Cara Menanam Bawang Merah Pot Beserta Manfaat Bawang Merah

cara menanam bawang merah pot

Cara menanam bawang merah pot bisa dibilang salah satu cara yang mudah dalam menanam bawang merah.

Siapa yang tidak tahu, kalau bawang merah merupakan bahan makanan yang paling sering dipakai pada banyak makanan dan salah satu contoh masakannya adalah sayur sop.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam bawang merah pot dengan mudah dan apa saja sih manfaat dari bawang merah tersebut untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Menanam Bawang Merah Pot

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

  • Pot
  • Tanah subur
  • Bibit bawang merah

Kamu bisa mendapatkan bibit dari bawang merah di rumah.

Cara Menanam Bawang Merah Pot

  1. Sediakan tanah subur dan pot sebagai media tanam dari bawang merah yang ingin Anda tanam lalu tambahkan sedikit pupuk ke dalam tanah subur yang sudah Anda sediakan tersebut.
  2. Pilihlah bawang yang bagus sebagai bibit. Jangan gunakan bawang merah yang sudah ada bercak hitam pada bawang merah tersebut, karena itu bisa mengakibatkan penyakit.
  3. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Jika sudah tumbuh daun pada bawangnya, maka tidak usah dipotong.
  4. Taruhlah beberapa siung bawang merah yang sudah tua tadi ke dalam pot yang sudah anda siapkan. Cara Anda mengetahui bawang merah tersebut sudah tua atau belum yaitu, bawang merah yang sudah tua memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.
  5. Tanam bawang merah Anda pada tanah yang sudah Anda siapkan sebelumnya di kedalaman kurang lebih 5 hingga 7 cm ke dalam tanah, setelah itu timbun kembali dengan tanah. Bawangnya jangan ditekan ya.
  6. Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore. Hindarkan air menggenang dalam pot.
  7. Bawang merah biasanya bisa dipanen setelah 60 – 90 hari. Bawang merah yang sudah bisa dipanen memiliki tanda-tanda. Yaitu, sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering. Jika Anda menanamnya di pot, biasanya terdapat tunas bawang yang menjulang ke atas.
  8. Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya kamu jemur 1 – 2 minggu, agar kandungan airnya berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.

Bawang Merah Pot Untuk Kesehatan Tubuh

1. Memperlancar Sistem Pernapasan

Bawang merah merupakan salah satu obat yang dipercaya sebagai obat antiradang, bawang merah juga dipercaya dapat memperlancar sistem pernapasan. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan untuk mengonsumsi bawang merah.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalau kamu memiliki riwayat sakit jantung atau masalah pada jantung, cobalah konsumsi bawang merah. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu kerja jantung. Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler.

Ada lagi kandungan lain yang terdapat pada bawang merah yaitu, kandungan tiosulfinat yang mampu menurunkan resiko dari penyakit stroke.

3. Mencegah Kanker

Kandungan quercetin dan antosianin pada bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Nah, tak heran kalau bawang merah ini terkenal menjadi salah satu obat mujarab untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara.

4. Kadar Gula Darah Menurun

Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah, loh. Kalau kamu memiliki masalah dengan gula darah, kamu bisa coba selalu menambahkan bawang merah ke dalam menu makanan, ya.

5. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan selenium pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Memakan bawang merah mentah atau matang, maka sistem imun akan bekerja dan kamu akan terhindar dari infeksi penyakit.

Itulah penjelasan tentang cara menanam bawang merah pot dengan mudah di rumah anda serta apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.