Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Yang Enak

Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung

 

Ayam krispi merupakan makanan yang sangat lezat dan disukai banyak orang. Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung sangat mudah untuk dibuat dan bahannya pun mudah untuk didapatkan, kamu pun bisa sendiri di rumah.

Karena makanan ini juga sangat cocok untuk berbagai usia mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Makan hidangan ini juga harus ditemani dengan nasi panas dan saus sambal pedas yang bisa membuat suasana makan semakin bergelora.

Riwayat Daging Ayam

Lebih dari sekitar 600 tahun menampilkan daging ayam sebagai makanan. Ayam merupakan daging yang paling digemari dan didapatkan ketika adanya zaman pertengahan. Penggunaan daging ayam di Amerika Serikat meningkat ketika mengalami Perang Dunia ke 2 akibat kekurangan daging babi dan sapi.

Pada zaman Eropa waktu itu, pemakan daging ayam lebih meningkat daripada pemakan daging sapi pada tahun 1996, mungkin ada hubungannya dengan penyakit sapi gila. Daging ayam juga didapatkan dari peternakan ayam yaitu unggas, karena unggas yang paling banyak diternak di dunia.

Karena daging ayam lebih mudah dipelihara dan pemeliharaannya lebih rendah dibandingkan dengan hewan lainnya seperti babi atau sapi, daging ayam telah menjadi bahan yang sangat populer dalam berbagai masakan.

Ayam dapat disiapkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung. Pada waktu abad ke 20, olahan ayam telah menjadi makanan pokok dan makanan cepat saji.

Ayam disebut-sebut lebih menyehatkan daripada daging – daging lainnya seperti daging merah, dengan konsentrasi yang berpengaruh pada kolesterol dan lemak – lemak jenuh yang lebih rendah.

Bagian Ayam yang Dapat Dimakan

Biasanya, (hati ayam, kaki, paha, dan sebagainya), hati ayam, jantung ayam, dan empedu ayam menjadi masakan olahan makanan. Pada bagian ceker ayam / kaki ayam lebih jarang dimakan, meskipun kurang lebih terdapat dalam masakan – masakan cina.

Kepala, organ-organ dalam seperti – paru ayam dan usus ayam, serta bulunya biasanya dibuang atau dijadikan protein yang tinggi untuk dimasukkan ke dalam makanan hewan lain, sementara masakan warga negara Cina menyajikan ayam lengkap pada hidangannya (termasuk kepala), sehungga sangat dengan hidangan itu.

Daging ayam banyak sekali cara mudah untuk mengolahnya, salah satunya dengan Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung . Teman – teman di rumah bisa jadi karena mudah sekali dibuat. Simak cara membuat ayam krispi dengan tepung di bawah ini.

 

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Yang Enak

Bahan – Bahan:

  • 1/2 ekor ayam ( dada/paha/sayap )
  • 4 sendok tepung (sesuai selera)
  • 1 sendok tepung tapioka
  • kue soda sejumput
  • air ( menggunakan air dingin lebih baik )
  • lada bubuk (sesuai selera)
  • garam dan kaldu ayam bubuk ( sesuai kebutuhan )
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 4 siung bawang putih haluskan ( Untuk mengupas yang lebih mudah Anda bisa menggunakan mesin pengupas bawang)

Langkah Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung

  1. Bersihkan ayam, berikan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas bersih kembali tiriskan.
  2. Siapkan dalam wadah berbeda bahan pencelup, (larutkan semua dengan air dingin) jika sudah, masukan baru yang sudah dikocok lepas, biar tidak menggumpal ) dan masukan ayam, aduk merata, simpan di kulkas kurang lebih 30 menit biar biar bumbu meresap, tapi jika terburu-buru – buru boleh langsung dimasak.
  3. Siapkan ayam dari bahan pencelup tadi dengan sendok garpu dan masukan dalam wadah yang isinya bahan lumuran, lalu lumuri ayam sampai tertutup tepung dengan menggunakan tangan, ditepuk – tepuk sambil dicubit – cubit (supaya hasilnya ada tekstur krispinya) lalu goreng dengan minyak yang sudah panas, lakukan sampai ayam habis.
  4. Baluri ayam dengan adonan kering pada saat mau digoreng saja, jangan mengumpulkan ayam dilumuri adonan kering pada saat menunggu ayam pertama digoreng, nanti ayam akan jadi basah dan tidak bisa menjadi krispi.
  5. Ayam krispi dengan tepung siap dihidangkan.

Kelebihan Daging Ayam

Ayam sepertinya sudah menjadi makanan favorit untuk masyarakat Indonesia. Bahkan mungkin hampir dari setiap minggu pasti kalian memakan lauk olahan dari daging ayam. Tidak heran juga, karena daging ayam juga bisa diolah dengan berbagai jenis bumbu yang cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Harganya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan daging hewani lainnya membuat daging ayam semakin digemari oleh berbagai usia. Banyak asumsi yang menyebut mengenai bahaya dalam mengkonsumsi daging ayam setiap hari.

Padahal tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga daging ayam mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Buat kalian yang suka makan dengan daging ayam bagian dada, di sanalah terdapat protein, mineral, dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk tubuh kamu. Jadi jangan takut untuk mencobanya.

Nah, ingat jangan suka makan ayamnya saja ya!. Tapi kamu juga harus tahu  Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung dan manfaatnya. Mari kita cari tahu apa saja manfaat jika memakan daging ayam bagi tubuh dan kesehatan berikut ini!.

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik untuk Otot

Protein adalah zat yang menjadi salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Olahan pada daging ayam juga menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan protein yang cukup tinggi.

Tingginya protein pada olahan daging ayam juga dapat membantu untuk mempermudah pembentukan otot. Biasanya manfaat daging ayam ini digunakan untuk orang yang sedang ingin membentuk pertumbuhan otot apalagi dibuat dengan Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya pada olahan daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet namun dengan olahan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak diolah dengan minyak goreng panas untuk mencegah kolesterol jahat pada tubuh, biasanya teknik yang dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil.

Pada bagian dada dan paha mempunyai jumlah protein hingga 25 sampai 30 gram pada tiap potongnya. Selain itu juga, daging ayam dapat memberikan efek kenyang pada perut kita.

Ingat!, walaupun daging ayam memiliki kandungan protein yang cocok untuk diet, namun kalian juga harus tetap menyeimbangkannya dengan olahraga. Supaya berat badan ideal kamu bisa terjaga.

3. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya terdapat protein saja, pada saat kalian memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu lho!.

Jadi, kamu tidak perlu takut gendut saat makan ayam. Dan yang paling penting juga kalian jangan berlebihan saat makan olahan daging ayam dan harus diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Daging ayam mengandung vitamin B3 atau kandungan niacin memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kamu yaitu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Biasanya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi.

Tapi alangkah baiknya, kamu mengkonsumsi bagian dada karena rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus.

5. Mampu Menghilangkan Stres

Pasti kamu baru tahu nih manfaat dari ayam yang ini. Yup betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata bisa mengurangi rasa stres. Lho, kok bisa? Nih, simak ya. Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan.

Zat ini memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa stres dan dinilai dapat mengubah suasana hati menjadi lebih tenang dan santai. Nah, buat kalian yang lagi banyak pikiran bisa coba nih makan menu ayam supaya kalian bisa lebih tenang.

6. Mengobati Anemia

Kandungan lainnya yang baik bagi tubuh kamu yaitu kandungan zat besi. Buat kamu yang belum tahu apa itu zat besi. Simak informasinya, Zat besi berguna untuk memberikan peredaran di dalam tubuh, yang bagus untuk kamu yang menderita anemia.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Belum banyak yang tahu, daging ayam dinilai bisa mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, berpikir, berbicara, dan perilaku lainnya. Dengan mengkonsumsi daging ayam bisa membantu mencegah penyakit ini.

8. Melawan Penyakit

Salah satu kandungan yang khasiatnya baik untuk tubuh yaitu dapat melawan penyakit. Biasanya kamu bisa mengonsumsi sup ayam saat kondisi badan sedang tidak sehat. Alasannya karena, daging ayam memiliki senyawa selenium yang berguna untuk melawan penyakit.

Tidak hanya itu, ayam juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk gangguan jantung, peradangan, dan neurologis. Jadi tidak ada alasan untuk kamu mencobanya.

9. Menangkal Risiko Kanker

Selanjutnya, kandungan seperti Vitamin B, Niacin, dan Selenium juga bisa menangkal sel radikal bebas yang dapat memicu timbulnya kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA yang ada di dalam tubuh kamu lho. Jadi, tunggu apalagi.

10. Merawat Kesehatan Tulang

Terakhir, selain protein, daging ayam memiliki beberapa kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium. Dalam nutrisi mineral ini ternyata dapat membantu tubuh kamu dalam merawat kesehatan tulang agar lebih kuat.

Apakah diantara kamu ada yang merasa tulangnya keropos? Wah, kayaknya makan ayam jadi santapan yang cocok untuk membantu merawat kesehatan tulang kamu.

Itulah beberapa manfaat memakan daging ayam bagi kesehatan tubuh. Gimana?, sudah semakin paham dan mengerti kan? Setelah kamu tahu banyak manfaat dari daging ayam apakah kamu makin semangat terus untuk menyantap menu-menu ayam? Jangan lupa ya untuk diperhatikan proses membuatnya supaya kandungan vitamin dari ayam tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Tawar Goreng

Kekurangan Daging Ayam

Dari banyaknya kelebihan dari olahan daging ayam tentunya masih ada kekurangan jika tidak mengolahnya dengan tepat. Yang bisa disarankan untuk dimakan adalah daging ayam bukan kulit ayam ataupun jeroannya.
Kulit dan jeroan pada ayam memiliki kolesterol yang cukup tinggi dan hampir tiap dokter melarang untuk memakannya. Hanya di Indonesia saja yang menjadikan jeroan sebagai makanan, di luar negeri jeroan digunakan sebagai campuran makanan ternak.
Pengolahan daging ayam yang sehat adalah ditim, kukus  dan rebus. Untuk  masakan ayam yang digoreng disarankan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi, karena masalahnya terdapat di minyak goreng tersebut yang memicu kolesterol dari lemak jenuh yang tinggi.
Begitu pun dengan masakan ayam bakar, bekas gosong yang terdapat pada ayam sebaiknya tidak untuk dimakan. Hal ini dikarenakan adanya bekas gosong pada ayam bakar diteliti bisa menjadi pemicu dalam penyakit kanker.

Kandungan Daging Ayam

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Yang Enak

Seorang ilmuan nutrisi Chris Mohr yang berasal dari Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam daging ayam mempunyai keutamaan tersendiri.

Ada jenis nutrisi seperti protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 18 gram dalam 100 gram daging ayam. Namun, dalam kandungan daging ayam juga tidak hanya sebatas protein saja.

Melainkan banyak nutrisi yang terkandung dalam daging ayam seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, juga beberapa vitamin. Vitamin pada kandungan daging ayam seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin D juga, vitamin B-12, vitamin A & K, folat, juga riboflavin dan niacin.

Untuk kadar kalori dalam daging ayam memang tinggi. Pada 100 gram daging ayam juga terdapat 302 kalori yang dihasilkan. Kadar kalori ini cukup bagus untuk menambah jumlah energi yang ada dalam tubuh.

Sehingga kamu tetap akan merasa kenyang walaupun mengkonsumsi daging ayam walaupun tanpa karbohidrat. Namun, ada baiknya bila semua nutrisi kamu dapatkan agar tubuh tidak lemas dan tidak kekurangan energi.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Crispy

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan pada Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Yang Enak

Kerenyahan dari kulit luar daging ayam yang dibalut tepung ini memang membuat orang tak bisa berhenti menyantapnya. Tak hanya sebagai lauk, ayam krispi dengan tepung juga sering disajikan dengan berbagai makanan lain seperti roti burger atau waffle.

Menjadi salah satu makanan yang populer, tak heran bila banyak restoran cepat saji yang menjadikan ayam krispi dengan tepung sebagai menu utamanya.
Tidak perlu membelinya di restoran, karena kalian pun bisa membuatnya sendiri di rumah mengingat cara memasaknya yang cukup sederhana.
Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasak ayam krispi dengan tepung. Apalagi, dengan cara proses memasaknya yang memang cukup lama dan membutuhkan kesabaran ekstra.
Sering kali, banyak orang yang gagal dalam memasaknya karena kesalahan-kesalahan kecil seperti penggunaan minyak yang kurang tepat, sehingga, tidak menghasilkan tekstur renyah seperti yang diinginkan.
Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membuat ayam krispi dengan tepung. Berikut ulasannya:

1. Hanya Menggunakan Paha Ayam

Kebanyakan orang hanya menggunakan bagian paha pada ayam untuk diolah sebagai ayam krispi. Padahal, pada seluruh bagian yang terdapat pada daging ayam dapat dimasak menjadi ayam krispi yang renyah dan lezat, salah satunya adalah bagian dada.

Untuk menggoreng pada bagian dada ayam, potonglah terlebih dahulu menjadi bagian yang lebih kecil agar daging ayam lebih cepat untuk matang.

2. Menggoreng Ayam yang Baru Keluar dari Freezer

Jika kamu menyimpan daging ayam di kulkas atau freezer, maka usahakan untuk tidak menggorengnya langsung karena akan membuat suhu minyak turun dan ayam tidak akan matang secara menyeluruh.

Hal ini juga akan menyebabkan kulit ayam tidak bertekstur renyah yang menjadi ciri khas ayam krispi dengan tepung.

3. Tidak Merendam Daging Ayam Dalam Air garam

Sebagian besar orang sering melewatkan tahap ini. Padahal, air garam dapat membuat daging ayam menjadi lebih renyah. Rendam terlebih dahulu potongan daging ayam dalam air garam selama kurang lebih 4  jam sebelum melumurinya dengan tepung. Cara ini akan menghasilkan tekstur daging yang renyah dan lembut.

4. Teknik Melumuri Tepung yang Salah

Kunci dari terciptanya ayam krispi tepung yang renyah adalah teknik melumuri tepung yang tepat. Kebanyakan orang melakukan pelumuran tepung hanya dilakukan sekali sebelum menggorengnya.
Padahal, urutan yang benar adalah melumurinya dengan tepung terigu dan telur, kemudian melapisinya lagi dengan telur dan tepung roti untuk menghasilkan kulit yang renyah.
Jangan lupa  juga mencampurkan bumbu seperti merica dan garam pada setiap lapisan tepung supaya menghasilkan cita rasa gurih pada daging ayam.

5. Menggoreng Ayam Dalam Minyak yang Terlalu Panas

Minyak goreng yang terlalu panas akan membuat olahan daging ayam cepat gosong di bagian luarnya, padahal daging ayam masih belum matang sempurna. Menggoreng ayam pada suhu 165°C dalam waktu kurang lebih 15 hingga 18 menit.
Tidak hanya itu, usahakan untuk tidak menggoreng daging ayam secara bersama – sama langsung, karena dapat memenuhi wajan pengorengan. Wajan yang penuh akan membuat suhu minyak menjadi menurun dan membuat waktu memasak menjadi lebih lama, sehingga menghasilkan tepung ayam krispi yang diperlukan.
Nah, itu dia informasi – informasi tentang Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung beserta manfaat, kandungan, dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam membuat ayam krispi dengan tepung. Selamat ya teman – teman! Semoga bermanfaat.