Arum Manis Kemasan Cup Banyak Diminati Konsumen

Siapa nih yang tidak tahu arum manis? Makanan yang berbahan baku dari gula pasir ini pastti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Dulu sasaran konsumen arum manis hanya di kalangan anak-anak saja, tetapi sekarang arum manis pun banyak gemari oleh kalangan orang dewasa. Mungkin karena rasanya yang manis membuat para konsumen ketagihan untuk membeli jajanan yang satu ini. Selain dari rasanya, arum manis mempunyai daya pikat lain, yaitu pada kemasannya yang semakin menarik. Misalnya arum manis kemasan cup, dengan menggunakan cup sebagai kemasan arum manis, dapat meningkatkan daya jual.

Sejarah Arum Manis 

Arum Mnais Kemasan Cup

Gula kapas, permen kapas atau bisa disebut juga arum manis ternyata mempunyai sejarah yang panjang dimana sudah banyak dikenal oleh bangsa Italia dari abad ke-15. Pada waktu itu ada seorang koki yang membuat permen kapas dengan menambahkan caramelize gula murni lalu menggunakan sebuah garpu untuk meneteskan sirup. Suhu dari permen yang hangat dan lentur, memudahkan koki tersebut untuk mengambil untaian gula yang tipis seperti kapas dengan baik dan benar kemudian mencetak permen kapas ke dalam berbagai cetakan.

Lalu pada abad ke-19, ada 2 orang yang diidentifikasi sebagai penemu arum manis. Mereka berdua adalah William Morrison dan sahabatnya yang bernama John C. Wharton. William J. Morrison merupakan seorang dokter gigi dari Nashville dan dia juga adalah seorang pengacara dan penulis buku anak-anak. Bahkan dia juga adalah seorang pembuat lemak babi palsu yang berbahan dasar dari biji kapas.

Kemudian bersama dengan John C. Wharton yang merupakan seorang pembuat permen tradisional dari Tennessee. Mereka berdua menciptakan sebuah mesin listrik peleleh gula pasir dengan menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong terciptanya kapas-kapas gula. Mesin ini ditetapkan pada tahun 1899 dan menjadi atau mesin permen kapas pertama di dunia.

Cara Membuat Arum Manis Kemasan Cup

Arum MAnis Kemasan Cup

Alat dan Bahan:

  • 800 gram gula pasir atau 4 cangkir
  • 40 ml sirup jagung atau 1 cangkir
  • Air mineral 40 ml atau 1 cangkir
  •  ¼ sdm garam halus
  • 1 sdm Ekstrak rasa berry 1 sdm
  • Pewarna makanan
  • Stik
  • Cup
  • Plastik
  • Tali pita

Cara Membuat Arum Manis Kemasan Cup :

  1. Siapkan panci dengan ukuran besar, kemudian masukkan gula pasir, sirup jagung, garam halus, dan air. Masak bahan tersebut dengan api sedang. Aduk sampai semua bahan tersebut larut. Jika sudah mendidih lalu diangkat.
  2. Larutan gula dipanaskan kembali pada suhu 160 derajat celcius, untuk mengukur suhu menggunakan termometer permen. Apabila sudah, tuangkan adonan panas ke dalam wadah yang berbentuk tidak terlalu cekung dan tahan panas. Lalu masukkan ekstrak rasa berry dan pewarna makanan, setelah itu aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Kemudian mulailah untuk memutar gula dengan menggunakan stik yang sudah disiapkan. Celupkan sodet ke dalam larutan gula angkat lalu tahan diatas panci supaya gula menetes di dalam mesin selama 2 detik. Setelah itu tahan larutan gula yang berada di dalam mesin tadi di atas kertas sekitar 30 cm. Ayunkan sodet kearah depan dan belakang dengan hati – hati supaya terbentuk untaian gula seperti kapas yang tipis-tipis.
  4. Selanjutnya mulailah memasukkan arum manis ke dalam cup yang telah disiapkan. Setelah itu tutup cup dan bungkus menggunakan plastik custom agar lebih menarik serta ikat menggunakan tali pita dengan rapat.

Pemasaran Usaha Arum Manis Kemasan Cup

Apanila Anda berminat untuk membuat jajanan manis ini di rumah, Anda dapat mencoba resep membuat arum manis sederhana diatas karena pembuatannya cukup terbilang mudah. Tetapi dibutuhkan keuletan dan keterampilan dalam menggunakan mesinnya. Bahan utama yang digunakan untuk membuat jajanan ini juga sangat mudah didapatkan, yaitu gula pasir yang bisa ditemui di warung maupun swalayan di sekitar Anda.

Jika Anda hendak mengkonsumsi arum manis ini sendiri ataupun akan Anda jual pada konsumen, gunakanlah bahan yang alami dan aman untuk kesehatan. Hal tersebut dilakukan supaya produk Anda terjaga standar kualitasnya dan para konsumen tidak berpaling dari produk usaha arum manis cup Anda. Pembahasan sekilas menegnai mesin pembuat arum manis, di dalam mesin pembuat arum manis ini, pada bagian tengahnya terdapat sebuah wadah dengan ukuran kecil yang nanti didalamnya akan dimasukkan gula dan pewarna makanan agar warnanya lebih menarik.

 

Apabila Anda ingin memulai bisnis baru, tetapi Anda bingung ingin membuat usaha apa. Arum manis kemasan cup sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis baru. Jajanan yang banyak disukai oleh orang-orang, entah itu anak-anak ataupun orang dewasa, menjadikan usaha arum manis kemasan cup banyak diincar oleh sebagian orang. Resep dan cara membuat jajanan ini pun juga mudah, Anda bisa mecobanya! dan dijamin tidak akan gagal.