Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging Murah dan Berkualitas

cara membuat pakan ayam pedaging murah

Hai semuanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat pakan ayam pedaging murah. Baca cara memelihara ayam potong juga yuk.

Kualitas Pakan Ayam

Pakan ayam bernutrisi tinggi berdampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan ayam di peternakan. Produktivitas ayam terutama dipengaruhi oleh jenis pakan yang dikonsumsi ayam.

Pakan merupakan bagian terpenting dalam mengingat kualitas ternak. Oleh karena itu penting bagi peternak untuk tidak sekedar memberikan pakan ayam saja. Tapi harus memperhatikan nutrisi yang baik.

Nutrisi yang baik dan memadai bermanfaat bagi pertumbuhan dan kualitas ayam ternak. Jika Anda mengetahui umur ayam, jenis ayam, dll, Anda perlu tahu pakan apa yang harus diberikan.

Pakan Untuk Ayam Boiler

pakan untuk ayam boiler

1. Dedek Padi (dedak)

Pakan jenis ini sering disebut dengan dedak. Kandungan asam amino yang tinggi pada dedak menghasilkan kalori dan lemak yang cukup, yang dapat menambah bobot pada broiler.

Pastikan Anda memberikan dedak yang masih berkualitas baik dan tidak berbau agar ayam tetap kaya nutrisi.

2. Tepung

Pakan jenis ini cukup baik untuk sistem pencernaan pada ayam. Anda bisa memberi mereka makan dengan tepung tulang, yang tinggi kalsium dan fosfor, yang baik untuk sendi ayam.

Selain tepung tulang, Anda juga bisa menambahkan tepung ikan. Tepung ini dibuat dari olahan ikan yang dikeringkan lalu digiling halus menjadi tepung.

3. Sorgum

Biji sorgum merupakan tanaman serba guna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sorgum mengandung cukup banyak serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan ayam.

Penggunaan biji sorgum dalam ransum pakan ternak merupakan suplemen (substitusi) jagung, karena nilai gizinya tidak berbeda dengan jagung.

Namun karena kandungan taninnya yang tinggi (0,40-3,60%), maka biji sorgum hanya digunakan dalam jumlah terbatas karena dapat mengganggu fungsi asam amino dan protein.

Kandungan tanin pada ransum diatas 0,50% dapat menekan pertumbuhan ayam, dan bila sudah mencapai 2% dapat menyebabkan kematian.

Biji sorgum dapat diberikan langsung dalam bentuk biji atau diolah terlebih dahulu dan dicampur dengan bahan lain dengan komposisi sebagai berikut: biji sorgum 55%tepung kacang 20%, tepung ikan 2,50dan vitamin-mineral 2- 8%.

Penggunaan 30-60% sorgum dalam ransum tidak mempengaruhi performans ayam. Sorgum dapat menggantikan semua jagung dalam ransum ayam, bebek, kambing, babi, dan sapi tanpa menimbulkan efek samping.

Penggunaan biji sorgum dalam ransum berbeda tidak mempengaruhi produksi telur maupun bobot ayam. Limbah sorgum (daun dan batang segar) dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Potensi daun sorgum manis sekitar 14-16% dari berat segar batang atau sekitar 3 t daun segar / ha dari total produksi 20 t / ha. Per hektar panen sorgum menghasilkan 2,62 t kering. masalah jerami.

Rata-rata konsumsi setiap ekor sapi adalah 15 kg daun segar perhari.Daun sorgum tidak bisa diberikan langsung ke ternak,melainkan harus dilayukan kurang lebih 2-3 jam.

Nutrisi daun sorgum sesuai dengan rumput gajah dan kecambah tebu. Komposisi kimiawi limbah sorgum yang didukung oleh nilai kecernaan dan komponen serat limbahnya tidak kalah dengan kompos jagung dan taoge.

Meski begitu, sorgum cukup sulit didapat karena hanya ditemukan di daerah tertentu.

4. Pollard

Pollard merupakan pakan ayam yang terbuat dari olahan terigu, yang biasanya diubah menjadi tepung terigu. Gaji Pollard sangat baik untuk kesehatan ayam broiler karena tinggi lemak, protein dan serat.

Namun, tidak disarankan memberikan jenis makanan ini setiap hari. Untuk membuat pakan alternatif, peternak bisa mempertimbangkan jenis pakan ini.

Jika pemberian pakan pabrik kontinu, maka biaya operasional di dalam kandang meningkat. Pollard ini berasal dari olahan gandum, yang biasanya diubah menjadi tepung terigu.

Pakan ini juga dikenal sebagai dedak gandum. Gaji Pollard sangat baik untuk kesehatan ayam broiler karena tinggi lemak, protein dan serat. Selain itu, kandungan kalorinya yang cukup tinggi dapat membuat ayam menjadi lincah dan energik setiap hari.

Meski kaya akan kandungan tinggi, namun pakan ini tidak bisa diberikan kepada ayam setiap hari karena tidak baik untuk ayam. Gantikan pakan ini dengan jenis pakan ayam broiler lainnya.

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging Murah

cara membuat pakan ayam pedaging murah

Bahan-bahan Membuat Pakan Ayam Pedaging:

  • Dedak
  • Air Secukupnya
  • Sorgum
  • Probiotik
  • Daun talas

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging Murah:

  1. Potong daun talas menjadi ukuran kecil
  2. Campurkan semua bahan dalam suatu wadah
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan diaduk rata
  4. Pakan siap diberikan pada ayam pedaging

Demikian ulasan mengenai cara membuat pakan ayam pedaging murah. Jangan lupa kunjungi artikel cara ternak ikan lele juga ya.