Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging dan Penjelasannya

cara membuat pakan ayam pedaging

Halo temen-temen kembali lagi,pada kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat pakan ayam pedaging dan penjelasannya. Bagi kalian yang beternak joper juga bisa baca cara membuat pakan ayam joper juga loh.

Ayam Pedaging

Pengertian ayam broiler atau disebut juga broiler adalah ayam pedaging yang tumbuh dengan sangat cepat. Untuk ayam pedaging jenis ini, ayam berkembang sangat pesat sebagai produsen daging untuk memenuhi kebutuhan penduduk.

Ayam yang dipelihara terutama untuk konsumsi daging adalah ayam hasil persilangan berbagai jenis ayam dengan produktivitas tinggi.

Pakan Ayam Pedaging

pakan ayam pedaging

Pakan menjadi kebutuhan dasar dalam pembibitan ayam pedaging. Pemberian pakan yang baik harus mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Pemberian pakan yang berkualitas kepada ayam broiler berdampak sangat besar terhadap kualitas daging ayam yang dihasilkan. Sayangnya, biaya pembelian pakan terus naik seiring kenaikan harga pakan.

Kondisi seperti itu tentu memberatkan peternak broiler, dengan banyaknya peternak broiler yang sering merugi. Kerugian tersebut disebabkan oleh tingginya harga pakan yang tidak dibarengi dengan kenaikan harga jual daging ayam.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan inovasi agar usaha peternakan ayam broiler dapat terus berjalan. Caranya adalah dengan membuat pakan ayam sendiri.

Dengan syarat pakan yang dihasilkan harus memenuhi baku mutu pakan, maka pakan harus mengandung nutrisi yang cukup.Dengan membuat pakan ayam sendiri, Anda bisa memangkas biaya pembelian pakan tanpa mengurangi produksi daging ayam.

Hal ini meningkatkan keuntungan dari peternakan ayam dan resiko kerugian dapat diminimalisir. Banyak cara yang dilakukan peternak ayam khususnya ayam ras dapat membuat pakan ternak.

Pakan broiler pada dasarnya terdiri dari tiga komposisi yaitu pakan nabati (dedak, dedak, biji), pakan hewani (tepung ikan, bekicot, bekicot) dan bahan yang terbuat dari limbah industri udang.

Anda bisa mencampurkan ketiga bahan ini untuk membuat pakan berkualitas tinggi. Berikut langkah-langkahnya.

1. Fase Penyempurnaan

Siapkan bahan berupa jagung, dedak, tepung singkong, tepung ikan, tepung darah, kedelai, daun pepaya, tepung biji kapuk, tepung buku unggas dan premix.

Campur semua bahan di mesin tepung agar proses pengadukan bisa merata. Aduk sampai campuran benar-benar seperti tepung.

2. Fase Penguapan

Kukus adonan tepung pada suhu antara 800 dan 900 ° C sampai matang. Saat sudah terasa matang, keluarkan hidangan dari kukusan dan tunggu hingga agak hangat.

3. Tahap Pencetakan dan Pengeringan

Saat adonan sudah hangat, bentuk adonan dengan bantuan crumble press. Keringkan adonan yang sudah dibentuk dengan alat pengering. Setelah kering, pakan ayam bisa disajikan ke broiler Anda.

Berikut beberapa cara membuat pakan broiler organik yang bisa Anda buat sendiri. Nyatanya, Anda akan menghabiskan cukup banyak uang pada awalnya untuk membeli beberapa peralatan, seperti mesin pencampur tepung atau pengering.

Namun jangan salah, Anda juga melakukan investasi jangka panjang karena broiler mendapatkan asupan makanan yang berkualitas. Hal ini tentu saja berpengaruh pada hasil daging dan telur. Peluang menang besar bahkan lebih tinggi.

Kandungan Dari Bahan Pakan Ayam Pedaging

kandungan dari bahan ayam pedaging

1. Premix

Dalam industri pakan ternak, premiks ini merupakan salah satu rahasia yang tidak boleh diketahui siapapun selain petugas khusus. Premix ini biasanya terdiri dari bahan-bahan dari sumber vitamin makro dan mikro.

Mineral makro dan mikro serta zat aditif yang dibuat dalam jumlah kecil dan perlu didistribusikan secara merata ke seluruh ransum atau konsentrat.

Premix di pabrik pakan, biasanya berbagai jenis vitamin, mineral dan bahan lain yang digunakan dalam jumlah sedikit, dicampur terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam blender (pengaduk).

Tidak ada standar industri khusus yang secara tepat mendefinisikan komposisi di atas, tetapi umumnya jumlah suplemen yang ditambahkan ke dalam premix berkisar 1% dari total komposisi.

Premix ditambahkan untuk menggantikan atau mengkompensasi vitamin yang tidak tersedia secara lengkap dan kerugian yang terjadi selama proses pembuatan dan penyimpanan.

Tujuan penambahan premix adalah untuk menambah asupan makanan sehingga ternak dapat mencapai kondisi yang optimal. Premix dirancang untuk meningkatkan berbagai vitamin yang terkandung dalam berbagai bahan penyusun pakan

2. Kunyit

Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pakan dapat berasal dari tanaman obat seperti kunyit. Aditif pakan tidak hanya tersedia di dalam pakan saja, tapi bisa juga dibuat di air minum.

Manfaat kunyit untuk ayam broiler yaitu meningkatkan kerja organ pencernaan, merangsang keluarnya cairan pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase dan protease.

Penelitian lain juga menemukan bahwa kurkumin dapat bertindak sebagai antioksidan yang bekerja pada jaringan, terutama jaringan hati, dengan cara mengurangi oksidan dalam tubuh.

Kunyit juga mampu meningkatkan performa ayam broiler seperti konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan.Berdasarkan penelitian, kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri.

3. Tepung Bulu Unggas

Penggunaan tepung bulu ayam untuk ransum unggas sebagai pengganti sumber protein pakan konvensional (bungkil kedelai) hingga 40% dari total protein ransum merespon seperti halnya ransum kontrol.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tepung bulu dapat digunakan dalam jumlah tidak melebihi 4% dari total formula ransum tanpa mengurangi produktivitas unggas. Semakin baik pemrosesannya, semakin baik hasilnya.

Semakin banyak tepung yang digunakan, semakin rendah kinerja unggas, semakin rendah produksi telur dan semakin rendah bobot badan (Rasyaf, 1992).

Tepung tidak disukai oleh hewan ternak (kurang enak), sehingga penggunaannya dalam ransum harus dibatasi. Penggunaan yang berlebihan mengurangi konsumsi ransum, yang menyebabkan kandungan asam amino tidak berubah.

Penggunaan dalam ransum unggas dan babi disarankan maksimal 5-7%. Untuk ayam pedaging <5% dianjurkan, untuk ayam petelur 7%. Di lapangan, pabrik pakan hanya menggunakan 1 hingga 2% tepung bulu dalam ransum pakan lengkap.

4. Tepung Ikan

Untuk tepung ikan bisa didapat dari olahan ikan (tulang ikan atau ekor dan kepala ikan) yang dijemur sampai kering lalu digiling atau digiling hingga halus seperti tepung.

Tepung ini memiliki kualitas yang berbeda dari jenis tepung lainnya. Tepung ikan mengandung banyak bahan yang bagus seperti:

  • Kaya akan mineral seperti kalsium, mangan, besi, yodium dan fosfor
  •  Asam amino esensial seperti lisin, metionin, sistin dan thriptophan
  •  Sumber vitamin B kompleks seperti B-12, choline dan riboflavin

Kandungan ini sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ayam dalam perang melawan Bangkok. Terutama protein, yang dapat membantu membentuk otot ayam bangkok kesayangan Anda.

5. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai adalah limbah atau sisa kedelai yang telah diolah dan digunakan untuk minyak. Cara pembuatan bungkil kedelai terdiri dari beberapa tahap, misalnya penyerapan lemak, pemanasan dan penggilingan.

Tepung kedelai merupakan sumber protein yang baik untuk makhluk hidup, khususnya ayam. Makanya, ada banyak sekali manfaat bungkil kedelai jika dijadikan pakan ayam perjuangan Anda.

Kandungan protein bungkil kedelai adalah 44-51% dan merupakan sumber protein yang sangat besar. Belum lagi, keseimbangan asam amino yang dikandungnya cukup lengkap dan tinggi.

Bungkil kedelai yang baik mengandung tidak lebih dari 12% air.Asam amino yang ditemukan dalam protein kedelai adalah metionin dan sistein.

Asam ini adalah asam amino yang biasanya ditambahkan ke pakan dan dicampur dengan jagung. Selain itu bungkil kedelai mengandung lisin dan triptofan yang tinggi.

Sehingga dapat melengkapi kekurangan protein jagung dan memenuhi kebutuhan asam amino esensial bagi hewan ternak.

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging

1. Pakan Ayam Starter

Bahan-bahan Untuk Pakan Ayam Starter:

  • 30 kilogram jagung
  • 1 kilogram dedak padi
  • 1 kilogram tepung singkong
  • 6,75 kilogram tepung ikan
  • 1,5 kg tepung darah
  • 1,5 kg kedelai
  • 2,5 kg bungkil kelapa
  • 1 kilogram tepung daun pepaya
  • Pakan biji kapas 0,5 kg
  • 2 kilogram tepung bulu unggas
  • 0,25 kilogram premix

Cara Membuat Pakan Ayam Starter:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu,kemudian haluskan
  2. Setelah semua bahan menjadi tepung aduk semua bahan hingga menjadi merata
  3. Kukus adonan pada suhu 850 dejarat celcius sanpai benar-benar matang
  4. Jika sudah matang,dinginkan adonan tersebut lalu cetak menggunakan mesin pencetak pelet

Sekian pembahasan kita mengenai cara membuat pakan ayam pedaging dan penjelasannya. Boleh juga kunjungi artikel cara ternak ikan lele ya.