Aneka Olahan Pisang Ambon Antimainstream

Holla gaiss kembali lagi bersama mimin kece di sini hihihi. Pada artikel kali ini mimin bakal berbagi tentang resep aneka olahan pisang ambon antimainstream yang bisa kalian olah dengan sedemikian dan semenarik mungkin.

Pisang ambon sendiri adalah jenis pisang yang sangat mudah dan seringkali ditemui di pasaran. Terlebih karena banyaknya stok dan juga warnanya yang kuning bersih nan halus.

Buah yang dapat diolah dengan resep es buah untuk jualan dan cara membuat sop buah istimewa ini sendiri memiliki berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat pisang ambon yang udah mimin rangkumin buat kalian

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Stamina Dan Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

2. Mencegah Penyakit Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pisang juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pisang ini berfungsi sama seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pisang juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

3. Cocok Untuk Program Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan darah tinggi, buah pisang ambon ini sangat cocok dikonsumsi. Tingginya kandungan kalium yang ada pada pisang ambon ini akan membantu mereduksi tekanan darah yang berlebihan.

Namun kalian juga harus tetap ikut mengurangi mengonsumsi makanan makanan dengan kandungan garam dan lemak yang tinggi juga agar lebih efektif lagi.

 

Dari 4 poin di atas aja udah sedikit memberikan kita gambaran bukan tentang bagaimana khasiat pisang ambon yang dapat membantu kitamenjaga tubuh kita.

 

Baiklah sekarang kita langsung menuju ke resep aneka olahan pisang ambonnya yang bisa juga kalian jadiin peluang usaha dengan aneka olahan pisang untuk usaha .

Aneka Olahan Pisang Ambon

1. Pandan Ambon Banana Roll Cake

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang ambon
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Pandan Ambon Banana Roll Cake:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track
  12. Voilaaaa pandan ambon banana rollcake siap dinikmati

2. Pisang Ambon Crunchy

  • 8 buah pisang ambon
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Pisang Ambon Crunchy:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan
  6. Voilaaaaa pisang ambon crunchy siap dinikmati

3. Pisang Ambon Pelangi

Bahan:

  • 10 buah pisang ambon
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Membuat Pisang Ambon Pelangi:

  1. Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket dan jangan sampai melempem
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan
  7. Voilaaaa pisang ambon pelangi siap dinikmati

Dari resep resep di atas, mana nih yang mau kalian buat duluan? kalo mimin sih udah nyoba semuanya dan emang seenak itu gaiss, jadi daripada kalian beli di luar mending kalian bikin sendiri dan bisa juga kalo kalian mau buka usaha dengan bahan dasar pisang ambon ini.

Aneka Olahan Pisang Ambon Untuk Usaha

Berbagai jenis pisang sebenarnya bisa diolah menjadi hasil olahan yang lezat dan premium, tak terkecuali pisang ambon ini. Dengan bahan baku yang mudah didapatkan tidak akan menghambat kalian dalam memulai usaha ini.

Dengan banyaknya persaingan yang ada seperti saat ini, kalian bisa melihat dan mengambil celah untuk masuk ke dalam dunia usaha ini. Kalian harus menggunakan kekreatifitasan kalian untuk menembus pasar dan terlihat ke permukaan.

 

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Enak

Kalian punya banyak stok pepaya? bingung gimana cara ngabisinnya? atau bingung gimana ngolahnya? kalo gitu mari kita olah menjadi manisan pepaya aja! meskipun bisa juga diolah dengan cara membuat sop buah istimewa namun kali ini di sini mimin bakal berbagi tentang cara membuat manisan pepaya muda kering.

Sebelumnya taukah kalian bahwa manisan dimulai dari daerah atau kota di Jawa Barat bernama Cianjur pada tahun 1950 an akhir oleh salah satu etnis terbesar di Indonesia. Sebenarnya manisan juga dikenal di timur tengah sana, terutama di daerah dataran Arab, namun dengan penamaan yang berbeda serta cara megolahnya yang sedikit berbeda.

Namun di Indonesia sendiri, manisan sekarang lumayan populer lagi karena banyaknya home industri yang memproduksi manisan secara instan dan siap konsumsi.

Manfaat Buah Pepaya

Selain karena rasanya yang enak dan dijadikan olahan manisan, buah pepaya sendiri memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi tubuh kita. Pada hari ini akan mimin kupas beberapa manfaat yang ada di dalam buah pepaya ini ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

2. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

3. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Itulah tadi beberapa manfaat dari si buah pepaya ini, mimin mau ambil salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Ya tubuh kita memang memerlukan banyak antioksidan untuk memerangi radikal radikal bebas yang terdapat pada tubuh kita ini, serta untuk mendetoksifikasi tubuh.

 

Sekarang kita masuk ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering ya gaiss, cekidott!!!

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas
  6. Voilaaaaa manisan pepaya muda kering siap dinikmati

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Tanpa Dijemur

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Tanpa Dijemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples
  9. Voilaaaa tanpa melakukan proses menjemur, kalian dapat menikmatin manisan pepaya muda kering ini secara lebih cepat hihihi

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Warna Warni

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Manisan Pepaya Muda Kering Warna Warni:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian
  6. Voilaaa manisan pepaya muda kering warna warni siap dinikmati

 

Dengan ketiga resep di atas mimin harap bisa mempermudah kalian bagi yang ingin mencoba dan bereksperimen dengan dapur hehehe. Buah pepaya ini emang unik banget lho selain dijadiin manisan bisa juga diolah dengan resep es buah untuk jualan. Tinggal bagaimana kalian aja nih gaiss hihihi pokoknya buruan dicoba dan selamat mencoba ya gaiss!!!

Cara Membuat Sop Buah Istimewa Gak Pake Ribet

Wah gais balik lagi nih sama mimin, gimana kabar kalian? semoga baik baik aja yaa! Setelah mimin berbagi ke kalian tentang cara membuat asinan rambutan mudah , sekarang mimin mau berbagi ke kalian lagi tapi kali ini beda gais. Mimin mau share tentang cara membuat sop buah istimewa ga pake ribet pokoknya. Penasaran kan? ikutin terus tulisan mimin yaa.

Sebelumnya kita sering bikin resep makanan makanan dari olahan buah doang, tapi di artikel kali ini mimin bakal ngasih tau kalian juga manfaat buah buahan yang ada di resep es buah untuk jualan kali ini hihihi.

Karena selain dapat melegakan dahaga, sop buah ini juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, so cekidott!

Manfaat Buah Buahan Yang Terdapat Pada Sop Buah

1. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

2. Pepaya

Pepaya ini sangat dikenal untuk kalian yang sering mengalami masalah dalam saluran pencernaan, Itu adalah hal yang cukup masuk akal karena pepaya ini meliki zat papain yang senantiasa membantu saluran pencernaan kita dengan memecah protein.

Buah yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai alternatif ketika sembelit ini juga dapat menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh kalian.

Bagaimana tidak? Buah pepaya ini meliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, yakni sebesar 33%. Hal tersebut membuat pepaya menjadi primadona bagi mereka yang sedang dalam masa recovery ketika sedang sakit.

3. Blewah

Buah dengan nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga sering dipercaya sebagai pemberi impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

4. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

5. Nanas

Buah nanas mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan tubuh, salah satunya bromelain. Bromelain adalah enzim yang membantu dan berfungsi sebagai pemecah molekul protein menjadi asam amino serta peptida kecil

Pada hal lain, nanas juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker yang menjadi mesin pembunuh menakutkan bagi sebagian orang.

 

Hmmm menarik ya manfaat manfaat dari buah buahan ini? kalo gitu sekarang kita menuju ke bagian yang kalian tunggu tunggu yaitu resep cara buat sop buah nya hihihi, legooww!!

1. Resep Cara Membuat Sop Buah Istimewa

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Membuat Sop Buah Istimewa:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan sop buah istimewa kali ini siap dinikmati

2. Resep Cara Membuat Sop Buah Mutiara

Bahan-Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara Buat Sop Buah Mutiara:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa sop buah mutiara siap disajikan

3. Resep Cara Membuat Sop Buah Dengan Yoghurt

Bahan Bahan:

  • 1 buah apel
  • 1 buah pir
  • 5 butir buah anggur
  • Nata de coco secukupnya
  • Jelly secukupnya
  • 1 botol yoghurt kemasan sedang

Cara Membuat Sop Buah Dengan Yoghurt:

  1. Cuci bersih buah apel, anggur dan pir kemudian kupas dan potong-potong sesuai selera
  2. Siapkan wadah untuk menaruh rajangan buah di atas tadi. Jika sudah masukkan nata de coco dan jelly ke dalam wadah tersebut
  3. Tuangkan yoghurt ke dalam wadah tadi dan aduk perlahan hingga merata
  4. Kemudian tambahkan es batu sesuai selera kalian dan sop buah yoghurt kali ini siap disajikan

4. Resep Cara Membuat Sop Buah Cengkeh

Bahan Bahan:

  • 1 buah nanas
  • 200 gram kolang kaling
  • 1/2 buah melon
  • Buah semangka sesuai selera
  • Buah pepaya sesuai selera
  • 2 buang cengkeh
  • 340 ml air jeruk nipis
  • 200 gram gula pasir
  • 1500 ml air
  • Nata de coco secukupnya
  • Es serut sesuai selera

Cara Membuat Sop Buah Cengkeh:

  1. Cuci bersih dan kupas semua buah-buahan kemudian potong secara dadu terkecuali buah nanas yang dipotong segitiga dan buah melon yang dipotong bola
  2. Rebus air, gula, air jeruk nipis dan cengkeh sampai beraroma harum
  3. Masukkan buah nanas dan kolang kaling kemudian rebus hingga mendidih
  4. Jika dirasa sudah cukup mendidih, angkat buah nanas dan kolang kaling tadi kemudian biarkan air rebusan gula dan cengkeh ini dingin
  5. Taruh nanas dan kolang kaling ini dalam sebuah mangkuk dan tambahkan juga buah semangka, buah pepaya, buah melon, dan nata de coco
  6. Setelah dirasa cukup dingin, tuangkan adonan air dan cengkeh ini tadi ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan es serut dan siram dengan sirup
  7. Voilaaaa!!! sop buah unik yang satu ini siap untuk disantap

Dari keempat resep di atas, mana yang bikin kalian penasaran? hahaha bingung ya? ngga ap apa kalo bingung mimin juga kadang gitu. Cobain aja satu satu gais jangan takut gagal. Seengganya kalian udah mencoba dan ngga penasaran lagi deh sama resep resep di atas hehehe selamat mencoba gaisss!!

Cara Membuat Asinan Rambutan Mudah Dan Simple

Hallo gais, mungkin udah banyak dari kalian yang nyobain asinan rambutan ini. Tapi pernah ngga kalian nyobain buat bikin asinan rambutan sendiri? Di sini mimin bakal ngasi tau kalian gimana cara membuat asinan rambutan mudah dan ngga pake ribet.

Cara Membuat Asinan Rambutan Mudah

Asinan rambutan memanglah lezat dan menyegarkan, di sisi lain bahan dasar yang digunakan adalah buah rambutan itu sendiri yang mana kita ketahui bersama menyimpan berbagai khasiat dan mafaat bagi tubuh kita.

Tak heran jika asinan yang satu ini digandrungi dari segala kalangan usia mulai dari tua dan muda serta dari berbagai golongan sosial. Jadi tunggu apalagi? ayo menuju resepnya cara membuatnya!

1. Resep Asinan Rambutan Simple

Resep asinan rambutan kali ini bener bener simple sama seperti cara membuat sop buah istimewa dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Simple:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat Asinan Rambutan Simple Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila asinan rambutan simple siap disajikan

Simple bukan? ya sesuai namanya hehehe. Perhatikan dan simak baik baik ya gaiss, ikuti step by stepnya dengan tertib biar ngga fail hehehe.

2. Resep Asinan Rambutan Kering

Terdengar asing di telinga kita semua, tapi inilah terobosan-terobosan di bidang manisan khusus nya asinan rambutan.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Kering:

  • 2,5 kg buah rambutan
  • 1 kg gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan vanili
  • 1/4 sendok teh kapur sirih
  • 1 sendok tanah natrium benzoat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Asinan Rambutan Kering Dengan Mudah:

  1. Cuci bersih rambutn terlebih dahulu, kemudian kupas dan untuk biji nya kali ini dapat dibuang ataupun diikutsertakan, sesuai selera masing-masing aja
  2. Nyalakan kompor kemudian masukkan rambutan dan rebus hingga mendidih secara keseluruhan
  3. Setelah direbus, tiriskan rambutan nya sampai benar-benar kering
  4. Buat cairan larutan dari kapur sirih dengan cara mencampurkan 1 liter air dan 1/4 sendok teh kapur sirih.
  5. Setelah larutan nya jadi, rendam rambutan yang udah  direbus tadi ke dalam larutan sirih tadi kemudian tunggu sampai semalaman kemudian tiriskan
  6. Kemudian rebus air seliter serta tambahkan garam, gula, dan natrium benzoat nya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan rambutan yang udah direndam di larutan sirih semalaman tadi kemudian lanjut dimasak sampai agak matang.
  7. Matikan api kompor dan tuang vanili kemudian tunggu semalaman lagi
  8. Selesai direndam semalaman lagi, jemur asinan rambutan tadi hingga mengering

Resep di atas cocok banget buat kalian yang kurang suka rambutan basah atau berair, tingkat kekeringannya pun dapat kalian sesuaikan sesuai selera kalian masing masing. Mari lanjut ke resep berikutnya.

3. Resep Asinan Rambutan Kekinian

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya seperti resep es buah untuk jualan.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Kering Kekinian:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Asinan Rambutan Kering Kekinian Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan kekinian siap disajikan

Masih kurang guiss? ni mimin tambah satu lagi resep manisan rambutan nya!

4. Resep Asinan Rambutan Pedas

Ngga bisa bayangin perpaduan manis nya rambutan dengan pedas nya irisan cabe rawit yang merah menyala. Hmmm sedap banget ya pasti nya.

Bahan-Bahan Asinan Rambutan Pedas:

  • 2 ikat rambutan
  • 5 buah jeruk limau
  • 3 sendok teh gula pasir
  • Cabai rawit sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas

Cara Membuat Asinan Rambutan Pedas Dengan Mudah:

  1. Seperti biasa kita cuci dan selalu cuci dulu rambutan agar bersih dan terhindar dari bakteri jahat
  2. Kemudian setelah dicuci, kupas rambutan dan tak perlu dicuci ulang agar rasa yang didapatkan otenik. Jangan lupa buang biji nya.
  3. Iris miring cabai rawit, kemudian campurkan dengan rambutan yang udah disiapkan tadi
  4. Kemudian belah jeruk limau menjadi 2 bagian dan peras di atas rambutan tadi
  5. Tambahkan gula dan garam sesuai selera kalian. Tidak lupa tuangkan juga air panas 200ml dan tunggu kurang lebih 2 jam
  6. Voilaaa asinan rambutan pedas siap disajikan

Resep yang satu ini cocok banget buat kalian penggila pedas. Perpaduan antara rasa manis nan pedas bakal menggoyang lidah kalian hahaha.

Udah ada 4 resep nih, kalian tinggal milih aja hihihi bebas deh mau ngeksekusi yang mana dulu, yang penting dibaca dengan teliti ya resepnya. Tenkyuuu xoxo!

Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Sehat

Hello sobat diet sekalian, lagi bingung nyari menu diet? belum lagi ditambah mulut yang rasanya pengen ngunyah terus? bingung nyari cemilan untuk diet? tenang, mimin punya resep cara membuat salad buah untuk diet yang bakal bikin kamu merasa cheating day everyday tapi tetep aman buat program diet kalian Salad buah memanglah menu yang sering diandalkan bagi pejuang diet, selain karena kadar kalori yang rendah, pun juga dengan kandungan zat dan vitamin dalam buahnya yang sangat bermanfaat sama seperti yang ada dala resep es buah untuk jualan.

Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet

Pada kali ini, resep salad buah yang mimin bagiin bisa kalian terapkan sebagai menu diet kalian sekaligus camilan kalian pas cheating day(yang bisa kalian lakuin setiap hari tepatnya hahaha). Langsung aja kita menuju ke resep yang pertama.

1. Resep Salad Buah Rendah Lemak 

Bahan:

  • 4 buah anggur
  • 1 buah kiwi
  • 1 buah apel
  • 4 buah stroberi
  • 2 potong pepaya
  • 1 buah pir
  • 2 buah pisang
  • 1 buah mangga
  • 1 sendok teh air perasan lemon
  • 450 gr yoghurt rendah lemak

Cara Membuat Salad Buah Rendah Lemak Untuk Diet

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas lalu potong kecil-kecil dan tempatkan di mangkuk besar
  2. Haluskan pisang satunya dengan blender, yoghurt serta air perasan lemon agar ada rasa kecut yang unik. Blender hingga halus dan pindahkan ke wadah tertutup kemudian masukkan ke dalam lemari es
  3. Jika dinilai udah agak dingin, coba untuk siramkan sausnya tadi di atas mangkuk yang berisi buah-buahan yang udah dipotong tadi
  4. Voila salad buah rendah lemak kali ini siap dinikmati

2. Resep Salad Buah Naga Untuk Diet

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga Untuk Diet:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

3. Resep Salad Buah Segar Untuk Diet

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Membuat Salad Buah Segar Untuk Diet:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

 

Tiga resep di atas mimin rasa cukup mudah diaplikasikan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan pula. Belum lagi jika masi masih kurang, kalian bisa olah buah rambutannya dengan cara membuat asinan rambutan mudah . Jadi buat kalian semua, selamat menjalani program diet kalian dan semoga berhasil!