Categories
Uncategorized

Cara Buat Bakso Tahu Anti Ambyar!

Pada artikel ini saya akan berbagi resep cara buat bakso tahu lezat anti ambyar. Pada umumnya bakso terbuat dari daging sapi, ayam, ikan ataupun sejenisnya. Namun kali ini kita akan mencoba membuat bakso dengan bahan dasar tahu putih. Bakso tahu ini cocok banget untuk kamu yang vegetarian.

Pernah terbayang membuat bakso dengan bahan tahu? Tahu memang bisa diolah jadi aneka hidangan dan masakan yang enak. Namun, jika kamu bosan dengan olahan tahu yang itu-itu saja, kamu boleh coba membuat bakso tahu ini. Tampaknya sulit dibuat sebab ada kekhawatiran tahu akan ambyar saat direbus. Namun jangan khawatir, disini kita akan membuatnya supaya tidak ambyar. Namun sebelum lanjut ke pembahasan, kenalan dulu yuk sama tahu bakso yang satu ini.

 

Cara Buat Bakso Tahu VS Tahu Bakso

Bakso Tahu? Bedanya apa sama Tahu Bakso? Bakso Tahu adalah makanan berupa bakso yang terbuat dari bahan dasar tahu yang dihaluskan, sedangkan Tahu Bakso adalah tahu yang didalamnya terdapat isian berupa adonan bakso yang kemudian direbus bersamaan.

 

Mafaat Mengonsumsi Tahu :

cara buat bakso tahu - tahu

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh jika kita mengonsumsi tahu dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

1.  Mengatasi Anemia

Kandungan gizi di dalam tahu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tahu yang terbuat dari kedelai, dipercaya ampuh untuh mengatasi masalah anemia.

2.  Menjaga Kesehatan Hati

Mengonsumsi tahu dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas. Pasalnya tahu mengandung serat, kalsium, fosfor, protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kelenturan.

3.  Mencegah Penyakit Jantung

Tahu kaya akan serat dan protein yang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

4.  Mencegah Obesitas

Tahu juga sangat kaya akan nutrisi, sehingga sangat cocok untuk anda konsumsi saat menjalani program diet karena kandungan di dalam tahu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5.  Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan protein dan nutrisi pada tahu dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, zat saponin pada tahu juga memiliki manfaat untuk mengangkat kotoran-kotoran yang dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan sel-sel kulit mati.

6.  Mencegah Amnesia

Tahu mengandung lesitin yang dapat membantu tubuh memproduksi senyawa asam fasfolipid fosfatidat, sehingga dapat membantu neuron berfungsi dengan normal dan meningkatkan daya ingat.

7.  Mengobati Rambut Rontok

Bagi anda yang memiliki masalah rambut rontok, sebaiknya lebih rutin mengonsumsi tahu. Pasalnya tahu mengandung karatin serta protein yang penting untuk membantu pertumbuhan rambut.

 

Cara Buat Bakso Tahu

cara buat bakso tahu - bakso tahu

Untuk membuat bakso tahu yang tidak ambyar ternyata cukup mudah. Penasaran gimana caranya? Sebelum itu, siapkan dulu bahan-bahan untuk cara buat bakso tahu berikut ini :

Bahan-Bahan untuk Cara Buat Bakso Tahu :

  • 6 buah tahu putih kecil

  • 6 sdm tepung terigu

  • 1 butir telur ayam

  • 6 sdm tepung maizena

  • 1 buah wortel, diparut kasar

  • 4 siung bawang putih, dihaluskan

  • 1 batang daun bawang, diiris-iris

  • 1 batang daun seledri, diiris-iris

  • gula, garam, dan kaldu jamur secukupnya

Langkah-Langkah Cara Buat Bakso Tahu

  1. Pertama, hancurkan tahu putih sampai benar-benar lembut. Untuk menghancurkannya, kamu bisa menggunakan blender atau menggunakan sendok dan garpu dengan cara ditekan-tekan. Semakin lembut semakin baik agar tahu mudah dibentuk dan mudah menyatu dengan bahan lainnya.

  2. Campurkan tahu putih yang sudah dihancurkan dengan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, daun bawang, daun seledri, wortel, kaldu jamur, gula dan garam kemudian aduk adonan hingga tercampur rata.

  3. Kocok telur lalu campurkan ke adonan bakso tahu. Uleni sampai adonan mudah untuk dibentuk. Telur berfungsi sebagai perekat adonan bakso tahu sekaligus menambah rasa gurih.

  4. Nyalakan kompor, didihkan air didalam panci.

  5. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat. Kemudian masukkan adonan yang sudah dicetak kedalam rebusan air. Untuk mencetak baksonya kamu bisa menggunakan tangan atau menggunakan mesin pencetak bakso agar lebih praktis.

  6. Rebus bakso tahu sampai mengapung yang menandakan bahwa bakso tahu sudah matang. Jika bakso tahu sudah mengapung, angkat lalu tiriskan.

  7. Setelah itu, panaskan kukusan. Kukus bakso tahu sebentar. Pengukusan ini bertujuan agar bakso tahu lebih kenyal dan tidak ambyar.

  8. Setelah itu, bakso tahu bisa langsung diolah dengan bumbu lain atau dibuat campuran sup sesuai selera.

 

Cukup mudah bukan cara buat bakso tahu ini? Olahan bakso tahu ini dapat menjadi alternatif cara pengolahan tahu yang sudah biasa dan cocok untuk para vegetarian. Sekian resep cara membuat bakso tahu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Selamat mencobaa