Categories
Uncategorized

5 Tips Bisnis Bakso Kemasan Agar Laku Keras di Pasaran

Produk bakso kemasan sering kita jumpai di berbagai minimarker maupun supermarket. Banyaknya konsumen yang menyukai bakso terutama di Indonesia. Hal itu menjadi kesempatan bagus untuk membuka bisnis bakso kemasan.

Peluang usaha yang menarik bagi anda yang ingin memulai bisnis kuliner. Apakah bisnis bakso kemasan harus mempunyai tampilan kemasan yang bagus atau harus memiliki keunikan tertentu. Nanti kita bahads lebig mendalam.

Sering kita lihat pengusaha bakso melakukan pengemasan bakso dengan kantong atau kemasan transparan yang kedap udara. Meski kemasannya terkesan sederhana namun itulah yang membuat menarik konsumen.

Karena kemasan yang sederhana tetapi produk baksonya terlihat semua akan membuat calon konsumen tergiur untuk membeli. Untuk usaha bakso skala besar pengusaha biasanya menggunakan mesin bakso agar produksinya lebih cepat.

Memulai bisnis bakso kemasan tentu mempunyal cara yang berbeda dengan jenis bisnis lainnya. Perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat agar bisnis anda bisa berjalan dan mampu bersaing.

5 Tips Bisnis Usaha Bakso Kemasan

bisnis bakso kemasan

Bisnis bakso selain manawarkan keuntungan juga penuh tantangan. Apalagi saat awal-awal memulai bisnis. Supaya semua tantangan tersebut bisa bisa dihadapi perlu memperhatikan beberapa tips dalam bisnis bakso kemasan. Berikut adalah tipsnya

1. Pastikan Jenis Produk Usaha Bakso Kemasan

Bakso merupakan sebuah makanan dari olahan daging giling. Terdapat beberapa jenis bakso seperti bakso sapi, bakso ikan, bakso udang, dan bakso jenis lainnya. Juga ada bakso sehat yang menggunakan bahan dari sayuran. Setelah menentukan jenis bakso, anda harus menguasai resep dari bakso yang ingin anda buat.

Kemudian untuk mengetahui resep bakso yang enak dan banyak disukai orang bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mencari resep bakso dari sumber yang terpercaya bisa lewat internet atau langsung ke orang yang sudah profesional misal tempat kursus memasak.

Pastikan untuk mencoba resep bakso terlebih dahulu dan suruh orang-orang terdekat misal keluarga atau teman anda. Dan mintalah respon mereka tentang rasa dari bakso buatan anda.

2. Modal Usaha Bakso Kemasan

Modal memiliki peran penting dalam memuli usaha bakso. Anda bisa menggunakan modal dari uang anda sendiri namun jika tidak cukup bisa mengajukan peminjaman ke Bank. Bisa juga anda bekerjasama dengan teman-teman anda agar modalnya bisa patungan namun harus jelas pembagian hasil keuntungannya.

Dalam bisnis bakso kemasan modal yang paling besar adalah untuk membeli mesin bakso. Persiapkan rencana keuangan anda dengan matang. Modal jangan terlalu minim sebab akan ada keperluan lain yang mungkin tidak terduga.

Sebaiknya mesin bakso yang dibeli jangan langsung besar dulu. Pastikan hanya membeli membeli mesin yang penting dahulu seperti mesin bakso dan mesin pengemasnya. Bahan lainnya yang tidak harus menggunakan mesin khusus bisa anda olah dengan alat dapur biasa. Namun jika belum mampu membeli mesin pemgolahan bakso anda bisa menggunakan blander.

Untuk masalah kemasan, buatlah kemasan yang mampu menarik perhatian konsumen tanpa harus menutupi baksonya sendiri. Sebaiknya gunakan kemaan yang kedap udara agar bakso bisa bertahan lebih lama dan juga bisa beredar di minimarket maupun supermarket.

Yang tidak kalah penting adalah cantumkan setiap komposisi, perizinan, dan detai lainnya dalam kemasan supaya konsemen semakin percaya dengan produk bakso anda.

3. Promosikan Bisnis Bakso Kemasan

bisnis bakso kemasan

Pemasaran pertama dalam bisnis kuliner seperti bisnis bakso kemasan ini adalah mempromosikan produk ke kerabat atau teman dekat terlebih dahulu. Terima semua masukan, saran, dan kritik agar usaha anda semakin berkembang.

Setelah promosi ke kerabat dan teman dekat saatnya melakukan promosi yang lebih luas lagi terutama ke target pasar anda. Promosi bisa dengan offline maupun online. Namun di era perkembangan teknologi seperti saat ini sebaiknya lebih dioptimalkan promosi secara online seperti lewat media sosial instagram, facebook, dan lainnya.

Bisnis online sekarang semakin berkembang dan banyak pengusaha yang menggeluti usaha makanan online. Ditambah lagi bisnis bakso kemasan bisa bertahan lebih lama dari bakso biasa. Jangkauan pasar bisa lebih di luaskan lagi, tidak hanya satu daerah namun luar daerah juga, bahkan seluruh Indonesia.

4. Membuka Sistem Reseller

Bisnis bakso kemasan tidak harus anda jual sendirian saja. Caranya adalah dengan menggunakan sistem penjualan orang ketiga atau lebih populer dengan istilah reseller atau distributor. Srategi semacam ini sering digunakan oleh pelaku bisnis kuliner dalam kemasan.

Anda bisa menawarkan sisten reseller ini melaui online maupun offline. Pastikan melatih pemasaran reseller bakso anda dan menerima data pribadinya agar proses komunikasi bisa lebih lancar.

Dengan menggunakan sistem reseller atau distributor ini anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Selain menjual resller juga mempromosikan bisnis bakso kemasan anda senhingga penjualan anda semakin meningkat.

5. Jaga Kualitas Bakso

Bakso yang memiliki kualitas bagus tentu akan dilirik oleh konsumen. Gunakanlah bahan-bahan yang masih baik dan segar agar bisa menghasilkan produk yang baik juga. Jangan pernak menggunakan bahan pengawet kimi yang berbahaya bagi kesehatan.

Menjaga kualitas bakso berarti menjaga kepercayaan konsumen. Mendapatkan kepercayaan konsumen adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Cukup mudah bukan membuka bisnis bakso kemasan. Sebuah usaha memang perlu kerja keras dan kesabaran. Tidak ada usaha yang langsung sukses seketika. Yang perlu dilakukan adalah tetap fokus dan konsisten.

Jenis-Jenis Bakso di Indonesia

bisnis bakso kemasan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bakso terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan tepung. Bahan daging sendiri yang digunakan bermacam macam, bahan daging yang digunakan menentukan jenis bakso tersebut.

Lalu apa saja macam-macam jenis bakso yang populer di Indonesia? Mungkin bisa menjadi ide bisnis bakso kemasan anda. Berikut daftarnya.

1. Bakso Sapi

Bakso sapi teterbuat dari daging sapi yang digiling atau dicincang kemudian dicampur dengan tepung terigu dan dibentuk bulat. Di Indonesia mayoritas bakso yang dijual adalah bakso sapi dan menjadi jenis bakso paling populer di masyarakat. Bakso jenis ini juga yang paling banyak dijadikan bisnis bakso kemasan.

2. Bakso Ayam

Bakso ini terbuat dari daging ayam, juga cukup banyak penggemarnya. Harga bakso ayam lebih murah dari bakso sapi dan masih kalah populer di masyarakat. Mempunyai tekstur yang sedikit berantakan namub tetap berbentuk bulat. Bisa dijadikan bisnis bakso kemasan.

3. Bakso Ikan

usaha

Bakso ikan dari waktu ke waktu semakin banyak penggemarnya. Menjadikan peluang usaha bakso ikan cukup menjanjikan. Bakso ikan menjadi bakso yang paling populer setelah bakso sapi.

Memiliki warna bakso putih bersih dengan tekstur kenyal. Ikan yang digunakan biasanya ikan tuna, ikan tenggiri, dan ikan tongkol, walaupun jenis ikan tawar juga sering digunakan.

Bakso ikan memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan karena kaya akan omega 3 pada daging ikan. Dan banyak kandungan nutrisi lainnya. Bakso ikan juga populer dijadikan bisnis bakso kemasan karena peminatnya semakin banyak.

4. Bakso Tahu

Bakso tahu biasanya memiliki dua variasi, yang pertama yaitu bakso yang dimasukkan dalam tahu kemudian digoreng/direbus., kedua bakso kuah biasa yang penyajiannya ditambahkan tahu goreng/rebus.

5. Bakso Telur

Jenis bakso telur sudah cukup dikenal masyarakat. Bakso telur sendiri adalah bakso daging, biasanya bakso sapi yang didalamnya diberi isi telur ayam rebus. Bakso sapi sering ditemui sebagai pelengkap dalam penyajian bakso daging sapi.

6. Bakso Sayuran

Bakso sayuran bahan dan proses pembuatannya mirip dengan bakso daging lainya. Membuat berbeda adalah adonan bakso dicampur dengan berbagai sayuran segar seperti brokoli, wortel dan sayuran lainnya dan kemudian dibentuk bulat.

Cocok dikonsumsi anak-anak yang kurang suka dengan sayuran. Akan lebih membuat anak-anak untuk memakan sayuran.Karena ada tambahan sayuran membuat bakso ini lebih sehat.

Nah, itulah beberapa tips jika ingin terjun dalam bisnis bakso kemasan. Cukup mudah bukan? namun yang paling penting adalah keseriusan dalam menjalani bisnis serta ketekunan dan pantang menyerah. Selain itu harus selalu kreatis dalam berbisnia agar mampu bersaing. Semoga bermanfaat.