Categories
Uncategorized

Cara Membuat Gelato Oreo, Es Kekinian dari Italia

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan artikel dengan judul Cara Membuat Gelato Oreo, Es Kekinian dari Italia. Selain cara membuatnya, saya juga akan memberikan beberapa tips supaya tidak gagal dalam membuatnya.

Apa itu Gelato Oreo?

Gelato berasal dari kata congelato dalam bahasa Italia, yang berarti beku. Sedangkan congelare berarti membekukan yang menjadi proses utama dalam pembuatan gelato.

Gelato umumnya memiliki lebih banyak varian rasa daripada dessert beku lainnya karena  memiliki kepadatan dan rasa yang membedakannya dari es krim lain. Gelato dapat disajikan layaknya es krim biasa, seperti dalam cup, con, gelas, topping roti, dan wadah lainnya.

Sedangkan Oreo adalah makanan ringan bercita rasa manis, yang dibuat dari biskuit coklat dan krim putih di dalamnya. Rasa gurih dari biskuit begitu menyatu dengan rasa krim oreo ini, sehingga oreo menjadi biskuit isi yang paling banyak disukai oleh semua orang.

Nah, dari penjelasan di atas, pasti kalian sudah membayangkan bagaimana jika keduanya disandingkan yaa?

Eits.. jangan ngiler dulu ya! Kali ini, kalian tidak perlu hanya membayangkannya lagi. Karena di bawah ini akan saya cantumkan bagaimana cara membuat gelato yang dicampurkan dengan oreo, camilan favorit semua orang!

Sebelum menuju ke resepnya, yuk perhatikan terlebih dahulu tips and trick untuk membuat gelato berikut ini.

Tips Membuat Gelato Anti Gagal

Alangkah sebalnya apabila kita sudah meluangkan waktu dan uang untuk membuat es krim gelato, namun gagal. Es menjadi kurang padat, tidak lembut, dan bahkan cepat sekali mencair.

Padahal sudah mengikuti resep melalui internet. Kenapa masih bisa gagal? Nah, untuk meminimalisir kegagalan tersebut sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips-tips cara membuat gelato di bawah ini:

1. Menggunakan Susu yang Rendah Lemak

Es krim memiliki bahan utama susu yang mengandung lemak. Lemak inilah yang menjadikan es krim kita lembut dan lezat. Oleh karena itu, saat membeli bahan baku untuk membuat es krim gelato ini pastikan kamu memilih susu full cream atau full fat ya!

Apa yang terjadi ketika kita menggunakan susu low fat, selain menjadikan es krim kurang enak? Saat dibekukan, es krim tidak akan membeku dengan sempurna. Jadi, jika kalian tidak ingin mengonsumsi es krim dengan susu full cream ini, pilih sorbet sebagai alternatifnya. Karena sorbet sama sekali tidak mengandung susu.

2. Wadah Tidak Dingin

Dalam membuat es krim, tentu kita akan sangat fokus kepada bahan-bahan baku yang akan digunakan. Hal-hal lainnya seperti alat atau media yang digunakan kerap kali disepelekan. Media yang digunakan sebaiknya terbuat dari aluminium atau besi yang dapat menahan dingin.

3. Bahan Baku dalam Keadaan Tidak Dingin

Selain wadah yang sebaiknya bersuhu dingin, bahan-bahan baku yang digunakan pun lebih baik dalam keadaan dingin. Maka dari itu, sebelum membuat es krim gelato letakkan terlebih dahulu bahan baku ke dalam kulkas. Suhu bahan baku yang dingin dapat mempercepat es krim gelato menjadi padat.

4. Takaran Bahan Baku Terlalu Banyak

Bagi kalian yang akan membuat es krim gelato menggunakan mesin, sebaiknya perhatikan takaran bahan baku yang dipakai. Adonan yang terlalu banyak akan menjadikan es krim gelato kita tidak cepat padat. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu total takaran yang dapat ditampung oleh mesin kalian.

5. Tidak Bisa Menahan Kesabaran

Membuat es krim gelato sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kesabaran. Hal ini dikarenakan, es krim gelato harus berkali-kali dikocok dan dibekukan. Langkah tersebut harus diulangi kurang lebih sebanyak 3 kali untuk memperoleh es krim gelato yang lembut dan padat.

Cara Membuat Gelato Oreo, yang Bikin Ketagihan!

Nah, setelah mengetahui tips atau cara membuat es krim lembut supaya berhasil, yuk langsung eksekusikan resep membuat es krim gelato di bawah ini!

1.     Cara Membuat Gelato Oreo Mocca Chruncy

cara membuat gelato oreo

Mau tau bagaimana rasanya? Yuk praktekin yang di bawah ini:

Bahan yang Dibutuhkan:

Meringue:
  • 3 butir putih telur
  • Secukupnya lemon juice/vanilla essence (untuk mengurangi bau amis dari telur)
Custard:
  • 3 butir kuning telur
  • 4 sdm datar (tidak munjung) gula pasir
  • Secukupnya lemon juice/vanilla essence
Adonan:
  • 450 ml susu full cream
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sch kopi rasa Moccacino
  • Secukupnya oreo, hancurkan dengan cara cincang kasar

Cara Membuat Gelato Oreo Mocca Chruncy:

  1. Pertama-tama, buatlah meringue terlebih dahulu dengan cara masak bahan meringue dengan menggunakan teknik double boiler dengan api kecil. Aduk supaya telur tidak matang dan menggumpal. Proses ini ditujukan untuk mematikan bakteri pada putih telur.
  2. Setelah panas (tidak mendidih), angkat lalu kocok bahan meringue tersebut menggunakan mixer. Mixer dengan kecepatan rendah sampai sedang. Kocok hingga kaku, simpan ke dalam freezer selama 1 jam.
  3. Selanjutnya membuat custard dengan mengocok kuning telur, gula, dan penghilang bau amis menggunakan mixer. Pengocokan dilakukan hingga bahan tercampur rata, mengembang, lembut, dan berwarna pucat.
  4. Lalu, rebus adonan susu cair, kopi rasa moccacino, dan tepung maizena dengan menggunakan api kecil hingga hangat. Hangat ini ditandai dengan munculnya sedikit gelembung di tepi panci. Setelah hangat, angkat.
  5. Kemudian campurkan rebusan adonan tadi ke dalam custard sedikit demi sedikit sambil diaduk terus supaya kuning telur tidak menggerindil dan gosong. Lalu, rebus kembali hingga muncul letupan kecil dan mengental.
  6. Setelah adonan mengental, biarkan pada suhu ruang, kemudian campur dengan meringue yang telah disimpan di dalam freezer. Aduk perlahan dengan menggunakan spatula.
  7. Lalu tuang adonan di loyang atau wadah lainnya, dan simpan di dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  8. Kemudian, ambil loyang dan cek apakah teksturnya sudah membeku atau belum. Jika sudah, mixer hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer selama 45 menit. Ulangi sebanyak 3 kali untuk melembutkan teksturnya.
  9. Setelah 3 kali perulangan, tambahkan remukan oreo.
  10. Terakhir, simpan ke dalam freezer selama 4 jam.
  11. Gelato siap dinikmati!

2.     Resep Gelato Oreo Vanilla

cara membuat gelato oreo

Nah, setelah tadi memberikan resep gelato rasa mocca dan oreo, kali ini saya akan memberikan resep gelato yang lembut dengan rasa vanilla oreo. Perpaduan rasa vanilla dan oreo menjadi pas, apalagi jika kalian memilih oreo yang varian original. Pasti endeus deh!

Yuk langsung eksekusikan yang di bawah ini:

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 600 ml susu sapi putih full cream
  • 5 butir kuning telur
  • 1 sdt vanilla essence
  • 140 gram gula pasir
  • Secukupnya chococips
  • 1 bungkus oreo, hancurkan

Cara Membuat Gelato Oreo Vanilla:

  1. Tuangkan susu cair ke dalam panci, masak dengan api sedang.
  2. Sembari menunggu susu mendidih, kocok kuning telur dengan gula pasir di wadah tahan panas selama kurang lebih 2 menit hingga mengental. Lalu masukkan vanilla essence.
  3. Angkat susu yang telah dimasak, masukkan ke dalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit dan sambil diaduk. Jangan langsung dituang semua ya, karena susu yang panas dapat mematangkan telur kalian! Aduk terus hingga creamy.
  4. Selanjutnya, tim adonan di atas panci berisi air mendidih, aduk terus hingga adonan mengental (bertekstur seperti puding).
  5. Setelah itu angkat adonan dan dinginkan. Masukkan chocochips dan oreo ke dalam adonan gelato.
  6. Tutup wadah dengan plastik dan simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam. Lalu, masukkan ke dalam freezer. Setelah itu ketika adonan setengah membeku keluarkan dari freezer selama 5 menit, lalu masukkan kembali hingga membeku sempurna.
  7. Gelato vanilla oreo siap dihidangkan!

Rupanya membuat gelato itu mudah ya. Selain memakannya dengan cone, ternyata es krim gelato ini juga dapat disantap dengan berbagai topping favorit kita lho!

Tentu ini menjadi kabar baik bagi kalian penikmat es krim dengan extra topping! Misalnya saja agar-agar. Cara membuat agar-agar pun tidak sulit kok. Mulai dari agar-agar rasa buah, milky, coklat, semua cocok. Jadi, tidak perlu ragu lagi, segera eksekusi resepnya, ya!

Sekian artikel dari saya kali ini. Semoga artikel Cara Membuat Gelato Tanpa Ribet, Dijamin Anti Gagal! ini dapat bermanfaat untuk seluruh pembacanya. Serta mendapat wawasan lebih mengenai tips-tips membuat es krim supaya berhasil. Terimakasih dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata saya yang kurang berkenan. Selamat mencoba!