Cara Membuat Konsentrat Sapi Sederhana Dan Praktis

cara membuat konsentrat sapi

Halo, kali ini saya akan berbagi ilmu yang mengenai tentang cara membuat konsentrat sapi sederhana dengan cara yang mudah dilakukakan, tentunya.

Jadi, anda tidak perlu jauh jauh ke toko untuk membeli konsentrat dari pabrik dan yang lebih penting anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.Pasti menyenangkan bukan, bila kita memiliki sapi sapi yang gemuk, sehat, dan berkualitas.

Karena ternak sapi limosin yang berkualitas sudah pasti memiliki harga jual yang tinggi, akan tetapi dibalik itu anda juga perlu memberi pakan yang berkualitas juga. Cara menggemukan sapi limosin bisa dengan membuat konsentrat yang benar.

Konsentrat

Sebut saja konsentrat, konsentrat adalah pakan tambahan sapi yang berfungsi untuk penggemukan ternak anda.

Dinamakan pakan berkualitas, karena konsentrat ini memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi sehingga ternak sapi anda bisa cepat gemuk dan tentunya akan menghasilkan daging yang bagus. Akan tetapi, untuk membeli konsentrat anda juga perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, untuk solusi dari permasalahan ini adalah dengan cara anda membuat konsentrat sederhana dan dengan harga yang murah, pastinya. Pada artikel ini, saya akan membagikan ilmu tentang cara membuat konsentrat sederhana dengan mudah. Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Konsentrat Sapi Sederhana

cara membuat konsentrat sapi

Pasti sangat menyenangkan bukan, jika anda memil-ki sapi yang sehat dan gemuk. Sebab, jika anda memiliki sapi yang sehat dan gemuk maka harga penjualan sapi anda akan lebih banyak. Nah, supaya ternak anda bisa gemuk dengan cepat, maka anda patut mencoba racikan konsentrat ini.

Karena racikan konsentrat ini sudah terbukti dapat menambah berat badan ternak sebanyak 1,2 kg per hari, dan yang paling penting adalah bahan dasarnya harganya terjangkau. Untuk bahan yang dibutuhkan dan cara atau proses pembuatannya di bawah ini.

Pertama tama adalah menentukan kandungan gizi yang ada pada konsentrat. Kandungan gizi yang ideal untuk konsentrat yaitu :

  • Kadar air maksimal 12%
  • Protein kasar maksimal 12%
  • Lemak kasar maksimal 6%
  • SK maksimal 12–17
  • Abu maksimal 64%

Kedua penentuan formula konsentrat. Bahan penyusun konsentrat memiliki banyak sekali variasi, namun yang terpenting adalah keseimbangan nutrisi, kandungan nutrisi, ketersediaan bahan, dan harga.

Selain harus memenuhi kebutuhan nutrisi, kita juga harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan. Maka harganya harus murah, maka dari itu sebaiknya kita menggunakan bahan pakan lokal yang tersedia di sekitar kita.

Alat – Alat :

  • Siapkan tempat atau bangunan untuk menyimpan hasil pembuatan dan proses pembuatan konsentrat, seperti gudang.
  • Dan juga alat perlengkapan untuk proses pembuatan konsentrat :
  • Tempat pembuatan.
  • Sarung tangan.
  • sekop.
  • Timbangan.
  • terpal, sebagai alas.
  • karung, sebagai wadah hasil pembuatan konsentrat.

Bahan-Bahan :

  • Dedak.
  • Ampas Tahu.
  • Jagung.
  • Kapur.
  • Singkong.
  • Urea.
  • Mineral.
  • Garam.
  • Kulit Kopi.

Berikut contoh perbandingannya :

Nama Bahan :

Kebutuhan Dedak = 50

Ampas Tahu = 14

Jagung = 10

Kapur = 0,5

Singkong = 18

Urea = 1

Mineral = 1

Garam = 0,5

Kulit Kopi = 5

Total =100 %

PK = 12,2 %

TDN = 68,6 %

Cara Membuat Konsentrat Sapi Sederhana :

Dalam proses pencampuran ini, anda harus benar benar memperhatikannya. Karena jika anda sampai melewatkan satu langkah saja, bisa jadi nanti hasilnya akan berbeda dengan uraian ini. Berikut langkah pencampurannya :

  1. Timbang bahan pakan yang di perlukan sesuai dengan formula perbandingan.
  2. Setelah selesai penimbangan lakukan, giling semua bahan menggunakan mesin pencacah rumput menjadi halus kecuali garam, urea, dan mineral , setelah itu lakukan pencampuran awal bahan bahan dalam jumlah sedikit.
  3. Susun bahan dengan ditumpuk mementuk pyramid dengan bahan yang jumlahnya paling banyak ditumpuk terlebih dahulu, lalu di ikuti bahan bahan yang jumlahnya sedikit.
  4. Lakukan hal tersebut secara berurutan mulai dari yang paling banyak sampai yang paling sedikit
  5. Jika semuanya sudah tertumpuk, mulailah mengaduk bahan tadi dengan menggunakan sekop secara merata.
  6. Pengadukan di lakukan secara merata sampai di rasa sudah tercampur semua
  7. Langkah terakhir adalah pengemasan

 Pengemasan :

Pengemasan diperlukan guna mempermudah penyimpananan dan penggunaan konsentrat, serta supaya terhindar dari kerusakan.

Jadi setelah pembuatan konsentrat selesai segeralah masukan konsentrat tadi ke dalam karung dan simpan dalam gudang (usahakan gudang tidak lembab dan sirkulasi udaranya bagus).

Jenis Pakan Konsentrat Sapi

 

Konsentrat sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu dari tumbuhan dan hewan. Penjelasannya sebagai berikut :

A. Konsentrat yang Berasal dari Tumbuhan

Sebagai sumber energi dan protein bagi hewan ternak. tumbuhan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Guna mencukupi kebutuhan energi, diperlukan tumbuhan seperti jagung, singkong, kedelai, bekatul, dedak, jagung, putih, jagung kuning, bungkil dan sejenisnya.

Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan proteinnya diperlukan tumbuh-tumbuhan seperti, kacang giling, wijen, biji kapas, dan karet.

B. Konsentrat yang Berasal dari Hewan

Konsentrat yang juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein ternak tidak hanya berasal dari tumbuhan. Tetapi juga bisa berasal dari hewan seperti tepung ikan, daging dan tulang, kerang, bekicot dan lain sebagainya untuk menunjang protein dan karbohidrat dalam pakan konsentrat.

Tips Dalam Pemberian Pakan Konsentrat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam proses penggemukan sapi maka, pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak kalian tidak bisa diberikan dengan cara sembarangan. Ada beberapa tips yang mampu membuat pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak agar semakin efektif.

1. Waktu Pemberian Pakan Konsentrat

Alangkah lebih baik apabila pemberian pakan konsentrat diberikan pada waktu dua sampai tiga jam sebelum pakan hijau diberikan.

Dengan pemberian jangka waktu tersebut, selain membuat konsumsi pakan ternak menjadi maksimal, juga memberikan waktu agar pakan konsentrat dapat dicerna dengan baik.

Pakan penguat atau konsentrat diberikan pada sapi potong dua kali sehari yaitu pada pagi hari pukul 07.00 dan sore hari pukul 16.00. Selain itu, anda juga dapat memberikannya sebanyak 3 kali sehari, yaitu pagi hari pukul 07.00, siang hari pukul 12.00, dan sore hari pukul 16.00.

2. Pemberian Pakan Konsentrat di Campur Dengan Pakan Hijau

Alternatif lain pemberian pakan konsentrat selain dengan memberi jeda waktu adalah dengan mencampurnya dengan pakan hijau.

Hal ini juga dianjurkan kerena nafsu makan sapi ternak akan lebih meningkat dengan cara ini, sehingga sapi ternak akan mendapat nutrisi yang cukup untuk proses penggemukan.

3. Perhatikan Bobot Sapi

Memperhatikan bobot sapi adalah hal penting karena dengan begitu kita dapat mengukur kebutuhan konsumsi konsentrat dengan pas dan tepat. Di sarankankan untuk penggemukan sapi ternak pakan konsentrat di berikan sebanyak 2–2,5% dari bobot sapi per harinya. Maka, di sarankan untuk melakukan pengecekan berat badan sapi setiap hari.

Itulah cara membuat konsentrat sapi potong, semoga dapat membantu anda dalam membuat konsentrat sendiri dan menambah pengetahuan anda. Sampai jumpa di artikel lain dan selamat mencoba !