Categories
Uncategorized

Cara Bikin Perkedel Jagung Manis Favorit Keluarga

Cara bikin perkedel jagung manis ini bisa dicoba dirumah. Makanan berbahan dasar jagung ini bisa masuk ke menu keluarga dirumah. Kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jagung ada beragam loh. Selain cara bikin perkedel jagung manis, contohnya ada resep membuat puding jagung, bakwan jagung, mie bihun jagung, dan kali ini yang tak kalah nikmat adalah perkedel jagung. Simak cara buat perkedel jagung enak. Simak begini cara bikin perkedel jagung manis

Langkah cara bikin perkedel jagun manis menjadi salah satu solusi di tengah pandemi Covid-19 saat ini memaksa orang untuk berada di rumah. Saat kamu harus di rumah aja seperti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona, lebih baik memasak. Salah satunya dengan memasak. Perkedel jagung atau biasa juga disebut bakwan jagung bisa disantap untuk makan siang, malam, atau sarapan. Bisa juga dinikmati untuk camilan bersama keluarga. Cocok untuk kamu yang lagi di rumah aja.

Kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk melakukan sesuatu yang biasanya, di hari kerja jarang dilakukan karena kesibukan. Salah satunya masak. Kehilangan penghasilan akibat pandemi, membuat masyarakaat saat ini jadi lebih kreatif. Salah satu masakan yang bisa dicoba adalah cara buat perkedel jagung

Selain dijadikan gorengan yang lezat, jagung juga bisa dijadikan cemilan seperti emping jagung. Camilan ini rasanya gurih dan renyah, cocok untuk teman teh kala sore. Emping jagung mudah dibuat dengan menggunakan mesin pemipih emping jagung yang sudah bisa di pesan melalui online.

Efek Samping Perkedel Jagung

Selain kita mengetahui resep Perkedel Jagung dan manfaat dari Perkedel jagung. Ternyata perkedel jagung juga memiliki efek samping. Berikut ini adalah efek samping dari Perkedel jagung yang harus kalian Waspadai,

  • Tinggi Gula

Jagung adalah salah satu makanan yang bisa menjadi tidak sehat. Karena, jagung berisi tinggi gula dan pati, serta kurang nilai gizi. Jadi, ini adalah alasan pertama Anda harus berhenti makan jagung.

  • Penyakit Autoimun

Jagung tidak mengandung gluten, tetapi tubuh memproses protein dalam jagung menjadi gluten. Hal ini mengganggu usus dan menciptakan masalah di sistem pencernaan. Karenanya, ini adalah salah satu efek buruk makan jagung.

  • Tidak Bisa Dicerna Dengan Mudah

Jagung mengandung serat selulosa dan tubuh sangat sulit untuk mencernanya. Tubuh manusia tidak dapat sepenuhnya memecah selulosa, karena tidak memiliki enzim untuk melakukan hal tersebut.

  • Mengandung Lektin

Jagung mengandung lektin yang merupakan protein. Ini harus dipecah menjadi asam amino untuk dapat dicerna oleh tubuh. Tetapi, tubuh tidak dapat memecah lektin dan menyebabkan iritasi pada usus, sehingga mengakibatkan peradangan.

  • Pestisida

Jagung mengandung Bacillus thuringiensis yang merupakan insektisida dan racun berbahaya. Ketika terakumulasi dalam darah, maka dapat mengganggu fungsi organ. Ini adalah salah satu efek samping terlalu banyak makan jagung.

Manfaat Perkedel Jagung

Jagung selain mudah ditemukan di mana-mana ternyata juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut Ini adalah Manfaat dari jagung

  • Mengurangi Resiko Wasir

Kandungan serat yang terdapat pada satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah serat harian yang dibutuhkan tubuh akan berguna untuk membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan juga wasir.

Serat akan membantu buang air besar anda, yang dapat merangsang gerak peristaltik dan bahkan bisa merangsang produksi asam lambung dan juga empedu. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diare.

  • Kaya Mineral

Jagung mengandung banyak mineral yang melimpah dan dapat menguntungkan bagi tubuh. misalnya: Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varietas tanamanjagung.

Jagung juga mengandung banyak mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan didalam bahan makanan lainnya. Fosfor sangat penting yang berguna mengatur pertumbuhan, kesehatan tulang dan juga ginjal yang optimal.

Magnesium diperlukan untuk dapat menjaga detak jantung normal serta meningkatkan kekuatan pada tulang.

  • Sifat Antioksidan

Menurut studi yang telah dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya akan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Bahkan, tidak seperti banyak bahan makanan lain, memasak makanan yang dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis.

Manfaat antioksidan telah terbukti dapat mengurangi kanker karena kemampuan mereka berguna untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker.

Sementara sel-sel sehat tidak akanterpengaruh. Hal tersebut terjadi karena sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan, yaitu bahan kimia yang tinggi dan terdapat dalam jagung.

  • Vitamin A

Warna kuning yang ada pada jagung merupakan sumber yang kaya akan beta karoten,  yang berguna untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan juga sangat penting dalam memelihara mata serta kulit.

Beta karoten juga merupakan salah satu sumber vitamin A karena dikonversi dalam tubuh, tetapi hanya berada dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin A bisa menjadi racun jika anda terlalu banyak mengkonsumsi, sehingga dapat menurunkan vitamin A melalui transformasi beta karoten sangat ideal.

Manfaat vitamin A berguna untuk kesehatan kulit serta lendir membran, dan dapat juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Resep Membuat Perkedel Jagung

Bahan Bahan

  • 500 gr jagung manis sesuai pilihan
  • 2 batang seledri
  • 2 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 4 sdm tepungbterigu sesuai selera
  • 1 butir telur ayam
  • Cabe merah secukupnya
  • Bumbu penyedap (tambahan)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Perkedel Jagung

1. Pertama-Tama Kupas jagung manis, serut biji jagung atau bisa juga dengan memetik satu per satu jagung manis. Cuci seledri, lalu iris kecil. Kemudian cuci daun bawang, iris kecil.

2. Setelah itu masukkan daun seledri dan juga daun bawang ke dalam biji jagung. Kemudian buka bawang putih dan bawang merah, serta haluskan keduanya.

3. Lalu kemudian Buka telur dan campur ke dalam adonan. Kemudian tuang tepung terigu, kemudian tambahkan air secukupnya.

4. Setelah itu tambahkan bawang putih dan bawang merah yang sudah halus. Lalu aduk adonan sehingga merata dan mengental.

5. Setelah itu cuci cabe merah, iris kecil-kecil. Kemudian campurkan cabe dalam adonan, aduk rata. Sesuaikan banyak cabe sesuai dengan selera.

6. Kemudian tuang minyak dalam penggorengan, panaskan dengan api sedang. Gunakanlah sendok makan atau takaran lainnya untuk membentuk adonan.

7. Kemudian masukkan adonan dalam minyak panas. Lalu Goreng hingga adonan berubah warna kecoklatan.

8. Kemudian angkat perkedel jagung dan tiriskan. Setelah itu Sajikan.