Categories
Uncategorized

Cara Menanggulangi Sampah Plastik Agar Tidak Semakin Mencemari Lingkungan

Cara menanggulangi sampah plastik. Nah kalimat pertama pada awal paragraf ini yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Kalian tentunya sudah paham dampak negatif yang dihasilkan oleh plastik.

Pengertian dampak negatif sendiri adalah dampak buruk bagi lingkungan yang dihasilkan oleh plastik. Jika kita biarkan terus-menerus maka akan terjadi hal yang sangat buruk bagi lingkungan sekitar kita.

Nah, untuk mencegah terjadinya dampak negatif atau hal yang tidak diinginkan dari plastik ini.maka, kita perlu cara menanggulangi sampah plastik.

Masyarakat yang  sangat sadar  akan dampak buruk yang dihasilkan oleh plastik. Mereka akan berpartisipasi dalam mengelola sampah.

mereka adalah salah satu dari ribuan orang di belahan masyarakat yang peduli akan lingkungan. Namun tak sedikit pula masyarakat yang belum sadar akan dampak negatif dari plastik.

Sayangnya, sampai saat ini masih kita lihat sampah yang bertebaran di mana-mana. Terutama pada sungai.

Tingginya jumlah sampah yang yang dihasilkan disetiap kota-kota besar di negara kita.terutama di ibukota sendiri menandakan bahwa masih banyak masyarakat yang harus dirubah pola pikirnya.

Agar tidak membuang sampah sembarangan lagi. Dan bisa menurunkan jumlah sampah plastik di negara kita ini. Supaya tidak terjadi peningkatan sampah plastik yang tidak wajar.

Meskipun hanya demikian, kita memulai perubahan dari hal-hal kecil terlebih dahulu dan mengajak masyarakat untuk berfikir sehat dan peduli lingkungan.

Berikut adalah beberapa cara menanggulangi sampah plastik yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik.

Pilah dan Buang Sampah pada Tempatnya

Pilah dan buang sampah pada tempatnya. Nah seringkali kita mengabaikan atau menyepelekan hal tersebut. Bahkan seringkali kita membuang sampah sembarangan.

Nah coba deh kalian buang sampah pada tempatnya. Buang sampah pada tempatnya itu indah lho teman. Apalagi kalau kita bisa memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

Manfaat dari hal tersebut sangat besar bagi pengurangan jumlah sampah disekitaran kita. Serta mengurangi pencemaran  yang disebabkan oleh sampah dan lingkungan terlihat bersih.

Sampah anorganik seperti botol plastik Bekas bisa kalian daur ulang kembali menjadi kerajinan-kerajinan tangan yang unik, menarik, dan bermanfaat.

Membuat pot bunga dari botol plastik misalnya. Jika kalian tidak begitu kreatif untuk daur ulang kalian bisa menukarkan sampah plastik di bank sampah disekitar kita.

Dari menukarkan sampah tersebut Kita mendapatkan tambahan uang. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Di era zaman yang sangat canggih dan modern ini, kebanyakan dari kita ingin sekali hal-hal yang instan. Mulai dari berbelanja dan menikmati makanan.

Nah salah satu cara untuk menanggulangi sampah plastik adalah dengan cara, membawa kantung belanja sendiri dari  bahan jahitan kait ataupun tas.

Dan membawa alat makan sendiri. Maksudnya adalah mengurangi penggunaan alat makan dari bahan plastik. Misalnya sendok dan garpu sekali pakai pada nasi kotak dan nasi bungkus.

Alangkah baiknya jika kita menggunakan piring dan  garpu seperti didapur. Untuk mencegah penggunaan alat makan sekali pakai.

Selain lebih higenis menggunakan alat makan sendiri bisa kita gunakan berulang-ulang kali. Kita bisa mencucinya setelah makan dan menggunakannya kembali.

Dengan demikian kita bisa mangurangi penggunaan sampah plastik di dalam kehidupan sehari-hari. Dan membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan kita.

bawa botol minum sendiri

Seperti halnya makan, minum pun kita lebih sering meminum air kemasan botol yang tersedia diwarung-warung. Mungkin alasan Kita karena lebih praktis.

Tapi kebanyakan dari kita setelah meminum air tersebut tidak membuang sampah botol pada tempatnya. Semisal saat kita berolahraga joging setelah kita istirahat meminum air.

Kebanyakan kita bunang saja sampah plastik tersebut secara sembarangan. Nah agar mengurangi hal tersebut terjadi lebih baik kita gunakan botol air minum sendiri.

Dengan cara demikian kamu bisa mengurangi penggunaan sampah botol plastik yang kian hari semakin meningkat.

daur ulang

Nah “daur ulang”. Sering sekali setiap kita mendengar ada kata sampah plastik kita juga mendengar kata daur ulang.

Iya daur ulang sampah plastik merupakan cara yang paling umum dikenal oleh masyarakat. Dengan cara demikian kita bisa menanggulangi sampah plastik disekitaran lingkngan kita.

Sebelum kita mendaur ulang sampah. Langkah pertama adalah pilah-pilah barang-barng bekas yang telah kalian gunakn yang berbahan plastik yang bisa kamu daur ulang entah itu dengan cara pakai ulang.

Ataupun dengan cara kita menyulap sampah tersebut menjadi barang-barang yang bernilai tinggi.

mengurangi penggunaan tisu basah

Cara penanggulangan sampah plastik yang berikutnya adalah dengan mengurangi penggunaan tisu basah. Anda pasti berfikir apakah tisu basah terbuat dari plastik juga??

Untuk kalian yang belum mengetahui hal tersebut. Saya akan jelaskan, tisu basah yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari terbuat dari bahan resin plastik.

Tisu basah ini berbeda dengan tisu kering. Tisu basah ini tidak bisa larut di dalam air. Akibat yang ditimbulkan oleh tisu ini sangat berdampak pada kehidupan makhluk hidup didalam air.

Lebih baik kita menggunakan lap kain dari pada menggunakan tisu basah ini. Memang praktis tapi dampak yang ditimbulkan sangatlah tidak baik.

Tidak sulit kok jika kalian ingin beralih dari tisu basah ini. kalian bisa menggunakan lap yang terbuat dari bahan kain seperti sapu tangan misalnya. Dan sapu tangan pun bisa digunakan berulang kali pakai.

Selain lebih ramah lingkungan tentu lebih hemat juga di kantong.

Mengganti bungkus makanan

Nah pada saat ini bungkus-bungkus jajanan pasar sangat berbeda dari jaman dulu. Jika dulu menggunakan daun pisang lain halnya dengan sekarang yang banyak menggunakan plastik.

Untuk kemasan yang ramah lingkungan lebih baik kita menggunakan kembali daun pisang sebagai bungkus/kemasan makanan pada saat ini.

Selain ramah lingkungan daun pisang pun gampang didapat umumnya di daerah pedesaan terutama. Banyak sekali tumbuh pisang-pisang didesa. Bagi kita yang biasanya berjualan di pasar tradisional.

Tentu saja bisa menggunakan daun pisang sebagai ganti dari plastik sebagai bungkus kemasan makanan yang kita jual.

Membatasi Penggunaan Plastik dalam Membungkus Paket

Pada masa sekarang ini pengiriman paket telah menjadi hal yang biasa bagi kita. Apalagi bagi kita yang sering jual beli secara online. Tentu saja kita sudah biasa mengirim atau menerima paket.

Penggunaan plastik yang berlebihan saat pembungkusan paket. Kita bisa mengganti dengan kardus ataupun karton sebagai pembungkus paket kita.

Jika takut tembus oleh air lapisilah paket anda menggunakan kardus dan karton yang tebal agar tak tembus air.

Jadi gimana nih?? apa kalian terinspirasi untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebagai cara menanggulangi sampah plastik. Mari kita jaga lingkungan kita dari pencemaran sampah plastik.

Didarat, dilaut, maupun diudara yang dihasilkan oleh sampah-sampah  plastik. Demikian artikel ini cara menanggulangi sampah plastik.