Categories
Uncategorized

Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Plastik yang Keren!!!

Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Plastik – Seseorang yang menyukai atau bekerja dalam bidang bisnis mampu melihat peluang sekecil apa pun.

Kerajinan dari limbah plastik? Banyak orang dengan jiwa usaha berpikir bahwa botol-botol bekas, plastik bekas, bungkus makanan atau minuman bekas bisa dijadikan menjadi sebuah karya menjadi nilai jual tinggi. Harus perlu ada sentuhan kreativitas agar mampu menarik perhatian orang lain untuk membelinya.

Kamu juga bisa mulai berwirausaha sosial, dengan memberdayakan masyarakat suatu daerah dalam membantu projek bisnismu.

Di beberapa wilayah sampah plastik bukan menjadi masalah lagi. Banyak orang-orang yang sudah memperhatikan keadaan lingkungannya dengan memanfaatkan sampah plastik. Limbah plastik dibuat menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat.

Permasalahan sampah plastik memang hingga sekarang tak pernah usai. Sampah plastik menjadi masalah serius, sebab sampah ini dipakai hanya jangka waktu yang sebentar.

Tetapi, sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai oleh tanah, dengan jangka waktu kerang lebih hingga 450 tahun.

Sampah plastik contohnya bungkus kopi instant, detergen, dan botol plastik faktanya masih dapat dipakai untuk hal-hal lain. Dari sampah plastik yang tidak berguna, limbah tersebut masih bisa diolah menjadi barang-barang yang mempunyai harga.

Cara Membuat Kerajinan Pot Karakter dari Limbah Plastik

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Hiasan untuk pot bunga
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman

Cara Membuat Kerajinan Pot Karakter dari Limbah Plastik:

  1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.
  2. Setelah semua sudah ada, selanjutnya adalah memotong botol plastik dengan pisau.
  3. Ukurannya sesuai keinginan kalian masing – masing
  4. Beri  hiasan sesuai keinginan.
  5. Bagian bawah botol jangan lupa di lubangi agar air tidak mengendap di dalam botol.
  6. Masukkan tanah dan pupuk ke dalam botol.
  7. Tanam bibit yang ingin di tanam.

Cara Membuat Kerajinan Tas dari Limbah Plastik

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Kantong plastik
  • Tali
  • Setrika
  • Kertas roti
  • Seal press
  • Gunting

Cara Membuat Kerajinan Tas dari Limbah Plastik:

  1. Potong kresek bagian paling atas dan bawah. Pastikan potongan rapi hingga plastik berbentuk persegi.
  2. Letakkan plastik yang sudah dipotong ke atas meja dan tutup menggunakan kertas roti, kemudian setrika secara perlahan – lahan. Setrika dengan hati – hati dan tidak terlalu lama, setrika plastik sampai berubah jadi lebih padat dan memiliki motif jeruk.
  3. Rapatkan bagian bawah plastik menggunakan seal press. Jika tidak mempunyai jahit plastik, sisakan sedikit ruang untuk memasukkan tali ke dalamnya.
  4. Setelah semua terpasang, maka tas siap digunakan.

Cara Daur Ulang Plastik di Industri 

Dengan penggunaan plastik setiap hari untuk kebutuhan membawa barang – barang agar tidak repot, sebenarnya dapat menimbulkan pencemaran lingkungan akibat sebuah sampah plastik

Tidak baik juga ketika plastik digunakan untuk membungkus sebuah makanan yang masih panas karena plastik mengandung unsur karbon dan hidrogen. Tidak semua sampah plastik dapat didaur ulang, ada beberapa tipe plastik yang tidak bisa didaur ulang maka dari itu sampah plstik harus dihancurkan agar tidak menumpuk.

Dalam mendaur ulang sampah plastik di industri ada beberapa proses yang bisa dilakukan, sebagai berikut :

  • Sortir – Tahap dimana sampah plastik akan dipilah dengan memisahkan berdasar jenis ketebalan, bentuk, dan ukurannya.
  • Pemotongan – Setelah dipilih – pilih, sampah plastik akan dipotong menjadi bagian yang lebih kecil aga rmudah dalam mengolah dan supaya prosesnya tidak lama.
  • Pencucian – Ketika smapah sudah dipotong menjadi kecil – kecil, kemudian dibersihkan sampai bersih untuk diolah menjadi produk.
  • Pengeringan – Setelah melewati proses pencucian sampah plastik dikeringkan dahulu dengan standar suhu yang sudah ditetapkan untuk mempertahankan kualitas produk.
  • Pemanasan –Bgitu sudah kering sampah plastik akan dipanaskan dengan suhu 200 derajat Celcius hingga plastik meleleh.
  • Penyaringan – Lelehan plastik akan membentuk silinder panjang yang selanjutnya akan dipotong dengan sebuah mesin.
  • Pendinginan – Setelah melewati proses penyaringan dan pemotongan makan sampah plastik akan dialirkan melalui pipa pendingin untuk dibekukan dan mempermudah dalam proses selanjutnya.
  • Pencetakan – Setelah di dinginkan, sampah  plastik akan dicetak dengan bentuk seperti mie dengan diameter 4 mm untuk dibuat kerajinan.

Demikian, cara membuat kerajinan dari limbah plastik, dan tips peluang usaha daur ulang sampah plastik yang bisa kalian praktikkan. Semoga dengan mendaur ulang sampah kita bisa mulai menjaga lingkungan kita dari pencemaran sampah plastik.

Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan dari Bahan Plastik, Dari Sampah Menjadi Rupiah!!!. Ketika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Plastik yang disetor akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.