Cara Bikin Sambal Ijo Padang

Halo Teman-teman semua kali ini saya akan meberitahu tetang Cara Bikin Sambal Ijo Padang yang enak dan juga sederhana,da jika kalian ingin melihat atau menetahui cara cara silakan kebawah guys.

Cara Bikin Sambal Ijo Padang

Cara Bikin Sambal Ijo Padang

Bahan-bahan

  1. 20 buah cabai hijau
  2. 10 buah cabai hijau besar
  3. 15 buah bawang merah
  4. 4 buah tomat hijau
  5. minyak untuk menggoreng
  6. garam
  7. gula
  8. 1 sdt royco sapi
  9. 2 lbr daun jeruk
  10. 1 batang serai
  11. 2 lbr daun salam

Cara Bikin Sambal Ijo Padang

  • Rebus air hingga mendidih, taburkan garam secukupnya. Setelah mendidih, rebus semua cabai hingga matang (jangan terlalu empuk) kemudian tiriskan. Rebus bawang merah hingga empuk. Tiriskan

  • Ulek cabai kasar2, biarkan jika ada potongan yg agak utuh. Sisihkan. Ulek bawang merah kasar2 juga.

  • Potong tomat menjadi 4. Sisihkan

  • Siapkan wajan. Nyalakan api. Jika sudah agak panas, tambahkan minyak yg banyak. Tunggu panas

  • Setelah panas, masukkan bawang merah. Aduk2 hingga wangi, kemudian masukkan daun jeruk. Aduk aduk terus hingga wangi daun jeruk keluar. Kemudian masukkan tomat. Aduk2 lagi.

  • Masukkan cabai, beri garam, gula, dan royco. Aduk terus hingga matang..

  • Angkat. Sajikan

Rasanya harus lebih banyak asin, gula hanya berperan sebagai penyeimbang. Ini sudah cukup pedas, tapi kalau mau lebih pedas lagi boleh ditambah cabai rawit.

Sejarah Sambal-sambal

  • Sambal Bawang

Sambal bawang termasuk favorit banyak orang, Sambal khas Jawa Timur ini biasanya dijadikan teman makan ayam geprek di restoran kekinian. Bahan cabai ini sederhana saja yaitu cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih yang diulek mentah lalu disiram minyak panas.

“Sambal bawang ini paling sederhana bahan-bahannya, tinggal bagaimana menguleknya. Dari tampilannya saja sudah terasa pedasnya tapi memang disukai banyak orang,” ujar Chef Yuda Bustara pada Liputan6.com, saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, baru-baru ini.

  • Sambal Cabai Hijau

Sambal cabai hijau atau cabe ijo identik dengan daerah Sumatera Barat, tapi juga banyak dijumpai di daerah lainnya di Indonesia. “Dan sambal cabe ijo ini ada di tiap daerah tapi memang identik dengan masakan Padang atau Minang, ucap Chef Yuda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan cabai hijau muda, bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan sedikit minyak.

Terkadang ada campuran petai, jengkol, atau ikan asin yang semakin membuat rasa sambalnya beragam. Cabai yang sudah di olah ini cocok buat masakan bersantan tapi tetap enak buat jenis masakan lainnya.

  • Sambal Matah

Sambal khas Bali ini bisa dibilang jadi sambal kekinian di beberapa kafe dan restoran. Biasanya disandingkan dengan makanan kekinian lainnya yaitu ayam geprek, sambal matah dibuat dari campuran bawang merah, daun jeruk purut, cabai rawit merah, dan jeruk nipis.

Sambal matah biasa disajikan jadi pelengkap kuliner khas Bali, seperti nasi campur dan sate lilit, dan ternyata bisa cocok dengan berbagai menu makanan lain seperti ayam geprek yang lagi hits.

Informasi

Halo guys ini sebuah info tetang perkenalkan sebuah alat yang sangat fungsi sekali untuk memudah kalian semuanya guys.Nah jika kalian ingin memkan ayam pasti kalian mengolah ayam terlebih dahulukan agar ayamnya bersih kami mempunyai sebuah alat yang berada di bawah ini guys.

Yaitu alatnya merupakan Mesin Pengcabut Bulu Ayam ini memmudahkan saat proses pencabutan bulu ayam agar lebih simple lalu juga tidak membutuhkan waktu yang sangat lama sekali dan menunjang sekali bagi usaha atau bisnis kalian guys.

Jika kalian ingin melihat lebih detail silahkan klik tulisan mesin pencabut bulu ayam tersebut, dan jika kalian ingin mengetahuin lebih dalam silakan kalian bisa mengunjungi web ini Cara Membuat Sambal Hijau Padang Asli dan juga ini guys Cara Bikin Sambal Ijo Padang.