Cara Membuat Keripik Tahu Renyah, Nikmat dan Mudah

cara membuat keripik tahu

Siapa sih disini yang nggak kenal keripik tahu? Pasti saya rasa semua sudah pernah mendengar keripik tahu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa cara membuat keripik tahu, simak baik baik yaa.

Sejarah Keripik Tahu

Keripik tahu adalah salah satu makanan yang diolah dari endapan perasan kacang kedelai, yang mengalami suatu proses dengan menghabiskan waktu yang cukup lama. Makanan keripik tahu ini tidak kalah enak dengan keripik tempe yang dibuat sangat mudah.

Tahu ini berasal dari negri Cina, nama tahu diambil dari bahasa hokkian yaitu tauhu dengan harfiah berarti kedelai terfermentasi.
Bicara mengenai makanan ini, Di negara kita indonesia saat ini banyak macam- macam makanan yang memiliki bahan basic tahu.

Diantaranya adalah keripik tahu, makanan ini mempunyai beberapa jenis manfaat untuk kesehatan badan. Untuk kamu yang penasaran apa manfaat serta faedah keripik tahu, berikut beberapa manfaatnya.

Manfaat Keripik Tahu

1. Mengobati diabetes

Yang pertama manfaat keripik tahu adalah dapat menyembuhkan diabetes. Sebenarnya diabetes tidak bisa disembuhkan akan tetapi dapat dikurangi. Kandungan gula yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumsi makanan ini, Masalah ini dikarenakan sebab kandungan yang berada pada makanan ini mempunyai sumber gizi protein yang sangat banyak.

2. Mengobati cholesterol jahat

Tidak cuma mengobati diabetes keripik tahu pun juga mempunyai beberapa manfaat lainnya salah satunya, mengobati cholesterol jahat. Cholesterol jahat yang berada pada tubuh yang dengan sengaja maupun tidak sengaja yang masuk ke badan jadi dapat diberantas saat anda konsumsi makanan ini.

3. Meningkatkan daya

Bila kamu sangat sering merasa capek karena konsumsi daya dari makanan yang kamu konsumsi kurang. kemudian dengan konsumsi keripik tahu jadi konsumsi daya pada tubuh akan terpenuhi.

Hingga begitu penting sebelum kamu bekerja untuk konsumsi makanan ini supaya memperolah manfaatnya.

4. Mengobati penyakit osteoporosis

Bila kamu sudah lansia disaranakan untuk konsumsi keripik tahu. Kesehatan tulang yang sudah mulai tidak bisa teratasi sebab semakin ringkih, butuh dijaga dengan mengkonsumsi makanan ini. Selain itu, manfaat makanan ini juga dapat menolong kamu dalam menyembuhkan penyakit osteoporosis.

5. Menguatkan tulang serta sendi

Kenyataannya keripik tahu mempunyai senyawa kalsium yang bisa menolong untuk menguatkan tulang dan sendi tubuh. Senyawa itu dapat meminalisir kemungkinan yang sering membuat tulang dan sendi tubuh memiliki masalah.

Kemudian kepadatan tulang akan terbangun jika kamu mengkonsumsi makanan ini, semakin umur anda bertambah jadi tidak akan cemas tulang serta sendi memiliki masalah sebab mengkonsumsi makanan ini.

6. Turunkan keunggulan berat tubuh

Keripik tahu juga mempunyai manfaat program diet, karena makanan ini dapat menolong kamu untuk menurunkan berat badan. Kamu tidak perlu bingung- bingung untuk melakukan program diet sehat yang perlu membayar mahal. Cukup beli makanan ini jadi tambah lebih murah sebagi diet sehat.

7. Menahan kanker

Dampak menguntungkan keripik tahu adalah condong beberapa senyawa organosulfur mereka yang kaya, walau proses saat di mana senyawa itu dapat menghalangi kanker belum di ketahu. Namun, beberapa tesis sangat mungkin menghambat perkembangan tumor dan mutagenesis.

Makanan ini memiliki kandungan vitamin c menjadi anti-oksidan yang bisa memerangi pembentukan radikal bebas yang didapati menjadi pemicu kanker.

8. Baik untuk jantung

Keripik tahu mempunyai asam amino sulfur dan senyawa sulfida methylallyl yang bisa menolong kamu untuk menurunkan kandungan cholesterol jahat pada darah serta penambahan pada cholesterol baik. Selain itu makanan ini juga mempunyai manfaat untuk mengatur desakan darah tinggi dan buka arteri yang terhalang, sampai dapat tingkatan kesehatan jantung anda.

9. Jadi sumber anti-oksidan yang begitu ampuh

Kandungan yang ada dalam keripik tahu mempunyai sumber anti oksidan yang sangat kaya dan tentu saja diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya menahan, makanan ini juga dikenal menjadi anti bakteri serta virus, kemudian senyawa yang ada pada makanan ini dapat menahan perubahan bakteri dan cacing pada tubuh.

10. Menahan demensia serta penyakit alzheimer

Rusaknya soksidatif atau saraf yang disebabkan oleh radikal bebas begitu bertindak pada proses penuaan awal. Keripik tahu mempunyai kandungan anti oksidan yang dapat memberi dukungan proses perlindungan tubuh pada rusaknya oksidatif dan menolong untuk menahan penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia.

Macam- Macam Jenis Tahu

1. Tahu Kuning

Nah, kalau jenis tahu ini kamu pasti sangat sering menemukannya di pasar. Tidak asing lagi ketemu sama yang namanya tahu kuning. Tahu ini mempunyai warna kuning yang berasal dari kunyit. Terus, di daerah Kediri, tahu kuning dikenal dengan sebutan tahu takwa.

Teksturnya lembut, kenyal, padat, serta memiliki pori. Biasanya masakan yang cocok selain digoreng, yaitu ditumis atau dibuat sebagai salah satu isian dari sup.

2. Tahu Putih

Tidak hanya tahu yang berwarna kuning, dipasar pasti kamu juga menemukan tahu yang bewarna putih. Nah tidak salah lagi, itu namanya tahu putih.

Makanan tahu putih ini mempunyai tekstur yang padat dan memiliki pori- pori yang lumayan besar. Sebenarnya, untuk cara pembuatannya sendiri hampir mirip dengan tahu kuning lho, seperti ditumis atau dibuat sup.

Namun, makanan tahu putih ini juga bisa dijadikan aneka gorengan seperti perkedel tahu, kroket tahu, tahu isi, martabak tahu, dan masih banyak lagi.

3. Tahu Pong

Jujur saya heran saat saya pertama kali mencicipi tahu ini dengan namanya, tahu pong. Makanan tahu ini lumayan unik lho, karena pada bagian tengah dari tahu ini bolong, lalu saat digoreng, makanan tahu ini mengembang dan membentuk rongga- rongga.

Bentuknya memang aneh, namun kalau soal rasa, tahu pong mempunyai rasa yang gurih dan sangat enak. Apalagi saat dimakan bersama dengan saus sambal.

Sangat Cocok dijadikan sebagai salah satu cemilan ketika sedang bersantai maupun saat berkumpul. Selain saus sambal, ada banyak macam jenis saus lainnya dan kecap yang bisa kamu temui dirak supermarket.

4. Tahu Sutera (Tofu)

Mungkin dari namanya saja kamu sudah bisa menebak bahwa tahu ini sebenarnya berasal dari Jepang. Namun, makanan tahu sutera ini lumayan populer di Indonesia.

Biasanya makanan tahu ini bisa kita temui dibeberapa supermarket. Mempunyai tekstur yang halus, dan berwarna putih sampai kekuningan, biasanya tofu dikemas menggunakan plastik yang kedap udara.

Tofu sendiri ada ragamnya, ada yang namanya tofu egg, diberi tambahan telur dan mempunyai warna yang lebih kuning. lalu ada juga yang namanya shrimp tofu, di beri tambahan udang. Olahan yang cocok untuk makanan tofu ini seperti puding, mun tahu, wedang tahu dan sapo.

5. Tahu Kulit

Nama lain tahu kulit ini biasa di sebut tahu sumedang. Pasti sudah pada tau jika tahu sumedang ini makanan khas Jawa Barat? Pada umumnya mempunyai warna serta tekstur yang sama dengan tahu putih biasa.

Bedanya adalah saat digoreng, kulit pada tahu ini akan tampak keriting dan kadang di sajikan dalam ukuran yang kecil. Terkadang tahu sumedang ini cukup digoreng saja sudah sangat enak, jangan lupa bersanding dengan cabe rawit hijau. Tahu sumedang ini juga enak dibuat tahu gejrot.

6. Tahu Bulat

Dari namanya saja cukup unik ya guys? Makanan tahu bulat adalah salah satu makanan tahu khas Tasikmalaya yang saat ini sedang populer. Mempunyai bentuk yang bulat, rasa yang gurih, dan bagian tengah dari tahu ini juga bolong serta berongga.

Hampir mirip dengan tahu pong, tetapi makanan tahu bulat ini digoreng secara dadakan ketika dipesan. Makanan tahu bulat yang dijual oleh abang- abang biasanya diberikan tambahan bumbu- bubuk yang bermacam-macam, ada rasa asin, pedas, keju, barberque, dan lain sebagainya

Beberapa Manfaat Tahu

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan isoflavone pada tahu mempunyai sifat antioksidan yang dapat berfungsi mengurangi peradangan di pembuluh darah. Tidak hanya itu, kandungan serat pada tahu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Maka dari itu, seseorang yang rutin mengonsumsi tahu serta membatasi mengkonsumsi daging memiliki risiko hipertensi dan penyakit jantung yang lebih rendah.

2. Menurunkan risiko kanker payudara

Fitoestrogen penyebab kanker payudara sangat sering dikaitkan karena kandungan ini disebut mirip dengan hormon estrogen pada wanita. Walaupun demikian, efek yang terdapat pada kandungan ini tidak selalu sama dengan estrogen.

Fitoestrogen pada kacang kedelai beserta produknya justru mempunyai efek antiestrogenik pada jaringan tubuh sehingga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

3. Menurunkan risiko kanker saluran pencernaan

Kandungan isoflavone juga diyakini bisa menurunkan resiko kanker disaluran pencernaan, seperti kanker lambung dan kanker kolorektal. Salah satu buktinya adalah penelitian tahun 2016 pada European journal of nutrition.

Menurut studi tersebut, asupan kedelai beserta produknya yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko kanker sistem pencernaan sebesar 7%.

4. Mencegah obesitas

Tahu merupakan makanan dengan kadar kalori yang rendah. Maka dari itu, jenis makanan ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Selain itu, makanan tahu juga terbukti dapat membuat kenyak, sehingga mengkonsumsi makanan ini bisa membantu mencegah makan secara berlebihan. Adapun hal tersebut bisa membantu mencegah obesitas serta masalah terkait berat badan lainnya.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Kacang kedelai dan produknya, termasuk tahu, kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kamu. Makanan berserat tinggi ini bisa membantu mengontrol gerak usus, hingga dapat terhindar dari penyakit sistem pencernaan, seperti sembelit.

Tidak hanya itu, kandungan serat yang terdapat dalam makanan tahu juga mempunyai khasiat untuk menurunkan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

6. Menurunkan risiko osteoporosis

Tahu juga kaya akan kalsium. Faktanya, kalsium sebanyak 4 ons sama dengan kandungan kalsium dalam 8 ons susu sapi. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan tahu bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan isoflavone dalam tahu juga dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita menopause.

7. Menjaga fungsi otak

Kandungan isoflavone pada kacang kedelai dan produknya, seperti tahu, juga mempunyai efek positif pada otak, terutama pada fungsi kognitif atau daya ingat. Menurut studi tahun 2014 pada jurnal Maturitas, efek neuroprotektif dari senyawa fitoestrogen terbukti dapat memengaruhi fungsi kognitif pada hewan.

8. Meningkatkan elastisitas kulit

Khasiat isoflavone atau fitoestrogen yang terdapat pada makanan tahu juga bisa terlihat pada kulit kamu. Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan isoflavone ini bisa menurunkan tanda penuaan pada kulit, seperti keriput serta perubahan warna kulit. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu menjaga elastisitas kulit kamu.

Cara Membuat Keripik Tahu Renyah, Nikmat dan Mudah

Selain rasa gurih dan renyah cara membuat keripik tahu juga mudah. Cara membuatnya hanya dengan bahan utama tahu dan tepung bumbu ini sudah bisa memjadi cemilan yang nikmat yang cocok untuk bersantai.

Cara membuat keripik tahu tidak susah kok teman- teman cukup mudah dan sederhana. Tinggal siapkan bahan- bahan yang di butuhkan serta ikuti langkah- langkah dengan benar saya yakin teman teman akan berhasil dalam membuat kripik tahu yang enak dan nikmat, yuk kita lihat bahan dan cara membuat keripik tahu.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, beberapa cara membuat keripik tahu renyah, nikmat dan mudah:

1. Cara Membuat Keripik Tahu Renyah dan Gurih

cara membuat keripik tahu

Bahan- bahan:

  • Tahu pong kotak sebanyak 250 gram, ambil kulitnya
  • Tepung maizena 5 sendok makan
  • Air bersih dan minyak goreng secukupnya
  • Bumbu yang harus dihaluskan:
  • Bawang merah sebanyak 3 buah
  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Garam dapur dan gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuat keripik tahu renyah dan gurih:

1. Siapkan satu wadah lalu masukan tepung maizena dan air bersih sambil diaduk hingga tercampur rata.

2. Selanjutnya haluskan dahulu bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir dan merica bubuk dengan ulekan.

3. Ulek terus hingga bumbu benar-benar halus.

4. Selanjutnya ambil kulit tahu dan masukan kedalam adonan tepung hingga kulit tahu terlumurisempurna oleh adonan tepung.

5. Lalu goreng tahu yang sudah dilumuri adonan tepung dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan.

6. Masak terus hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

7. Keripik tahu siap untuk dinikmati.

2. Cara Membuat Keripik Tahu Pedas

Bahan- bahan:

  • 10 buah tahu pong goreng
  • 300 ml air, untuk pencelup
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng
  • Bahan pelapis (aduk rata)
  • 100 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung beras
  • 1 sendok teh tepung sagu
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Bahan taburan (aduk rata)
  • 4 buah cabai kering, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, iris, goreng, remahkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica

Cara membuat keripik tahu pedas:

1. Ambil tahu pong dan sisihkan isinya (isian tahu bisa untuk membuat pepes tahu atau mun tahu). Balik tahu sehingga bagian dalamnya berada diluar.

2. Aduk rata bahan pelapis. Guling tahu pong ke dalam air lalu guling ke dalam bahan pelapis hingga terbalut rata.

3. Goreng tahu di dalam minyak yang sudah dipanaskan, gunakan api sedang. Goreng sampai tahu matang kering dan bertekstur garing.

4. Masukkan ke dalam plastik bersama bahan taburan, lalu aduk sampai terbalut rata.

5. Keripik tahu pedas siap dinikmati, selamat mencoba.

3. Cara Membuat Keripik Tahu Pong Renyah

cara membuat keripik tahu

Bahan- bahan:

  • 10 bh tahu Pong/ tahu cokelat
  • Secukupnya tepung bumbu
  • 1 sdm Bumbu tabur (saya pakai rasa jagung bakar)
  • Minyak untuk menggoreng

cara membuat keripik tahu pong renyah:

1. Siapkan tahu, potong tahu menjadi 2 lalu keluarkan isi tahu

2. Setelah itu siapkan wadah tuang tepung bumbu, lalu masukkan tahu tutup dan kocok hingga semua tahu rata terkena bumbu tepung

3. Setelah itu goreng tahu di minyak yang sudah di panaskan

4. Angkat, tiriskan lalu beri bumbu tabur, lakukan dengan cara di kocok lagi di wadah tertutup dan siap di sajikan hangat-hangat.

4. Cara Membuat Keripik Tahu Balado

cara membuat keripik tahu

Bahan- bahan:

  • Secukupnya tahu
  • Secukupnya bumbu balado/garam/royco
  • Minyak goreng

Cara membuat keripik tahu balado:

1. Iris tipis2 tahu.

2. Lalu goreng sampai kering.

3. Taburi bumbu balado.

4. Keripik tahu siap di santap.

Demikian beberapa penjelasan serta cara membuat keripik tahu ini, semoga bermanfaat untuk Kamu. Sekian dan terima kasih.