Cara Bikin Donat Kentang Yang Empuk

Cara Bikin Donat Kentang

Cara Bikin Donat Kentang

Hai teman-teman bagaimana kabarnya? udah pada bosen ya dirumah? mendingan kita membuat cemilan enak mumpung dirumah kan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sebuah Cara Bikin Donat Kentang yang Empuk. sebelum itu kalian pasti udah tau donatkan? Donat merupakan makanan ringan yang paling digemari oleh berbagai kalangan usia, baik anak-anak, remaja atau bahkan orang tua.

Cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan-bahan :

  1. Tepung terigu protein tinggi – 250 gram Tepung terigu protein tinggi.
  2. Kentang ukuran sedang – 1 buah.
  3. Kuning telur – 2 butir.
  4. Gula halus/gula pasir (yang suka manis bisa ditambah) – 2 Sdm .
  5. Margarin (bisa pakai bluband) – 1 Sdm.
  6. Garam – Secukupnya.
  7. Fermipan – 2 sdt.
  8. air hangat (nanti jika kurang bisa ditambah sendiri) – 20 cc.

Cara bikin donat kentangnya :

  1. Kupas dahulu kentang cuci bersih dan potong-potong lalu kukus sampai empuk, lalu lumat kan dengan garpu.

  2. Persiapkan dulu bahan B /fermipan dengan air hangat selama 10 menit.

  3. Masukkan semua bahan A ke wadah aduk hingga rata lalu masukkan kentang yang sudah dilumatkan uleni sampai tercampur rata.

  4. Sehabis itu masukkan fermipan yang sudah aktif ke adonan tadi lalu uleni sampai kalis jika kelembeken bisa di tambah trigu sedikit dan uleni terus sampai tidak lengket ditangan.

  5. Setelah kalis tutup adonan dengan lap/plastik dan diamkan 1 jam (bisa menggunakan tutup pakek plastik dan saya taruh dibawah terik matahari).

  6. Terakhir 1 jam dan mengembang kemudian biarkan dingin sebentar dan kempeskan adonan.

  7. Lalu bentuk bulat adonan dan lubangi tengahnya dengan ibu jari dan jari telunjuk dan biarkan dulu kurang lebih 10 menitan.

  8. Langkah terakhir panaskan minyak dan goreng sampai kecoklatan dengan api kecil angkat dan tiriskan biarkan dingin dan beri toping sesuai selera. Dan siap dihidangkan.

    Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

    1. Membentuk Tubuh Ideal dan Menghindari Obesitas

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

    Kentang mengandung vitamin, mineral dan zat-zat baik lainnya untuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas.sayur yang dijuluki Potato ini memiliki serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Di sisi lain, kentang dapat melancarkan pencernaan.

    2. Menjaga Kesehatan Jantung

    Dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

    Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

    3. Mencegah Kanker

    Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal.

    Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

    4. Mengobati Diabetes dan Cegah Tekanan Darah Tinggi

    Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

    Kandungan pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin. selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

    5. Baik untuk Otot dan Otak

    Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

    Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari. kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

    6. Fungsi Kentang untuk Mengobati Diabetes

    Pada beberapa poin di atas, kita sudah membahas khasiat kentang yang mampu mengontrol kolesterol dalam tubuh. kolesterol yang tinggi biasanya bersangkut-paut langsung dengan kadar gula yang sama tingginya di dalam darah.

    Bila diabaikan terlalu lama, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit diabetes akut. bagi kamu yang menderita penyakit diabetes atau kolesterol tinggi, mengonsumsi kentang kukus sebagai pengganti nasi merupakan solusi tepat.