Cara Bikin Keripik Tempe Renyah Rumahan yang Mudah dan Enak

cara bikin keripik tempe renyah

Ketika kita sedang santai enakannya sambil ditempani cemilan, tahukan kamu cara bikin keripik tempe renyah? nah caranya sangat mudah sekali dan tentunya dijamin enak.

Keripik Tempe

keripik tempe

Jika Anda harus bekerja di rumah, membuat makanan kering untuk disimpan dapat menghemat waktu Anda. Seperti tempe kering yang renyah dan tahan lama.

Keripik merupakan salah satu cemilan kering terpopuler yang disukai anak-anak dan orang dewasa. Rasanya renyah, hangat sekaligus manis atau pun gurih karena dilapisi gula pedas dan bumbu. Rasanya bisa sedikit pedas karena tambah cabe.

Dalam hal (dari rumah) atau pekerjaan rumahan, persediaan makanan kering sangat membantu. Karena cemilan kering ini bisa menjadi pelengkap cemilan disaat santai.

Jadi Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk memasak.Sering kecewa karena keripik tempe lemas padahal baru dibuat? Ada beberapa hal yang bisa membuat cemilan kering ini lembek dan tidak terlalu renyah.

Selain kualitas suhu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat suhu kering. Selaik keripik tempe juga bisa di buat masakan tempe.

Baca juga : Cara Membuat Keripik Tempe Renyah Untuk Cemilan Yang Nikmat

Cara Bikin Keripik Tempe Renyah

cara bikin keripik tempe renyah

1. Tempe harus kering

Harus dipilih tempe untuk tempe keripik yang padat dan berkualitas baik. Biji kedelainya keras, warnanya kuning muda, terasa kencang saat ditekan dan memiliki aroma khas kedelai segar.

Tempe yang kurang padat akan menyebabkan biji kedelai mudah hancur saat dipotong. Kalau digoreng dan diaduk akan musnah. Tidak bisa membentuk irisan yang rapat atau kuat.

Potong tempe dengan ukuran yang sama. tipis aja seperti keripik biasanya dan gausah agak lebar atau tinggi, Tergantung selera Anda. Setelah dipotong, oleskan tipis-tipis di atas nampan atau tampah.

Kemudian jemur di bawah sinar matahari sebentar atau biarkan mengering sedikit. Goreng irisan tempe tersebut hingga kering dan tiriskan. Pengorengan harus baik bisa mengunakan deep fryer.

2. Bahan pelengkap dan bumbu dapur

Bahan pelengkap keringnya terdiri dari bawang merah dan bawang putih iris tipis. Juga cabai merah besar yang diadu dan diiris tipis-tipis.

Bahan-bahan ini harus digoreng terpisah. Jangan menggoreng bawang merah, bawang putih, dan cabai saat memasak tempe keripik. Karena bahannya masih mengandung air dan menjadikan tempe tidak renyah dan tidak garing.

Buat juga bumbu tempe keripik dari gula merah atau gula putih, dan garam dan bumbu jika mau. Jumlahnya akan tergantung banyaknya keripik tempenya.

3. Campur dan bumbui tempe

Setelah bahan kering, cabai merah goreng, kacang tanah goreng, bawang merah goreng, dan bawang putih berupa tempe goreng bisa dicampur dengan adonan gula. buat bumbu tabur.

Resep Bikin Keripik Tempe Renyah

Resep Bikin Keripik Tempe Renyah

Cara Bikin Keripik Tempe Renyah 

Bahan – bahan :

  • 1 balok tempe, potong tipis-tipis
  • Jumlah minyak yang benar
  • 400 gram tepung beras
  • 100 gram tepung jagung
  • 10 lembar daun jeruk, cincang halus
  • Air bersih secukupnya

Bahan Bumbu Halus :

  • 6 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar tumbuk
  • 1 ruas Kencur
  • 3 sendok teh merica bubuk
  • Garam secukupnya

Cara Bikin Keripik Tempe Ranyah :

  1. Pertama-tama iris tipis-tipis tempe dan letakkan di wadah yang sudah disiapkan
  2. Masukkan semua bahan yang sudah disiapkan dan aduk hingga rata.
  3. Tuang minyak di atas wajan yang sudah disiapkan sesuai selera.
  4. Jika sudah panas, kecilkan api di wajan.
  5. Goreng tempe hingga matang dan renyah.

Demikianlah artikel yang saya jelaskan semoga dapat menambah ilmu tentang keripik tempe dan cara membuatnya. silahkan dicoba membuat keripik tempe sendiri dirumah, terimakasih.