Categories
Uncategorized

Cara Membuat Nasi Goreng Jagung Lezat

Kali ini akan membagikan resep tentang cara membuat nasi goreng jagung yang lezat dan praktis. Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia. Hampir semua orang suka dengan nasi goreng. Namun siapa sangka, ternyata nasi goreng yang dicampur dengan jagung juga lezat loh! Selain dimasak dengan cara membuat mie goreng bihun jagung, nasi goreng jagung juga tak kalah nikmat jika dijadikan menu andalan sarapan.

Apakah kalian setuju dengan anggapan bahwa nasi goreng adalah menu ideal untuk sarapan? Biasanya ada juga yang lebih sering menjadikan nasi goreng sebagai penyelamat lapar di malam hari, bahkan dini hari. Namun tidak bisa dipungkiri, kita bisa mendapati nasi goreng kapan saja dan dimana saja, termasuk di dapur kamu sendiri. Alias bisa dimasak seketika karena bahan-bahannya simpel dan mudah membuatnya.

Pada umumnya, nasi goreng hanya membutuhkan bumbu-bumbu dasar yang ada di dapur seperti bawang merah, bawang putih, telur, dan nasi putih. Kemudian nasi goreng biasanya dicampur dengan topping lain, seperti sosis, bakso, ayam, dan ikan. Jagung juga bisa dijadikan camilan gurih seperti emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung.

Rekomendasi Mesin Pemipih Emping Jagung

Mesin pemipih emping jagung ini merupakan salah satu alat yang bisa digunakan sebagai pengemping jagung untuk membuat emping jagung. Lebih spesifikasinya, mesin ini untuk memipih atau menggepengkan jagung agar siap dijadikan emping.

Di antara sekian banyak varian nasi goreng yang paling sering dirindukan orang adalah nasi goreng jagung. Karena bahan-bahan untuk membuat nasi goreng ini sederhana dengan rasa nikmat. Cara membuat nasi goreng jagung juga tak sulit. Atau nasi putih bisa digantikan dengan cara membuat nasi jagung.

Cara Membuat Nasi Goreng Jagung

Bahan – Bahan

  • 4 piring nasi
  • 5 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 5 cabai rawit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 batang daun bawang, rajang
  • jagung manis rebus yang sudah dipipil secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • sosis dan bakso secukupnya
  • bawang goreng

Langkah Memasak Nasi Goreng Jagung

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, lada dan garam.

2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum.

3. Masukkan bakso, sosis, dan jagung. Aduk rata.

4. Masukkan nasi sedikit demi sedikit.

5. Tambahkan kecap manis, daun bawang, dan bawang goreng. Masak sampai matang dan bumbu tercampur rata.

6. Kocok telur dan goreng sesuai selera (bisa didadar atau orak-arik.

7. Sajikan bersama nasi goreng.

8. Voila, nasi goreng siap disantap.

Tips Agar Nasi Goreng Terasa Lebih Lezat

1. Pilihan Nasi Putih

Berbeda dengan nasi putih yang digunakan untuk sajian lainnya, biasanya untuk memasak nasi goreng biasakan siapkan nasi putih matang, khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Sehingga apabila digoreng, nasinya tidak akan lembek dan saling menempel satu sama lainnya. Bahasa jawanya, ngepyur. Jenis nasi seperti ini biasanya hampir sama dengan nasi yang disajikan di rumah makan padang.

Nah buat teman-teman di rumah, tidak perlu seribet itu. Kamu cukup menggunakan nasi putih sisa kemarin. Atau kamu juga bisa memasukkan nasi putih yang hendak kamu goreng, ke dalam kulkas dan diamkan minimal selama 1-2 jam (bisa hingga semalaman) sebelum dieksekusi.

2. Bumbu

Ada dua jenis nasi goreng utama yaitu nasi goreng jawa (kampung) dan nasi goreng chinese (oriental). Keduanya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan kekhasan masing-masing. Selain kecap manis dan saus sambal yang wajib digunakan, nasi goreng jawa biasanya menggunakan ebi, terasi, dan kemiri sehingga menghasilkan cita rasa khas dan warna yang cenderung gelap.

Sementara nasi goreng oriental memadukan bumbu dari aneka saus seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minyak wijen sehingga cita rasanya menjadi unik dan berwarna lebih terang.

3. Teknik Memasak

Sudah menjadi ketentuan umum bahwa kompor digunakan adalah kompor high pressure, sehingga proses pemasakan akan lebih cepat dan matang sempurna, serta tetap mempertahankan tekstur asli makanan. Kalo kamu perhatikan abang-abang nasi goreng langganan, kompornya itu memiliki api yang sangat besar dan cukup berisik jika menyala.

Setelah menumis bumbu nasi goreng hingga matang, kecilkan api kompor kamu dan masukkan nasi putihnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur merata, baru kemudian besarkan apinya hingga maksimal dan terus aduk nasinya supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan atau gosong. Lakukan tahap ini sebentar saja cukup 2-3 menit. Lalu teteskan sedikit minyak wijen dan beri taburan bawang putih cincang goreng, untuk style nasgor oriental. Angkat dan sajikan langsung ya.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat Mencoba! Jangan lupa Tipsnya diterapkan yaa!