur yang berhasil dikeluarkan dari hasil pemijahan. Tentunya anda tidak ingin mengalami kegagalan ketika telurnya sudah dikeluarkan, salah satu cara untuk memastikan bahwa anda tidak akan gagal, adalah dnegan memasukannya ke dalam wadah khusus.

2. Cobalah untuk memisahkan telur dari sarangnya
Ketika anda sudah memasukannya ke dalam sebuah wadah, maka cara selanjutnya yang bisa anda lakukan memang cukup mudah, dimana anda bisa memisahkan telur dari sarangnya. Perlu untuk anda ketahui bahwa telur yang anda pisahkan dengan sarangnya ini, bisa membantu untuk mempercepat proses pertumbuhan pada ikan, sehingga nantinya ikan yang anda miliki akan memberikan keuntungan lagi.

3. Masukan kembali pada air yang lebih bersih
Pemisahan telur dengan sarangnya memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dimana jangan sampai telur yang anda pegang tersebut pecah ketika anda memisahkannya. Untuk proses selanjutnya ketika anda selesai pada proses pemisahan, cobalah untuk melakukan pemindahan untuk telur yang berhasil dipindahkan, anda bisa mencoba untuk menaruhnya kembali pada wadah dengan air yang bersih.

4. Berikan cairan suplemen
Setelah anda membersihkan telur dari sarangnya, meskipun dengan proses yang cukup lama karena penuh dengan perhatian yang tepat. Maka setelah memindahkannya ke dalam air yang jauh lebih bersih, maka anda bisa mencoba untuk memberikan suplemen pada wadah yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Sehingga nantinya ikan yang anda miliki, bibitnya bisa selalu terjaga dengan baik lagi.

5. Telur dimasukkan ke dalam air yang ber-oksigen dan bersuhu hangat
Karena wadah yang sudah anda siapkan telah diberikan suplemen, maka langkah yang selanjutnya adala dengan memasukan sebuah oksigen pada wadah yang disiapkan. Suplemen memang mampu untuk membantu agar ikan terhindar dari larva yang bisa saja tumbuh, maka dengan memberikan oksigen dan penghangat, mampu untuk meningkatkan kemungkinan hidup pada bibit yang sudah anda siapkan itu.

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat ikan gurame dengan baik dan benar, alangkah baiknya teman-teman langsung mengaplikasikannya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.