Cara Membuat Semur Telur Ceplok Kuah Kental Enak dan Cepat

Mau buat semur di akhir pekan ini tapi harga daging mahal? Tenang, cara membuat semur telur ceplok satu ini bisa kalian coba.

Resep semur telur  ini kaya akan rempah-rempah dan gurih gak bakalan kalah deh dengan semur yang menggunakan daging sapi!

Menu telur ceplok adalah olahan yang banyak digemari oleh orang. Cara memasaknya simpel dan mampu meningkatkan nafsu makan. Di Indonesia telur ceplok biasa disebut telur mata sapi. Kok bisa?

Menurut berita yang dilansir dari Encyclopaedia Britannica, setiap negara memiliki sebutan untuk telur ceplok. Sering juga sebutan tersebut juga digunakan oleh wilayah lain karena kebiasaan.

Di Amerika Serikat, penduduk Maryland menyebut telur ceplok dengan kata dip eggs. Artinya adalah telur yang dicelup, adapula yang menyebutnya dengan dippy eggs.

Treasure eggs adalah sebutan orang Pennsylvania untuk telur ceplok. Treasure eggs yang artinya telur yang menyimpan harta karun.

Orang Pennsylvania menganggap kuning telur pada telur ceplok merupakan bagian yang sangat enak untuk dinikmati.

Spiegelei adalah sebutan orang Jerman untuk telur ceplok . Spiegelei  sendiri artinya cermin.

Meskipun tampak agak membingungkan, mereka mengangap putih telur yang diceplok memiliki tekstur yang tipis dan berwarna sangat putih.

Orang Indonesia sendiri, telor ceplok berasal dari bahasa Jawa. Mengapa demikian? Karena, ketika memecahkan telur menjadi dua dan menjatuhkan telur di atas penggorengan, terdengar bunyi “ceplok”.

Sebernarnya untuk sebutan telur mata sapi ini diawali dari orang Perancis yang datang ke Indonesia dan mengatakan telur ceplok dengan Œil de Boeuf.

Lalu diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Bull’s Eye. Sebutan Bull’s Eye yang artinya mata sapi. Secara harafiah arti Bull’s Eye memang mata sapi.

Maksud dari Bull’s Eye di sini adalah titik tengah lingkaran yang dijadikan sasaran panah.

Jadi itulah julukan telur ceplok dari berbagai negara yang mengonsumsi olahan telur ceplok.

Sekarang kita lanjut untuk mengolah salah satu olahan telur ceplok yaitu cara membuat semur telur ceplok.

Cara Membuat Semur Telur Ceplok

Bahan-Bahan:

  • 8 butir telur
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 5 sdm kecap manis
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt pala bubuk
  • 500 ml air
  • ½ sdt merica bubuk
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 10 cabe rawit hijau, biarkan utuh

Bumbu Iris:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah

Cara Membuat Resep Semur Telur Ceplok:

  1. Panaskan minyak agak banyak di dalam wajan cekung. Pecahkan telur satu per satu. Ceplok dan goreng sampai matang.
  2. Tumis bumbu iris, daun salam, dan serai sampai harum.
  3. Tuang air. Tambahkan kecap manis, garam, merica bubuk, pala dan cabe rawit hijau utuh.
  4. Masukkan telur yang sudah digoreng. Masak sampai matang.

Gak perlu mahal kan readers untuk menikmati semangkuk semur. Cukup mengikuti cara membuat semur telur ceplok diatas, kalian sudah bisa merasakan nikmatnya semur telur.

Selain olahan semur telur diatas. Kalian juga bisa mengolah telur menjadi sosis telur.

Untuk pembuatannya kalian gak perlu khawatir karena akan terbantu dengan mesin sosis telur.

Dengan mesin ini kalian bisa membuat sosis telur dalam jumlah banyak dan waktu yang cepat. Simpel dan gak makan tempat banget kan readers? Mencucipun gak perlu repot!

Oh iya, kalian jangan lupa mencoba cara membuat semur telur ceplok diatas! Selamat mencoba! Semoga kalian berhasil dan suka dengan hasil masakan kalian yaa!!!

Resep Telur Gulung Enak Terkenal Sejak Tahun 1900-an

Telur gulung adalah olahan kembali terkenal akhir akhir ini dan berkembanglah berbagai resep telur gulung enak mengingat telah muncul pada sekitar tahun 90’an yang kemudian populer kembali di abad ke-21.

Ingin tahu bagaimana cara membuat resep telur gulung enak yang rasanya mantap? Cek langsung resep telur gulung ini!

Resep jajanan kaki lima memang tak pernah ada habisnya, apalagi bila jajanan tersebut merupakan hidangan masa kecil yang selalu membuat rindu. Salah satunya adalah telur gulung.

Telur gulung termasuk jajan yang bikin nostalgia. Sudah ada sejak tahun 90’an dan kini Kembali popular dengan berbagai variasi yang unik.

Sesuai namanya, resep telur gulung ini memiliki bahan utama telur. Telur yang kita makan biasanya adalah telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan burung puyuh.

Jajan telur gulung telah ada sejak dulu. Telur yang dikocok hingga berbuih lalu digulung dengan lidi bambu. Dipadukan dengan saus merah ala jajan gorengan jadi makanan wajib yang dibeli anak-anak sepulang sekolah.

Kepopuleran jajan murah meriah ini Kembali muncul pada awal tahun 2017-an. Dulu dijual dengan harga harga Rp 500, sekarang dijual dengan harga Rp 2.000-an.

Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana, karena bahanya hampir mirip dengan bahan membuat telur dadar favoritmu. Hanya membutuhkan sebutir telur dengan seperempat sendok teh garam untuk membuatnya.

Setelah bahan-bahan tersebut sudah lengkap, pecahkan telur di atas wadah dan taburkan garam tadi di atasnya, kemudian kocok telur tersebut sampai merata.

Lalu tuang adonan telur di wajan dengan minyak panas dan gulung menggunakan tusuk sate. Pastikan tekstur telur harus benar-benar cair, karena dibutuhkan keluwesan saat menggulung telur menggunakan tusuk sate agar dapat menempel dengan sempurna.

Daripada bingung langsung aja deh ikutin resep telur gulung enak ini, dijamin bahan-bahannya ada disekitar kalian, bahkan sudah tersedia di rumah kalian sendiri loh.

Resep Telur Gulung Enak

Bahan-Bahan :

  • 5 butir Telur
  • 1 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • 5 buah sosis
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya
  • keju cheddar secukupnya
  • saus tomat secukupnya
  • mayonaise secukupnya
  • mustard secukupnya

Cara Membuat Resep Telur Gulung Enak :

  1. Iris daun bawang kecil-kecil. Lanjutkan degan memotong wortel kecil-kecil. Atau, cacah keduanya.
  2. Siapkan mangkuk berukuran sedang dan pecahkan semua telur ke dalamnya. Lalu, saring telur.
  3. Masukkan garam dan lada secukupnya. Tambahkan wortel dan daun bawang ke dalamnya. Kocok hingga merata.
  4. Siapkan teflon bentuk persegi, lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Ratakan tipis-tipis menggunakan tisu atau kuas khusus.
  5. Goreng telur tipis-tipis hingga mengeras. Kemudian, tata lembaran keju dan sosis di atasnya dan gulung telur. Kunciny adalah menggoreng dengan api kecil agar telur tidak mudah kering atau kecoklatan.
  6. Letakkan telur gulung di ujung teflon, lalu masukkan kembali telur, biarkan hingga mengeras. Kemudian, gulung kembali hingga menjadi beberapa lapis.
  7. Setelah selesai di goreng semuanya. Iris telur seperti memotong sushi ya, Bun.
  8. Saatnya plating! Siapkan talenan atau piring rata, lalu oleskan saus, mayonaise dan mustard di piring.
  9. Susun irisan telur gulung di atasnya. Beri taburan wijen dan siapkan daun parsley di atasnya agar makin manis tampilannya.
  10. Siap dihidangkan dan dinikmati!

Selain menggunakan telfon, resep telur gulung enak di atas bisa dibantu menggunakan mesin sosis telur sehingga langkah-langkah yang kalian lakukan akan menjadi lebih sederhana.

Setelah mencobanya, olahan telur gulung tampak sederhana bukan? Selamat menikmati resep telur gulung enak tersebut ya.

Cara Membuat Adonan Martabak Telor Anti Gagal dan Sederhana

Pas lagi santai-santai di rumah, tiba-tiba kalian pingin bikin martabak, tapi gak tahu bagaimana? Tenang, cara membuat adonan martabak telor ini bisa membantumu mendapatkan resep martabak telur yang rasanya mantap dan adonannya anti gagal!

Dalam membuat resep martabak telur, pada bagian membuat adonannya yang seringkali menjadi masalah, karena tidak semua orang memiliki kesabaran untuk mengikuti prosedur-prosedur yang harus dilakukan.

Eits..jangan takut dulu, cobain cara membuat adonan martabak telor ini!

Cara Membuat Martabak Telor

Bahan Adonan Martabak Telor  :

  • Tepung terigu dengan kandungan protein tinggi 200 g
  • Garam ½ sdt
  • Air mineral 150 ml
  • Minyak goreng 50 g
  • Telur ayam 1 butir, kocok lepas

Cara Membuat Adonan Martabak Telor (kulit):

  1. Siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu dan garam.
  2. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan telur lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sembari terus mengaduk dengan tangan hingga adonan menjadi kalis.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian sama persis lalu bentuk menjadi bulatan.
  6. Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan selama 15 menit.
  7. Adonan siap dijadikan kulit martabak telur.

Bahan Isi :

  • Daging sapi giling atau cincang atau daging ayam giling atau cincang 250 g
  • Daun bawang 5 batang, iris halus
  • Bawang putih 4 siung, iris halus
  • Bawang bombay 1 buah, iris halus
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Bawang merah 8 buah, iris halus
  • Minyak 4 sdm

Cara Membuat Adonan Martabak Telor (isian) :

  1. Siapkan penggorengan, lalu panaskan minyak dengan api sedang.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga tercium bau harum.
  3. Masukkan daging cincang atau giling. Tumis hingga rata dan hingga daging agak matang.
  4. Masukkan daun bawang dan lada bubuk. Tumis hingga rata dan daging matang.
  5. Sisihkan.

Cara Membuat Martabak Telor :

Bahan :

  • Kulit martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya
  • Isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya
  • Garam ½ sdt
  • Telur ayam atau telur bebek 4 butir, kocok lepas
  • Minyak goreng 4 sdm

Cara Membuat Martabak Telor:

  1. Ambil satu adonan kulit, kemudian tekan dengan telapak tangan dengan gerakan memutar hingga adonan melebar.
  2. Peganglah kedua ujung adonan lalu dengan gerakan tangan memutar ke atas, banting adonan hingga melebar dengan hati hari agar adonan tidak robek.
  3. Siapkan 2 butir telur yang sudah dikocok lalu beri garam. Kocok hingga tercampur.
  4. Masukkan ½ isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya. Kocok hingga tercampur.
  5. Panaskan minyak goreng di penggorengan dengan api kecil, sebaiknya siapkan wajan dengan diameter yang luas.
  6. Ambil kulit yang sudah dilebarkan. Secara perlahan dan hati-hati masukkan ke dalam penggorengan agar tidak robek.
  7. Goreng kulit martabak hingga ½ matang.
  8. Tuang isi martabak telur di tengah-tengah kulit martabak telur yang sedang digoreng.
  9. Kemudian lipat masing-masing ujung kulit ke tengah hingga bagian isi tertutup dengan kulit martabak telur.
  10. Goreng martabak dengan cara dibolak-balik sampai matang atau berwarna kecoklatan.
  11. Martabak telur yang sudah matang kemudian sisihkan.
  12. Martabak telur siap dihidangkan.

Jadi itulah cara membuat adonan martabak telor, selain martabak adapula jajanan yang memiliki bahan utama telur yang patut kalian coba, yaitu sosis telur.

Makanan ini bisa kalian buat dengan mudah menggunakan mesin sosis telur. Jadi kalian gak perlu repot lagi buat nyiapin alat-alatnya plus mengurangi jumlah cucian piring kalian kan.

Selamat mencoba cara membuat adonan martabak telor diatas ya readers! Semoga kalian berhasil dan suka dengan hasil masakan kalian!

Resep Sayur Nangka Muda Santan Rasanya Super Gurih

Didepan rumah kalian banyak nangka berbuah, tapi bingung mau diolah seperti apa? Tenang, kalian bisa coba resep sayur nangka muda santan yang rasanya gurih banget.

Resep sayur nangka ini menggunakan santan sehingga citarasanya menjadi gurih. Yang penasaran cara bikinnya, langsung cek dibawah!

Nangka yang tumbuh di Indonesia umumnya berukuran sedang. Tingginya sekitar 20 meter, walaupun beberapanya ada yang tumbuh mencapai angka 30 meter. Memiliki batang berbentuk bulat silindris dan memiliki diameter sekitar 1 meter.

Bagian dari nangka yang biasanya dipanen adalah buahnya. Daging buah nangka yang telah matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah.

Nangka yang ada didepan rumahmu memiliki daun tunggal lho readers. Tangkainya memiliki panjang 1-4 cm, memiliki helai daun yang tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai memanjang, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing.

Sedangkan bagian daunnya miliki bentuk bulat mirip telur dan lancip, memiliki panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa bentuk cincin.

Populasi nangka di Indonesia sangat besar, bahkan kerap kali tumbuh secara liar di depan rumah ataupun di pinggir jalan. Si nangka ini termasuk buah yang gak kenal musim loh, jadi kalian akan sangat mudah mendapatkan si nangka ini.

Kalian yang membaca artikel ini pastilah penyuka resep sayur nangka. Berapa dari kalian mungkin memiliki kriteria tertentu sebelum mengonsumsi sayur nangka, seperti keberadaan santan yang sering menggangu kalian tim penolak santan.

Stop! Jangan di back dulu, di artikel ini kita akan membahas resep sayur nangka muda santan kok readers!

Resep Sayur Nangka Muda Santan

Bahan-Bahan :  

  • 500 gram nangka muda
  • 1000 ml santan dari 1 butir kelapa

Bumbu Resep Sayur Nangka Muda Santan :

  • 4 sendok teh garam atau secukupnya
  • 2 batang serai
  • 1 sendok makan gula merah atau secukupnya
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah lengkuas

 Bumbu yang Dihaluskan :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah cabai merah besar
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Bahan Pelengkap Bawang goreng

Cara Menyiapkan dan Mengolah Bumbu : 

  1. Apabila anda telah menyiapkan bahan dan bumbu seperti di atas, maka anda bisa langsung menyiapkan atau mengolah bahan dan bumbu tersebut. Dimana langkah pertama yaitu, potong nangka muda. Lalu cuci bersih nangka muda tersebut. Jika sudah rebus nangka muda tersebut samapi empuk.
  2. Kemudian, memarkan lengkuas dan batang serai.
  3. Haluskan semua bumbu halus yang telah anda siapkan. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau ditumbuk.

Cara Memasak Resep Sayur Nangka Muda Santan :

  1. Apabila bahan dan bumbu telah siap seperti di atas, maka anda bisa meneruskan pada tahap memasak. pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu didihkan santan yang telah anda siapkan.
  2. Lalu masukan bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, lengkuas dan serai. Aduk perlahan hingga tercium harum dan santan mendidih.
  3. Setelah itu, masukan nangka muda yang telah direbus. Aduk sampai merata.
  4. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula merah. Aduk kembali sampai bumbu larut. Masak sampai semua bahan dan bumbu benar-benar meresap.
  5. Apabila telah matang, angkat dan sajikan pada wadah saji. Lalu taburi dengan bawang goreng.

Sekarang ini peluang usaha makanan sedang melejit banget loh readers, salah satunya adalah olahan sosis telur yang akan lebih mudah dibuat menggunakan mesin sosis telur. Selain mengandung banyak manfaat, olahan telur memiliki harga yang sangat bersahabat dikantong.

Selamat mencoba resep diatas ya! Semoga berhasil dan kalian suka dengan hasilnya.

Resep Masak Telur yang Enak, Ada yang Manis dan Kenyal!

Olahan telur adalah yang terfavorit di seluruh kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Karena memiliki berbagai resep masak telur yang enak dan mudah dibuat.

Tak hanya harganya yang murah, telur juga mengandung protein yang tinggi. Ingin mengolah telur menjadi makanan yang enak? Cek resep masakan telur yang enak banget ini!

Dalam resep masak telur yang enak kita akan membahas dua resep yang manis dan kenyal ya readers. Tak hanya lezat, egg pudding memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dijamin akan membuatmu semakin semangat beraktivitas. Cemilan praktis ini ampuh lho untuk mengganjal lapar.

Kalo egg waffle sendiri adalah kue adonan yang dimasak dengan berbasis besi wafel yang bermotif untuk memberikan bentuk khas dan karakteristik tertentu.

Topping favorit waffle adalah coklat. Cara membuat waffle coklat ini gak kalah mudah loh dari egg pudding. Memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih membuat egg waffle ini cocok dinikmari kapan saja.

Daripada tersiksa sambal membayangkan enaknya hidangan ini saat perut lagi kosong-kosongnya, coba yuk bikin resep egg pudding dan egg waffle ini.

Resep Masak Telur yang Enak: Egg Pudding

Bahan-Bahan Adonan : 

  • 4 butir telur ayam
  • 500 ml susu full cream
  • 10 sdm gula pasir
  • Butter secukupnya
  • 1/2 sdt bubuk vanilla

Bahan Saus Karamel : 

  • 8 sdm gula pasir
  • 5 sdm air

Cara Membuat Resep Masak Telur yang Enak : Egg Pudding :

  1. Siapkan 5-8 buah cetakan puding, lalu olesi dengan butter hingga rata, sisihkan.
  2. Masak 8 sdm gula dan 5 sdm air dengan api sedang, biarkan gula larut dan berubah warna menjadi kecokelatan, matikan api.
  3. Tuang saus karamel ke dalam cetakan puding, goyang-goyang perlahan hingga seluruh bagian bawahnya tertutupi karamel.
  4. Kocok lepas telur sampai permukaannya berbuih, sisihkan.
  5. Panaskan panci kecil, lalu masak susu, gula dan bubuk vanilla hingga setengah mendidih, diamkan sampai tidak terlalu panas.
  6. Tuangkan susu secara perlahan ke dalam kocokan telur sambil terus diaduk-aduk, kemudian saring adonan agar tidak ada yang menggumpal.
  7. Masukkan adonan yang telah disaring ke dalam cetakan puding, tiriskan.
  8. Panaskan kukusan selama kurang lebih 30 menit, dan masak puding selama 15-20 menit sampai teksturnya mengeras.
  9. Angkat, dan sajikan bersama teh manis hangat atau susu.

Resep Masak Telur yang Enak : Egg Waffle

Bahan-Bahan :

  • 140 ml tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sdm custard powder*
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur ayam
  • 140 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanilla (opsional)
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm mentega tawar, lelehkan
  • 50 g chocolate chips
  • 1 sdm tepung tapioka

Cara Membuat Egg Waffle :

  1. Ayak tepung terigu bersama susu bubuk, custard powder, tepung tapioka, dan baking powder. Sisihkan.
  2. Aduk rata telur, air, gula, ekstrak vanilla, dan garam. Tuang perlahan ke dalam wadah berisi campuran tepung sambil diaduk menggunakan whisk hingga tercampur rata. Tambahkan mentega, aduk kembali hingga adonan licin. Sisihkan.
  3. Panaskan cetakan Hong Kong egg waffle di atas api kecil. Oles kedua permukaan dalam cetakan dengan mentega. Tuang adonan ke dalam semua bulatan pada cetakan.
  4. Taburi 2 sdm chocolate chips ke dalam tiap bulatannya. Tuang kembali adonan untuk menyatukan chocolate chips. Tutup. Masak hingga setengah matang (± 2 menit).
  5. Balik cetakan, masak kembali hingga matang (± 3 menit). Sajikan.

Gak Cuma olahan manis dan kenyal diatas, telur juga bisa disulap menjadi olahan yang gurih lho. Salah satunya adalah sosis telur. pembuatan sosis telur  tidak sesulit kelihatannya lho, kalian cukup menggunakan mesin sosis telur dan menunggu sosis telur matang sambal nonton tv.

Selamat mencoba resep masak telur yang enak diatas ya! Semoga berhasil dan kalian bangga dengan hasil masakan kalian.