Cara Membuat Nastar Kacang Tanpa Oven Yang Mudah Dan Praktis

Cara membuat nastar kacang tanpa oven yang mudah dan praktis

Siapa si yang tidak suka dengan makanan ringan yang memiliki rasa yang beraneka macam. Makanan yang sering kali dijadikan sebagai cemilan pada saat sendiri atau sedang berkumpul bersama teman atau juga keluarga. Makanan apa si itu? Jawabannya adalah kue. Kue sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah kue nastar kacang. Cara membuat nastar kacang tanpa oven salah satunya.

Biasanya orang tiap kali mau lebaran itu harus baget ada nastar diatas meja, dan kebanyakan dari mereka itu membelinya agar lebih praktis. Namun sebenarnya, apabila kita membuatnya sendiri otomatis rasa yang didapt juga pas dan tentunya enak. Bagi yang belum tau bagaimana cara membuat nastar, yuk simak penjelasan berikut tentang cara membuat nastar kacang tanpa oven yang mudah dan praktis ala rumahan berikut.

Definisi Nastar

Nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu,mentega,serta telur, yang nantinya akan diisi dengan berbagai macam selai nanas, atau juga diberi topping diatasnya. Nastar ini adalah salah satu cemilan yang banyak dijumpai pada saat lebaran. Nastar juga dapat dibuat dengan menggunakan kacang. Cara membuat nastar kacang tanpa oven ini hampir sama dengan nastar yang menggunakan oven.

Hampir setiap orang menghidangkan nastar diatas meja.Nastar sendiri bukan berasal asli dari Indonesia. Kata nastar ini awalnya dari bahasa Belanda, yaitu ananas dan taart. Namun, makanan tersebut diserap oleh warga Indonesia, sehingga tidak jarang kalau sekarang kita banyak menemui nya di Negara kita sendiri.

Fakta Tentang Nastar

Kata nastar sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kue yang kerap kali dibuat oleh ibu-ibu pada saat menjelang lebaran tiba. Kue yang hampir setiap rumah menghidangkannya diatas meja. Namun, nastar ini memiliki beberapa fakta yang mungkin untuk kebanyakan orang belum mengetahuinya. Apa saja faktanya? Berikut adalah fakta tentang nastar.

1. Nama Nastar Berasal Dari Bahasa Belanda

Nama nastar ini asalanya dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ atau nanas dan ‘taartjes’ atau tart. Kemudian diserap menjadi ‘nastar’. Sehingga, nastar ialah tart yang didalamya berisi selai nanas. Nastar ini sudah aja sejak zama pnjajahan Belanda dulu. Nastar ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll.

2. Terinspirasi Dari Kue Pie

Resep kue nastar ini ternyata terinspirasi dari kue pie, kue pie ini dibikin dalam loyang besar yang didalamnya diisi blueberry,strawberry,atau juga apel. Bahan yang dibuat untuk adonan nastar ini hampir sama dengan bahan yang dijadikan untuk adonan kue pie, yaitu menggunakan tepung terigu,mentega,telur,serta bahan lainnya. Pasalnya, pada zaman penjajahan tersebut, susah untuk mendapatkan buah yang dijadikan sebagai isian kue pie tersebut, dan akhirnya diganti dengan buah nanas yang memang banyak tumbuh di Indonesia.

3. Dijadikan Jamuan Pada Saat Perayaan Natal Atau Imlek

Semakin berkembangnya zaman, semakin berubah juga nastar ini. Tidak berubah adonannya, namun isiannya yang beraneka macam, tidak hanya selai nans saja, strawberry,durian,blueberry, serta buah lainnya juga sering dijadikan sebagai isian kue nastar ini. Ternyata, tidak hanya dijadikan sebaga jamuan pada saat lebaran saja, pada hari raya seperti natal dan imlek pun nastar dijadikan sebagai jamuan untuk menyambut para tamu.

4. Nastar Merupakan Kategori Cake

Nastar ini masuk kedalam kategori cake bukan kue kering. Sebab, nastar ini memiliki tekstur yang lembut serta lembab. Sedangkan kue kering sendiri ialah kue yang memiliki tekstur sedikit keras dan juga renyah. Di Indonesia sendiri masih banyak yang salah dalam mengartikan nastar.

5. Nastar Melambangkan Kemakmuran

Nastar ini memiliki filosofi yang unik. Etnis Tionghoa menyebut nastar sebagai ong lai yang memiliki arti pir emas. Pir emas ini dikenal sebagai simbok untuk kemakmuran, rezeki, serta keberuntungan.

Resep Nastar Kacang

Nastar kacang ialah salah satu kue yang banyak disukai orang. Sebab, kue ini memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Membuat kue nastar kacang ini bisa dilakukan tanpa menggunkan oven, sehingga buat kalian yang tidak memiliki oven ini dapat membuatnya. Cara membuat kue nastar kacang tanpa oven ini sangatlah mudah dan juga praktis. Berikut adalah resep nastar kacang.

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Kacang tanah 100 gram
  • Gula halus 100 gram
  • Minyak goreng 135 ml
  • Kuning telur 2 butir

Cara Membuat Nastar Kacang :

  1. Sangrai kacangnya terlebih dahulu, lalu dinginkan dan kupas kulitnya. Setelah itu, haluskan, jamgam terlalu lembut.
  2. Lalu campurkan tepung,gula,dan juga kacang yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk dan tuangkan minyak uleni hingga adonannya kalis.
  3. Setelah itu, pipihkan dan cetak sesuai selera. Setelah dicetak, simpan diatas sarangan pengukus nasi, dan tata hingga rapi.
  4. Olesi atas adonan dengan kuning telur. Dan pangang dengan menggunakan teflon. Setelah kue nastarnya matang, angkat dan diamkan hingga dingin.
  5. Setelah dingin, masukkan kedalam toples.
  6. Nastar kacang siap dinikmati.
Baca Juga : cara membuat kue bakpao

Demikian penjelasan tentang cara membuat nastar kacang tanpa oven yang mudah dan praktis. Resep diatas dapat dijadikan sebagai media untuk bunda-bunda yang ingin membuat nastar kacang tapi tidak mempunyai oven untuk memanggangnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. Selamat untuk mencoba. Terimakasih.