Cara Memasak Rendang Daging Sapi Yang Enak Dan Empuk

cara memasak rendang daging sapi yang enak dan empuk

Indonesia memiliki makanan yang sangat beragam. Setiap kota atau daerah pasti mempunyai ciri khas makanan sendiri. Masakan Indonesia mempunyai rasa yang beragam akan tetapi enak. Salah satu masakan yang banyak dicari dan disukai oleh warga Indonesia atau warga negara lain adalah rendang. Bagaimana sih cara membuat rendang daging sapi itu? Yuk, simak penjelasan berikut tentang cara memasak rendang daging sapi yang enak dan empuk.

Definisi Rendang

Rendang ialah salah satu masakan yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang sendiri masuk kedalam salah satu makanan Indonesia yang lebih tepatnya adalah makanan khas Minangkabau. Rendang ini dibuat dengan menggunakan campuran rempah dan juga berbagai macam bumbu. Ciri khas dari rendang sendiri itu memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Rasa pedas yang ada pada rendang ini dihasilkan dari cabai atau ketumbar dan merica. Sedangkan rasa gurih yang khas sekali yang ada pada rendang itu didapat dari santan yang dimasak hingga mengeluarkan minyak. Rasa daging yang empuk dan enak karena bercampur dengan berbagai rempah dan bumbu tersebut yang menjadikan rendang banyak diminati oleh semua orang. Ntah dari dalam negeri atau luar negeri sekalipun.

Tips Agar Daging Rendang Empuk

Rendang biasanya dibuat dengan menggunakan daging sebagai bahan dasarnya. Namun untuk menciptakan rasa yang sempurna, maka daging yang kita gunakan harus bertekstur empuk pada saat rendang matang. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasan tentang tips agar daging rendang empuk.

1. Gunakan Daging Yang Mudah Lunak

Cara pertama yang dilakukan agar daging yang kita gunakan untuk memasak rendang empuk adalah dengan memilih bagian daging yang mudah lunak, seperti paha. Hal tersebut dilakukan agar bumbu mudah meresap dan dagingnya akan empuk dan juga rasanya akan enak.

2. Pukul-Pukul Daging Sebelum Dimasak

Cara selanjutnya yang dilakukan agar daging rendang empuk adalah dengan memukul-mukulnya terlebih dahulu sebelum dimasak.  Hal tersebut dilakukan agar daging lebih lunak serta nantinya bumbu akan meresap sempurna. Sehingga rendangnya enak dan juga dagingnya empuk.

3. Baluri Daging Dengan Jahe Parut

Untuk cara ketiga dalam memasak rendang daging sapi agar dagingnya empuk adalah dengan me marinasi daging dengan menggunakan parutan jahe. Apabila tidak ingin menggunakan jahe, maka bisa diganti dengan menggunakan parutan buah nanas. Hal tersebut bertujuan agar daging lebih empuk pada saat selesai dimasak.

4. Memotong Daging Searah Dengan Seratnya

Cara keempat adalah dengan memotong daging searah dengan serat daging yang panjang. Hal tersebut memiliki tujuan, yaitu agar daging lebih empuk dan rendang yang kita masak akan memiliki rasa dan tekstur daging yang sempurna.

5. Rebus Terlebih dahulu

Selanjutnya apabila ingin daging rendang yang kita masak empuk, maka rebus terlebih dahulu dagingnya hingga warnanya berubah.  Hal tersebut bertujuan agar pada saat dimasak dagingnya akan menjadi lebih empuk dan rasanya enak.

6. Gunakan Santan Sesuai Dengan Takaran

Ciri khas rendang salah satunya terdapat pada rasa gurihnya. Rasa gurih tersebut didapat dari santan. Takaran santan sangat berpengaruh dalam proses pembuatan rendang. Semakin banyak santan yang digunakan, maka semakin gurih dan empuk.

7. Jangan Terlalu Sering Mengaduk

Cara yang terakhir adalah dengan tidak mengaduknya terlalu sering. Hal tersebut bertujuan agar daging yang kita masak tidak hancur dan juga bumbunya dapat meresap sempurna. Aduk sesekali saja agar tidak gosong dan juga bumbunya meresap sempurna.

Resep Rendang Daging Sapi

Rendang yang banyak dibuat adalah rendang daging sapi. Rendang juga dibuat dengan menggunakan banyak cara. Keberagaman dalam proses pembuatan rendang tersebut tidak menjadikan rasa khas rendangnya hilang. Ciri khas rasa rendang yaitu gurih pedas dan juga dagingnya empuk. Namun, banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana si cara memasak rendang daging sapi itu? Nah, berikut adalah resep rendang daging sapi yang mudah dibuat dan tentunya praktis juga.

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi 1 kg
  • Kelapa 3 buah ambil santan kental dan encernya
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Serai 3 batang, memarkan
  • Asam kandis 4 butir
  • Minyak goreng 100 ml
  • Garam 5 gram

Bumbu-Bumbu :

  • Bawang merah 60 gram
  • bawang putih 50 gram
  • Cabai merah besar 250 gram
  • Lengkuas 100 gram
  • Kemiri 50 gram
  • Cengkeh 2 gram

Cara Membuat Rendang Daging Sapi :

  1. Haluskan bumbu hingga halus, bisa diulek atau juga di blender agar lebih cepat. Lalu tumis dengan minyak sedikit saja, aduk hingga mengeluarkan aroma wangi.
  2. Setelah itu,masukkan serai,daun jeruk,asam kandis,serta garam. Kemudian aduk kembali hingga merata.  Setelah merata, tuang santan serta tunggu hingga mendidih.
  3. Kemudian, masukkan daging, dan masak dengan menggunakan api kecil, aduk sesekali agar tidak gosong dan bumbunya meresap sempurna.
  4. Setelah santannya meresap dan mengeluarkan minyak, matikan kompor lalu sajikan rendang didalam mangkuk besar.
  5. Rendang daging sapi siap dinikmati.
Baca Juga : cara membuat rendang daging padang

Demikian penjelasan tentang cara memasak rendang daging sapi yang enak dan empuk. Pilihlah daging yang berkualitas dan juga masih layak untuk digunakan, serta gunakanlah cara yang tepat agar daging yang kita gunakan untuk memasak rendang itu empuk. Karena, cara yang tepat akan mempengaruhi hasil rendang yang kita masak. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.