Bumbu Garang Asem Ayam Tanpa Santan Yang Praktis

Bumbu garang asem ayam tanpa santan

Makanan yang terkenal didaerah Jawa Tengah ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan juga asam. Makanan yang membuat nafsu makan kita bertambah saat memakannya. Makanan apa itu? Garang asem adalah jawabannya. Garang asem banyak dibuat dengan berbagai resep dan juga cara. Namun, hal tersebut tidak menjadikan rasa khas dari garang asem tersebut hilang. Berikut adalah bumbu garang asem ayam tanpa santan yang praktis.

Asal Usul Garang Asem

Garang asem ialah masakan yang diolah dengan menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Dan, garang asem juga dbuat dengan campuran santan. Garang asem ini dimasak dengan menggunakan daun pisang. Rasa yang dimiliki garang asem sangat khas, yaitu dominan dengan rasa asam gurih dan juga pedas.

Asal dari masakan garang asem ini adalah daerah Grobogan,akan tetapi untuk sekarang ini, garang asem juga sangat terkenal didaerah kudus, ataupun didaerah-daerah yang ada di Jawa Tengah, salah satunya adalah DI Yogyakarta. Sehingga, dengan begitu apabila kita ingin menyicipi masakan garang asem ini kita tidak harus pergi ke daerah grobgohan, kita bias cari tempat terdekat yang menjual garang asem.

Garang asem mayoritas dibuat dengan campuran santan. Namun tidak hanya itu saja, garang asem juga dapat dibuat tanpa menggunakan santan. Bumbu garang asem ayam tanpa santan ini hamper mirip dengan bumbu garang asem ayam kuah santan. Yang membedakannya hanya pada santan saja. Garang asem yang menggunakan santan memiliki air yan sedikit kental dan berwarna, jika dibandingkan dengan garang asem ayam tanpa santan.

Bumbu Garang Asem Kuah Bening

Seperti yang kita tahu,kalo garang asem tidak hanya dibuat dengan menggunakan santan saja, tetapi tanpa menggunakan santan pun sudah bisa membuat garang asem. Garang asem tanpa santan juga tidak kalah soal rasa, sebab walaupun tidak menggunakan santan, namun rasanya tetap segara dan lezat. Berikut adalah bumbu garang asem kuah bening.

1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh adalah salah satu jenis bahan yang harus ada pada garang asem. Sebab, belimbing wuluh inilah yang nantinya akan menghasilkan rasa yang asam dan segar dari garang asem itu sendiri. Gunakan belimbing wuluh yang bagus dan tidak busuk, karena hal tersebut akan menambah rasa yang enak pada garang asem itu sendiri.

2. Gunakan bawang merah dan putih

Bawang merah dan bawang putih adalah salah satu rempah yang sangat berpengaruh didalam garang asem. Bawang merah dan bawang putih inilah yang nantinya akan menghasilkan bau yang harum. Campuran bawang merah dan bawang putih pada garang asem ini lah yang akan menambah rasa lezat dan harum pada garang asem itu sendiri.

3. Jahe Dan Lengkuas

Jahe dan lengkuas juga berpengaruh dalam proses pembuatan garang asem. Sebab, ketika kita menggunakan jahe dan lengkuas pada garang asem ini, maka garang asem yang kita buat aka menghasilkan rasa yang enak dan juga sedikit hangat ditenggorokan dari jahe itu sendiri.

4. Daun Salam Dan Daun Jeruk

Daun salam dan daun jeruk adalah satu satu jenis daun yang banyak dijadikan sebagai campuran pada berbagai macam masakan. Karena dengan daun jeruk dan daun salam pun masakan yang kita masak akan beraroma harum khas jeruk, dan hal tersebut juga akan menjadikan garang asem ayam yang kita buat memiliki rasa yang enak.

5. Cabai Merah Dan Cabai Rawit

Garang asem terkenal dengan rasa yang pedas asem dan juga gurih. Nah cabe ini sangat berperan penting didalam garang asem. Sebab apabila kita tidak menggunakan cabai sebagai campuran didalam garang asem, maka garang asem yang kita buat akan berasa anyeb atau hambar. Lain halnya jika kita menggunakan cabai didalam garang asem, maka garang asem yang kita masak tersebut akan menghasilkan rasa yang lezat dan juga menggoda dari rasa pedas yang didapat dari cabai tersebut.

6. Serai

Serai termasuk kedalam rempah yang memang dibutuhkan dalam proses pembuatan garang asem. Sebab, serai ini akan menambah rasa yang enak dan beraroma khas serai yang dapat menjadikan garang asem tersebut menjadi lezat.

7. Penyedap Rasa

Bumbu garang asem ayam tanpa santan yang satu ini amat sangat berperan penting dalam cita rasa garang asem yang kita buat. Pasalnya apabila kita tidak menggunakan penyedap rasa seperti garam, gula, atau bahkan kaldu pada saat proses pembuatan garang asem, maka garang asem yang kita buat akan berasa hambar. Hal tersebut menjadikan garang asem yang kita masak tidak enak apabila kita makan.

Resep Garang Asem Ayam Bening

Garang asem ayam ialah salah satu masakan yang diolah dengan berbagai macam resep dan juga proses. Garang asem ini sangat beragam, ada yang menggunakan daging sapi, ikan, dan ayam sebagai bahan utamanya. Ada yang menggunakan santan, atau ada juga yang tidak menggunakan santan. Nah dibawah ini adalah salah satu resep garang asem ayam kuah bening yang mudah dan lezat tentunya.

Bahan-Bahan :

  • Ayam kampung ½ kg
  • Air 500 ml
  • Minyak goring 1 sdm, margarine 1 sdm
  • Bawang merah 6 siung, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Serai 2 batang, ambil putihnya saja lalu memarkan
  • Lengkuas/laos 7 cm, iris tipis
  • Jahe 2 ruas,iris tipis
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar, baung batangnya
  • Belimbing wuluh 4 buah,potong-potong
  • Tomat hijau 2 buah potong-potong
  • Cabe rawit 10 buah, 5 iris, 5 biarkan utuh
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Garang Asem Ayam Bening :

  1. Cuci terlebih dahulu ayamnya, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar lalu cuci lagi sampai bersih. Setelah itu,rebus ayam hingga ayam berubah warna, kemudian tiriskan.
  2. Panaskan waja, beri minyak serta margarin,tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk,dan juga serai. Tumis sampai harum. Setelah bumbunya harum, masukkan ayam yang sudah direbus tadi., aduk hingga bumbunya merata.
  3. Kemudian, tuangkan air kedalam wajan, aduk-aduk, serta tutup dan diamkan hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, beri gula, garam, dan juga kaldu jamurnya, jangan lupa untuk masukkan cabai, tomat dan juga belimbing wuluh nya. Setelah itu, masak kembali dan cicipi rasanya. Jika sudah pas dan bumbunya sudah meresap sempurna, matikan kompor dan angkat lalu masukkan kedalam mangkuk.
  4. Garang asem ayam bening siap untuk dinikmati.
Baca Juga : cara membuat roti sobek tanpa oven

Demikian penjelasan tentang bumbu garang asem ayam tanpa santan yang  praktis. Gunakan lah rempah yang berkualitas, sebab rempah yang berkualitas akan menghasilkan rasa yang enak. Bumbu garang asem ayam tanpa santan ini mudah sekali untuk didapatkan, karena bumbu garang asem ayam tanpa santan ini mayoritas menggunakan rempah dan bahan yang memang mudah sekali ditemukan disekitar lingkungan tempat tinggal kita. Semoga bermanfaat serta membantu. Dan selamat mencoba. Terimakasih.