Cara Membuat Selai Nanas Agar Tidak Lengket Dengan Cepat

cara membuat selai nanas agar tidak lengket

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat selai nanas agar tidak lengket. Sebelum itu tahukah kamu darimana nanas berasal?

Definisi Nanas

definisi buah nanas

Nanas adalah tanaman yang berasal dari daerah Amerika tropis, yaitu Brazil, Argentina dan juga Peru. tanaman tersebut telah ada dan tersebar luas ke berbagai belahan dunia, terutama di daerah sekitar khatulistiwa yaitu diantara 30o LU dan 30o LS.

Indonesia memiliki pusat penghasil nanas yang cukup potensial yang berada di daerah Jawa Timur, Jawa Barat,Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan juga Riau. Tanaman nanas ini dapat tumbuh pada dataran rendah ataupun pada dataran tinggi. Satu pohon nanas dapat menghasilkan satu buah nanas.

Buah nanas tidak hanya dapat untuk dimakan sebagai buah segar tetapi juga diperlukan sebagai bahan baku dari industri makanan seperti bahan membuat selai nanas untuk nastar dan juga sirup-sirupan untuk minuman.

Resep Selai Nanas

resep selai buah nanas

1. Resep Selai Nanas Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 6 butir nanas ukuran sedang
  • 1/4 kilo gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Selai Nanas Sederhana:

  1.  Kupas nanas sampai bersih termasuk juga dengan rongga-rongga gatalnya tersebut sampai bersih dengan sempurna.
  2.  Parut buah nanas menggunakan parutan keju supaya lebih mudah.
  3.  Tuang parutan buah nanas yang sudah diparut tadi ke dalam panci dan masak dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada benar-benar menyusut.
  4.  Setelah itu masukkanlah gula pasir dan juga garam sesuai selera, kemudian di aduk-aduk kembali dengan api kecil.
  5.  Setelah benar-benar tercampur dengan baik dan tekstur sudah berubah, angkat dan diamkan hingga parutan buah nanas yang dimasak tadi dingin.
  6.  Selai buah nanas pun siap dipakai untuk membuat kue nastar khas lebaran.

2. Resep Selai Nanas Dari Kaleng

Bahan-Bahan:

  • 6.000 gram nanas kalengan
  • 480 gram gula pasir

Cara Membuat Resep Nanas Dari Kaleng:

  1.  Tuang buah nanas kaleng dan juga sari-sarinya ke dalam panci, lalu tambahkan juga 480 gram gula ke dalamnya, lalu aduk adonan selai menggunakan sendok sampai seluruh bahan tercampur dengan baik.
  2.  Panaskan campuran adonan buah nanas dan juga gula dengan api
    Berukuran sedang sambil terus diaduk-aduk supaya suhu panasnya bisa merata. Lakukan proses ini berulang sampai adonan mendidih.
  3.  Setelah campurannya sudah mendidih, aduk adonan selama 20 menit secara konstan. Setelah itu adonan selai akan terlihat jauh lebih kental dari sebelumnya.
  4.  Matikan api kompor bila tekstur selai sudah dirasa benar-benar mengental.
  5.  Diamkan dan tunggu hingga selai nanas dingin, kamu dapat menyimpannya di lemari pendingin.
  6.  Selai buah nanas pun siap untuk disajikan bersama roti atau untuk bahan isian roti kering seperti nastar.

3. Resep Selai Nanas Tanpa Lengket

Bahan-Bahan:

  • 1 buah nanas ukuran sedang
  •  tepung terigu 1 kg
  •  gula pasir 2 gelas
  • 2 sdm kayu manis (halus)
  • 4 buah cengkeh
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Resep Selai Nanas Tanpa Lengket:

  1.  Kupaslah buah nanas sampai bersih termasuk bagian rongga-rongga gatalnya tersebut sampai bersih dengan sempurna.
  2.  Setelah dikupas, potong buah nanas dengan arah vertikal dan bagi menjadi beberapa bagian, lala parut buah nanas menggunkan parutan keju. Tidak disarankan untuk memakai blender.
  3.  Masak buah nanas dengan panci sampai adonan nanas mendidih, campurkan 300 gram gula pasir, air jeruk limau, vanilli, serta kayu manis. Kemudian aduk-aduk terus sampai semua bahan dapat tercampur rata.
  4.  Masak sampai air dari buah nanas surut atau sampai bertekstur kental sambil terus diaduk-aduk kurang lebih 30 menit.
  5.  Setelah mengental dan berubah menjadi selai, matikan kompor dan tambahkan sedikit perasan air lemon. Campur hingga selai jadi rata dan biarkan hingga selai menjadi dingin.
  6.  Ambil toples kering lalu simpanlah selai supaya selai dapat bertahan dalam waktu yang lama. Setelah selai dingin masukkan dalam toples kecil dan tutup dengan rapat lalu masukkan ke dalam lemari es. selai dapat bertahan lama tanpa menggunakan bahan pengawet.

Nah untuk mempermudah dalam memotong buah nanas ,saya sarankan memakai alat pemotong buah dan sayur supaya lebih cepat dan juga praktis.

Itulah pemabahsan tentang cara membuat selai nanas agar tidak lengket. baca juga artikel saya sebelumnya tentang cara membuat sayur lodeh sederhana , sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.