Categories
Uncategorized

Resep Nasi Briyani Rice Cooker Yang Super Pulen

Sebelumnya kan kita udah membahas tentang cara membuat nasi goreng sederhana di rumah, kali ini kita akan bahas resep nasi briyani rice cooker yang super pulen.

Nah sebelum ke resep nasi briyani, kita bahas dulu yuk manfaat beras basmati yang akan kita pakai untuk resep nasi briyani nya. Yuk langsung saja manfaat beras basmati

Manfaat Beras Basmati

1. Baik untuk Menu Diet

Nasi basmati mengandung karbohidrat amilosa dalam jumlah tinggi. Karena lama dicerna oleh tubuh, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Selain kaya serat, 100 gram nasi basmati putih matang mengandung 150 kalori, 3 gram protein, dan 35 gram karbohidrat. Dengan tambahan ikan, membuat menu diet Anda semakin bervariasi.

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Nasi basmati mengandung karbohidrat amilosa dalam jumlah tinggi. Karena lama dicerna oleh tubuh, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Selain kaya serat, 100 gram nasi basmati putih matang mengandung 150 kalori, 3 gram protein, dan 35 gram karbohidrat. Dengan tambahan ikan, membuat menu diet Anda semakin bervariasi.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, indeks glikemik pada beras basmati paling rendah. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tentunya dengan dosis yang sesuai aturan.

4. Baik Untuk Pencernaan

Bagi Anda yang suka mengalami sembelit, ada baiknya Anda mengonsumsi nasi basmati. Kandungan seratnya yang tinggi membuat kadar air di saluran pencernaan Anda terjaga. Sehingga Anda tidak akan lagi sembelit atau mengalami gangguan pencernaan lainnya.

5. Kandungan Vitamin

Nasi basmati mengandung vitamin seperti tiamin dan niasin. Apa saja vitamin tiamin dan niasin? Vitamin B1 atau tiamin merupakan salah satu vitamin yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh, terutama otak dan sistem saraf.

Vitamin B3 atau niasin merupakan nutrisi yang sangat penting untuk sistem saraf, saluran pencernaan, dan kulit. Kedua vitamin ini bekerja efektif pada sistem pencernaan, sistem saraf, dan jantung. Beras basmati juga sangat bermanfaat karena mengandung zat besi.

Resep Nasi Briyani Rice Cooker Yang Super Pulen

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Briyani Rice Cooker

  • 1 kg beras basmati
  • 1 ekor ayam kampung
  • 2 buah bawang bombay
  • 7 siung bawang merah
  • 4 btg serei
  • 2 lembar daun salam
  • 4 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdm kapulaga
  • 2 btg kayu manis
  • 1 ipekak
  • 3 btr cengkeh
  • 1 bks bumbu briyani
  • 2 sdt safron (alt. bubuk kunyit)
  • 5 sdm minyak samin (alt. 5 sdm minyak zaitun+1/2 bks mentega)
  • 1 karton santan kara
  • 1 bks royco
  • 1,5 sdt garam
  • 1,5-2 l air

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Briyani Rice Cooker

1. Rendam beras basmati selama 2 jam. Tiriskan dan sisihkan.

2. Rajang halus bawang. Tumis dengan minyak samin sampai harum. Masukkan serei geprek, daun salam dan daun jeruk. Semua bumbu kering dan rempah. Masukkan ayam tumis hingga berubah warna, santan, air dan garam. Masak hingga mendidih.

3. Setelah mendidih masukkan beras, masak hingga air menyusut.

4. Panaskan panci, kukus nasi selama 1/2 jam atau hingga nasi matang. atau kalian bisa menggunakan rice cooker besar

5. Siap dihidangkan. Tambahkan acar biar seger. Yummy!

Resep Nasi Briyani

Gimana nih mudah bukan resep cara membuat nasi briyani rice cooker yang super pulennya? Kalian bisa loh menggunakan alat penanak nasi besar sebagai pengganti rice cooker besarnya.

Saya yakin nih pasti kalian udah mulai ngiler kan dan gak sabar untuk mengikuti resep cara membuat nasi briyani rice cooker yang super pulen ini. Selamat mencoba ya dan selamat makan

 

Categories
Uncategorized

Ini Dia Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Di Rumah

Sebelumnya kan kita udah membahas tentang resep nasi kebuli bumbu kari indofood yang super wangi, kali ini kita akan bahas cara membuat nasi goreng sederhana di rumah.

Nah sebelum ke resep cara masak nasi goreng nya, kita bahas dulu yuk jenis jenis nasi goreng di berbagai negara.

Jenis Nasi Goreng Di Berbagai Negara

1. Malaysia

Nasi goreng Malaysia hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Baik dari segi rasa, tekstur dan ragam masakan. Namun, nasi goreng Malaysia selalu menyertakan sayuran, seperti kacang panjang, kacang hijau, atau wortel di dalamnya.

2. Singapura

Nasi goreng singapura juga rasanya hampir sama dengan nasi goreng indonesia. Namun, nasi goreng Singapura lebih simpel dan tidak memiliki hiasan yang berarti. Biasanya nasi goreng singapore selalu berisi kacang polong sebagai pendamping yang juga akan menambah kelezatan nasi goreng ini.

3. Thailand

Nasi goreng merupakan makanan yang sangat populer di Thailand dan juga memikat pecinta kuliner untuk mencicipinya. Hal tersebut wajar karena Thailand memiliki kualitas beras yang sangat bagus. Nasi yang digunakan adalah nasi Jasmin, dan nasi goreng yang paling terkenal adalah Khao Phat Kai.

4. China

Nasi goreng di China disebut-sebut sebagai olahan junk food. Ini karena mereka menggunakan sisa sayuran untuk membuat nasi goreng. Nasi goreng paling sering dibuat di akhir bulan, dimana mereka menghabiskan stok sayur atau daging untuk membuat nasi goreng ini.

Rasanya sendiri tidak jauh berbeda dengan nasi goreng Thailand, namun biasanya kualitas nasi yang digunakan sedikit berbeda.

5. Jepang

Nasi goreng di Jepang dikenal dengan nama “Yaki Meshi”. Nasi goreng memang tidak begitu populer di Jepang, karena masih banyak lagi olahan nasi yang lebih praktis seperti onigiri. Biasanya nasi goreng di Jepang hanya disajikan dalam porsi kecil.

6. Korea Selatan

Biasanya nasi goreng Korea akan menggunakan jagung sebagai pelengkap tambahan. Sama seperti di Jepang, nasi goreng memang tidak terlalu populer di negeri ginseng ini.

7. Turki

Nasi goreng Turki mendapat pengaruh dari Eropa dan Timur Tengah. Oleh karena itu, biasanya nasi goreng Turki memiliki campuran bumbu dalam bumbunya, dan dihiasi dengan keju sebagai pelengkap.

8. Jerman

Di negeri ini, nasi goreng dikenal dengan sebutan “Gebratener Reis”. Hidangan ini menjadi salah satu favorit warga Jerman dan banyak dijual di warung makan di sana. Ciri khas dari nasi goreng Jerman adalah telurnya selalu diletakkan di tengah nasi.

9. Amerika Serikat

Nasi goreng amerika serikat biasanya menggunakan nasi asal thailand, karena nasi goreng ini pertama kali dibawa oleh tentara amerika yang bertugas di thailand. Nasi gorengnya sendiri selalu didekorasi sedemikian rupa agar menggugah selera. Apalagi nasi goreng ala Amerika ini biasanya dibumbui dengan sambal, bukan dengan kecap.

10. Spanyol

Paella adalah salah satu makanan khas Spanyol yang paling populer. Bisa dibilang, paella ini adalah nasi goreng versi Spanyol. Sama seperti nasi goreng Indonesia, paella juga terdiri dari berbagai jenis mulai dari valenci paella, seafood paella, dan mix paella.

Valenci paella terbuat dari nasi, tomat, kacang-kacangan, ayam, dan berbagai bahan lainnya. Sedangkan seafood paella dibuat dari campuran nasi dan berbagai jenis seafood. Terakhir, mix paella merupakan campuran valentine paella, dan juga seafood paella.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Di Rumah

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Di Rumah

  • Beras (sampai berapa)
  • Engsel
  • Seledri
  • Bahan:
  • 3 bawang putih
  • 4/5 bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • secukupnya Garam
  • Cabai (Opsional)
  • secukupnya kecap manis
  • Royko (rasa)

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Di Rumah

1. Siapkan bahan yang akan dihaluskan .. Bawang putih .. bawang merah .. Kemiri .. Garam .. Untuk cabai bisa dihancurkan atau dipotong kalau saya potong saja.
2. Selanjutnya, tumis dengan sedikit minyak.
3. Tumis bumbu halus sampai tercium harum dan berwarna keemasan .. Untuk cabai saya taruh di yang terakhir karena saya punya anak kecil jadi saya belum pedas dulu .. Kalau cabai tumbuk, masukkan semuanya baik-baik saja.
4. Lalu kalau sudah keemasan masukkan nasinya ya? Bersamaan dengan kecapnya, lalu diaduk.. masih berantakan biar nasi yang saya pakai tidak terlalu kering jadi lengket …
5. Jadi kalau nasinya hilang tidak ada rasa, kalau tidak asin tambahkan garam, kalau kurang bagaimana kalau ditambah sedikit royko?
6. Selanjutnya jika nasinya sudah hampir matang dan rasanya sudah lewat, masukkan seledri dan irisan cabai tadi …
7. Terus diaduk lagi, tunggu sampai semuanya tercampur dan seledri ternyata layu .. Lepas saja … Dan tenang saja kalau beri ketimun dan tomat untuk di tambahkan
8. Soal rasa, saya yakin rasanya tidak jauh beda dengan pedagang kaki lima saya, padahal nasi yang saya pakai ini bukan nasi mentah … Selamat mencoba buat yang coba bikin resep dari saya.

Resep Nasi Goreng

Gimana … mudah kan resepnya? oh iya bisa juga mengikuti resep di atas dengan menggunakan rice cooker besar, sesuaikan saja bahannya … Selamat mencoba

 

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Sedap

Sebelumnya kan kita udah membahas tentang resep nasi kebuli bumbu kari indofood yang super wangi, kali ini kita akan bahas resep cara membuat nasi liwet sunda tanpa santan yang sedap

Nah sebelum ke resep nasi liwet, kita bahas dulu yuk apa aja sih perbedaan nasi liwet khas sunda dan nasi liwet khas solo. Yuk langsung saja ke perbedaan nasi liwet khas sunda dan khas solo

Perbedaan Nasi Liwet Khas Sunda Dan Khas Solo

1. Rasa Gurih Nasi Liwet

Baik nasi liwet khas Solo maupun khas Sunda mempunyai cita rasa gurih. Tetapi rasa gurih tersebut berasal dari bahan yang berbeda.

Rasa gurih nasi liwet solo berasal dari santan sedangkan nasi liwet sunda berasal dari racikan bumbu campuran

Hampir sama dengan nasi uduk, nasi liwet khas Solo menggunakan santan saat memasak berasnya. Air santan tersebut dicampur dengan serai dan salam.

Meskipun sedikit berbeda, garam menjadi bumbu yang pada masing-masing jenis nasi liwet biasanya wajib ditambahkan.

2. Lebih Kering

Lauk pelengkap pada nasi liwet khas Sunda umumnya tidak berkuah dan cenderung kering.

Nasi liwet hangat beserta lauk ikan asin yang dicampur tersebut biasanya dinikmati langsung dengan menggunakan tangan.

3. Nasi Liwet Solo Lebih Berkuah

Saat hendak disantap, biasanya nasi liwet khas Solo dihidangkan dengan berbagai lauk dan pelengkap.

Lauk pelengkap pada liwet khas Solo yang berjenis sayuran berkuah membuat nasi liwet Solo akan lebih berair. Sehingga untuk memakannya tidak bisa langsung dengan tangan.

4. Lauk Nasi Liwet Khas Solo

Yang juga paling khas dari nasi khas liwet Solo adalah lauk pauknya yang beraneka ragam.

Nasi liwet Solo dihidangkan dengan sambal goreng santan labu siam, suwiran ayam opor, telur pindang dan sambal goreng daging cincang, serta kuah kelapa kental bertekstur seperti bubur yang disebut dengan areh.

Areh mempunyai rasa gurih nikmat yang sangat khas.

5. Lauk Nasi Liwet Khas Sunda

Nasi liwet khas Sunda seiring perkembangannya dihidangkan juga dengan berbagai lauk pelengkap.

Lauk pelengkap umumnya berupa ikan atau ayam goreng, tahu dan tempe goreng, serta sambal dadak.

Yang tidak bisa dilewatkan dari liwet Sunda adalah lalapan berupa kol, timun, daun selada dan petai dan biasa dilengkapi dengan kerupuk.

 

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Sedap

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan

  • 5 cup beras
  • 1 ruas laos
  • 1200 ml air
  • 3 lbr daun salam
  • 50 gr teri medan
  • 9 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas jahe
  • 2 batang serai
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 sdt gula
  • Minyak goreng

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan

  1. Cuci bersih beras. Sisihkan.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih. 
  3. Belah cabai keriting.
  4. Keprek laos, jahe dan serai.
  5. Goreng teri medan hingga kuning kecokelatan. Angkat.
  6. Tumis jahe, laos dan serai hingga harum.
  7. Masukkan bawang merah & purih, daun salam dan daun jeruk lalu tumis hingga matang.
  8. Masukkan beras dan cabai merah.
  9. Tambah garam lalu aduk rata.
  10. Masukkan ke rice cooker besar dan tambahkan air aduk sebentar.
  11. Masukkan beras ke penanak nasi dan masak hingga matang.
  12. Setelah matang, masukkan teri medan dan sajikan.

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan Yang Sedap

Wah gimana nih resep nasi liwetnya, gampang bukan? Pasti kalian sudah gak sabar kan untuk membuat nasi liwet dengan resep ini. Selamat mencoba ya dan selamat ber kreasi

Categories
Uncategorized

Resep Nasi Kebuli Bumbu Kari Indofood Yang Super Wangi

Sebelumnya kan kita udah membahas tentang cara membuat nasi kuning magic com, kali ini kita akan bahas resep nasi kebuli bumbu kari indofood yang super wangi.

Nah sebelum ke resep nasi kebuli ayam nya, kita bahas dulu yuk manfaat dari nasi kebulinya.

Manfaat Nasi Kebuli

1. Terhindar Dari Kanker Usus Besar

Kanker adalah penyakit mengerikan yang hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menghilangkannya. Terlebih kanker sangat mudah menyebar di dalam tubuh dan sangat cepat pertumbuhannya.

Meskipun nasi kebuli disajikan dengan daging kambing yang cenderung banyak lemak, namun dengan adanya beras basmati memiliki kadar serat yang lebih tinggi.

Hal tersebut membuat kita terhindar dari resiko kanker usus besar karena kandungan serat yang tinggi di dalam beras basmati sangat bagus untuk kesehatan usus kita.

2. Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat yang lebih banyak di dalam beras basmati membuat nasi kebuli membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Hal tersebut dikarenakan beras basmati membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap di dalam lambung.

Hal demikian membuat kita tidak makan dalam waktu yang lebih lama sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

3. Aman Untuk Penderita Kolesterol

Manfaat selanjutnya yang bisa kita rasakan dari mengonsumsi beras basmati yang ada di nasi kebuli adalah rendahnya kadar kolesterol didalamnya.

Beras basmati juga terbebas dari gluten sehingga aman untuk penderita kolesterol yang ingin menikmatinya karena kadar kolesterol akan tetap terjaga.

4. Melancarkan BAB

Manfaat lainnya adalah melancarkan buang air besar karena beras basmati memiliki kandungan yang kaya serat membuat Anda tidak perlu khawatir soal buang air besar.

Makanan yang kaya serat dapat membantu Anda dari permasalahan sembelit.

5. Aman Untuk Penderita Gula

Orang yang memiliki riwayat diabetes harus berhati-hati dengan makanan yang mereka konsumsi, bahkan nasi sekalipun. Bagi penderita diabetes, nasi sekalipun akan diolah menjadi gula saat dimakan.

Nah beras yang digunakan untuk membuat nasi kebuli yaitu beras basmati memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari beras biasa sehingga aman dikonsumsi oleh penderita gula.

Resep Nasi Kebuli  Bumbu Kari Indofood Yang Super Wangi

Bahan Bahan Resep Nasi Kebuli Bumbu Kari Indofood

  • 350 g Long grain rice
  • 3 sdm bawang goreng
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 400 g daging
  • 2 sdm minyak samin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm kismis
  • 1.5 l santan
  • Minyak goreng
  • 1 sdm garam
Rempah
  • 2 pcs kapulaga (dikeprek)
  • 1 batang kayu manis
  • 4 pcs cengkeh
  • 2 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 pcs anis star
  • 1/2 pcs pala (diparut)
  • 2 lembar daun salam
Bumbu halus
  • 4 cm kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt jinten
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt adas manis

Langkah Langkah Resep Nasi Kebuli Bumbu Kari Indofood

1. Bumbu halus ditumis pakai sedikit minyak bersama dengan rempah sampai wangi

2. Masukkan daging kambing, beri air sampai terendam. Ungkep daging ayam sampai daging empuk dan air surut

3. Masukkan beras dan santan sampai 1 ruas jari seperti memasak nasi

4. Bumbui dengan garam, lada, kaldu bubuk. Aduk rata, tunggu sampai setengah matang. Beri kismis diatas nasi

5. Siapkan panci kukusan. Kukus nasi sampai matang

6. Setelah matang, nasi kebuli bumbu kari indofood siap disantap

Resep Nasi Kebuli Bumbu Kari Indofood Yang Super Wangi

Wah gimana nih resep nasi kebuli bumbu kari indofoodnya.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget menggunakan cara ini dengan rice cooker besar tinggal disesuaikan saja caranya. Selamat mencoba

Categories
Uncategorized

Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com Anti Gagal

Cara membuat nasi kuning magic com anti gagal? Sebelumnya kan kita sudah membahas resep masak telur yang enak. Masa iya cuma masa telur aja trus mana nasi nya?

Tenang aja pada artikel kali ini kita akan membahas resep nasi kuning versi magic com tentunya anti gagal. Wah serius anti gagal? iya dong

Pada resep nasi kuning kali ini sangatlah simpel karena kita akan pakai magic com atau rice cooker. Sebelum ke resep nasi kuningnya yuk kita bahas dahulu apa aja manfaaat nasi kuning.

Manfaat Nasi Kuning

1. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena sering mengkonsumsi makanan manis dengan jumlah yang berlebihan. Cara agar dapat  dapat mencegahnya yaitu dengan cara rutin mengkonsumsi nasi kuning.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya berperan penting untuk menurunkan kadar gula darah berlebih sehingga mencegah kalian dari resiko diabetes.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selain untuk mencegah diabetes, mengkonsumsi nasi kuning juga sangat bermanfaat menurunkan berat badan. Jika kalian ingin menurunkan berat badan maka bisa banyak mengkonsumsi makanan ini.

Kandungan yang ada di dalamnya berkhasiat untuk melangsingkan tubuh. Oleh karena itu, kalian bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai menu diet.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak berfungsi untuk mengatur sebagian besar gerakan, perilaku dan juga fungsi tubuh. Untuk meningkatkan fungsi otak , hal yang dapat dilakukan yaitu dengan banyak mengkonsumsi nasi kuning.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu otak agar dapat berfungsi secara maksimal.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya benjolan merah pada permukaan wajah. Untuk mengatasi wajah yang berjerawat, kalian bisa melakukannya dengan rutin mengkonsumsi nasi kuning.

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah kalian.

5. Mengobati Asma

Selain itu manfaat  dari mengkonsumsi nasi kuning terbukti mampu mengobati penyakit asma. Jika kalian termasuk penderita asma maka bisa rutin mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pokok sarapan.

Kandungan yang ada di dalamnya akan membantu melancarkan pernapasan sehingga kalian akan terhindar dari resiko asma.

Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com Anti Gagal

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com

  • 3 1/2 cup beras
  • 1 bungkus Santan kara
  • Secukupnya garam
  • 2 lembar daun salam (buang ujung ujungnya)
  • Secukupnya royco sapi
  • 4 lembar daun jeruk (sobek)
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • Secukupnya air
  • 2 batang sereh (geprek)
  • Secukupnya minyak untuk menumis
Bahan halus
  • 2 siung bawang putih (pisahkan dari bumbu lain)
  • 1 ruas kunyit
  • 8 siung bawang merah

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com

1. Cuci beras hingga bersih sisihkan

2. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukan bumbu halus…daun salam… Sereh.. Daun jeruk dan lengkuas..aduk hingga harum dan matang

3. Tambahkan air.. Masukan ke magic com beserta bumbu tumis… Tambahkan royco… Garam… Dan santan aduk2… Takaran air nya seperti masak nasi biasa…lalu mulai tekan cook

4. Jika sudah keluar asap dari magic com nya aduk biar rata… Tinggal tunggu matang… Nasi kuning siap di hidangkan dan di santap

Cara Membuat Nasi Kuning Magic Com Anti Gagal

Gimana nih resep nasi kuningnya? Mudah bukan. Oh iya cuma mau ngasih tau jika kalian ingin membuat porsi yang lebih banyak kalian bisa menggunakan rice cooker besar.

Jangan cuma dibaca ya, kalian wajib banget mencobanya karena sangat simpel dan hasilnya super enak loh, serius gak bohong. Selamat mencoba 🙂