Categories
Uncategorized

Cara Membuat Waffle Coklat Topping Ice Cream

Pada artikel ini saya akan membagikan resep cara membuat waffle coklat dengan topping ice cream. Nggak hanya cocok jadi topping, coklat juga pas dijadikan rasa utama dari waffle itu sendiri lho! Bayangkan legitnya coklat dalam setiap gigitan waffle-mu. Padukan dengan rasa manis dari buah-buahan, pasti rasanya bikin kamu jatuh cinta. Penasaran gimana cara buatnya? Tapi sebelumnya saya mau menjelaskan manfaat mengonsumsi coklat.

 

Manfaat Mengonsumsi Coklat

cara membuat waffle coklat - coklat

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi coklat

1.  Mengatur Kadar Kolesterol

coklat mengandung antioksidan polifenol dalam bentuk flavonoid, senyawa ini dipercaya dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, coklat juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Maka dari itu, coklat disebut dapat mengontrol kadar kolesterol.

2.  Menurunkan Tekanan Darah

Antioksidan yang terkandung dalam coklat dapat merangsang terbentuknya nitrat oksida dalam tubuh. Senyawa yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam hal mencegah penyumbatan pembuluh darah. Tekanan darah pun akan tetap normal.

3.  Mencegah Diabetes

Penyebab diabetes adalah adanya gangguan pada kerja hormon insulin. Berdasarkan penelitian, dark chocolate yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Jika sensitivitas insulin meningkat maka kadar gula darah pun akan menjadi normal.

4.  Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat coklat yang mampu untuk melancarkan aliran darah dan juga menurunkan kolesterol jahat adalah salah satu alasannya. Jika sistem peredaran darah berjalan dengan baik dan kadar kolesterol juga normal, maka risiko seseorang untuk terkenal penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan juga stroke juga akan berkurang.

5.  Baik Untuk Turunkan Berat Badan

coklat diserap oleh tubuh dalam waktu yang lama sehingga akan memberikan efek kenyang yang juga lebih lama. Jadi jika Anda sedang menurunkan berat badan, tidak perlu takut untuk konsumsi coklat!. Namun pilihlah coklat yang tidak memiliki kandungan gula dan susu agar kandungan kalorinya tetap terjaga.

6.  Membantu Memulihkan Otot

coklat dipercaya mampu memulihkan otot yang lelah dengan lebih cepat sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh atlet atau Anda yang sedang melalukan latihan intensif untuk membentuk tubuh yang ideal.

7.  Menjaga Saluran Pencernaan

coklat juga memiliki manfaat untuk pencernaan. coklat memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan agar dapat bekerja dengan baik.

8.  Melindungi Kulit

coklat yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. coklat juga dapat melancarkan aliran darah ke kulit sehingga kulit pun lebih sehat dan tentunya terlihat lebih cantik.

9.  Mencegah Penuaan Dini

coklat juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, salah satu pemicu penuaan dini. Wajar saja jika coklat dipercaya dapat membuat Anda tetap awet muda.

10.  Membuat Bahagia

Kandungan senyawa dalam coklat dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin didalam otak. Kedua hormon ini memiliki peran memberikan rasa senang dan nyaman.

Nah, banyak sekali bukan manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi coklat ini? Manfaat tersebut dapat diperoleh jika kita mengonsumsi coklat dengan jumlah yang cukup serta tidak berlebihan. Oke, sekarang kita lanjut ke pembahasan tentang cara membuat waffle coklat.

 

Cara Membuat Waffle Coklat

cara membuat waffle coklat - waffle chocolate

Sebelum memulai cara membuat waffle coklat, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan Kering untuk Cara Membuat Waffle Coklat :

  • Tepung terigu protein sedang 220 gram

  • Coklat bubuk 30 gram

  • Baking Powder 4 sendok teh

  • Garam 1/2 sendok teh

Bahan Cair untuk Cara Membuat Waffle Coklat :

  • Susu cair fullcream 500 mili liter

  • 120 ml butter cair

  • Kuning telur 2 butir

Bahan Lain untuk Cara Membuat Waffle Coklat :

  • Putih telur 2 butir

  • Gula Pasir 85 gram

Bahan Filling untuk Cara Membuat Waffle Coklat :

  • Pasta coklat secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Waffle Coklat :

  1. Pertama-tama campur semua bahan kering, tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, ayak lalu sisihkan.

  2. Dalam 1 wadah yang berbeda campurkan susu cair, kuning telur dan minyak, aduk hingga rata.

  3. Selanjutnya kocok putih telur hingga berbusa/setengah mengembang, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok terus hingga kaku.

  4. Masukkan campuran bahan cair kedalam campuran tepung bahan kering, aduk pakai whisk hingga rata. Masukkan putih telur kocok sambil di aduk pelan-pelan dengan spatula.

  5. Sebelum tuang adonan, pastikan mesin waffle sudah dipanaskan sebelumnya. Adonan waffle siap untuk dicetak dan dipanggang hingga matang.

  6. Terakhir beri pasta coklat di atas waffle secukupnya lalu beri topping waffle berupa ice cream dan buah buahan lainnya sesuai selera.

Topping yang saya anjurkan untuk disantap bersama waffle coklatmu adalah es krim vanila, yang bisa menyeimbangkan rasa khas dari coklat. Selain itu buah-buahan dan selai yang sedikit masam seperti strawberry atau blueberry juga cocok banget disandingkan dengan waffle coklat ini. Kacang-kacangan seperti almond, kenari atau mede juga gak kalah cocok untuk ditaburkan di atasnya.

 

Bagaimana, mudah bukan cara membuat waffle coklat? Waffle ini sangat cocok untuk kamu penggemar coklat atau makanan manis. Sekian resep yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Selamat mencobaa.