Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Enak

cara membuat manisan pepaya muda kering

Kalian punya banyak stok pepaya? bingung gimana cara ngabisinnya? atau bingung gimana ngolahnya? kalo gitu mari kita olah menjadi manisan pepaya aja! meskipun bisa juga diolah dengan cara membuat sop buah istimewa namun kali ini di sini mimin bakal berbagi tentang cara membuat manisan pepaya muda kering.

Sebelumnya taukah kalian bahwa manisan dimulai dari daerah atau kota di Jawa Barat bernama Cianjur pada tahun 1950 an akhir oleh salah satu etnis terbesar di Indonesia. Sebenarnya manisan juga dikenal di timur tengah sana, terutama di daerah dataran Arab, namun dengan penamaan yang berbeda serta cara megolahnya yang sedikit berbeda.

Namun di Indonesia sendiri, manisan sekarang lumayan populer lagi karena banyaknya home industri yang memproduksi manisan secara instan dan siap konsumsi.

Manfaat Buah Pepaya

Selain karena rasanya yang enak dan dijadikan olahan manisan, buah pepaya sendiri memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi tubuh kita. Pada hari ini akan mimin kupas beberapa manfaat yang ada di dalam buah pepaya ini ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

2. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

3. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Itulah tadi beberapa manfaat dari si buah pepaya ini, mimin mau ambil salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Ya tubuh kita memang memerlukan banyak antioksidan untuk memerangi radikal radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita ini, serta untuk mendetoksifikasi tubuh.

 

Sekarang kita masuk ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering ya gaiss, cekidott!!!

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas
  6. Voilaaaaa manisan pepaya muda kering siap dinikmati

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Tanpa Dijemur

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Tanpa Dijemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples
  9. Voilaaaa tanpa melakukan proses menjemur, kalian dapat menikmatin manisan pepaya muda kering ini secara lebih cepat hihihi

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Warna Warni

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Warna Warni:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian
  6. Voilaaa manisan pepaya muda kering warna warni siap dinikmati

 

Dengan ketiga resep di atas mimin harap bisa mempermudah kalian bagi yang ingin mencoba dan bereksperimen dengan dapur hehehe. Buah pepaya ini emang unik banget lho selain dijadiin manisan bisa juga diolah dengan resep es buah untuk jualan. Tinggal bagaimana kalian aja nih gaiss hihihi pokoknya buruan dicoba dan selamat mencoba ya gaiss!!!