Categories
Uncategorized

Aneka Olahan Pisang Ambon Antimainstream

Holla gaiss kembali lagi bersama mimin kece di sini hihihi. Pada artikel kali ini mimin bakal berbagi tentang resep aneka olahan pisang ambon antimainstream yang bisa kalian olah dengan sedemikian dan semenarik mungkin.

Pisang ambon sendiri adalah jenis pisang yang sangat mudah dan seringkali ditemui di pasaran. Terlebih karena banyaknya stok dan juga warnanya yang kuning bersih nan halus.

Buah yang dapat diolah dengan resep es buah untuk jualan dan cara membuat sop buah istimewa ini sendiri memiliki berbagai manfaat yang sangat dibutuhkan tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat pisang ambon yang udah mimin rangkumin buat kalian

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Stamina Dan Kesehatan Jantung

Mesin pembunuh nomor satu di dunia ini sangat mengerikan tentunya, banyak yang berlomba-lomba menerapkan hidup sehat demi menghindari mesin pembunuh ini. Namun tak perlu risau, beberapa kandungan buah pisang bakal membantu fungsi kerja jantungmu

Memiliki kandungan kalium atau kita kenal juga dengan potasium, kandungan ini bakal membantu menjaga fungsi kerja jantung kalian. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan mineral elektrolit untuk menjaga aliran listrik dalam tubuh sehingga jantung tetap terus berdetak.

2. Mencegah Penyakit Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pisang juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pisang ini berfungsi sama seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pisang juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

3. Cocok Untuk Program Diet

Karena pisang memiliki zat antioksidan yang sangat kuat, hal ini sangat mendukung bagi kalian yang sedang mengalami program diet. Dengan memperlambat pengosongan lambung agar kalian yang sedang melakukan program diet senantiasa merasa kenyang.

Selain dapat merasa kenyang lebih lama, pisang mengandung serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan dengan serat yang dimilikinya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan darah tinggi, buah pisang ambon ini sangat cocok dikonsumsi. Tingginya kandungan kalium yang ada pada pisang ambon ini akan membantu mereduksi tekanan darah yang berlebihan.

Namun kalian juga harus tetap ikut mengurangi mengonsumsi makanan makanan dengan kandungan garam dan lemak yang tinggi juga agar lebih efektif lagi.

 

Dari 4 poin di atas aja udah sedikit memberikan kita gambaran bukan tentang bagaimana khasiat pisang ambon yang dapat membantu kitamenjaga tubuh kita.

 

Baiklah sekarang kita langsung menuju ke resep aneka olahan pisang ambonnya yang bisa juga kalian jadiin peluang usaha dengan aneka olahan pisang untuk usaha .

Aneka Olahan Pisang Ambon

1. Pandan Ambon Banana Roll Cake

Bahan:

  • 3 butir telur utuh
  • 4 buah pisang ambon
  • 1 sendok makan mentega
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sendok teh pasta pandan
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gr tepung salatiga
  • 40 gr gula pasir putih
  • 1 sendok makan buttercream
  • 15 gr meses
  • 15 gr keju parut
  • 1 sendok teh margarin

Cara Membuat Pandan Ambon Banana Roll Cake:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih
  2. Panaskan oven sampai 210 derajat celcius dan oleskan loyang dengan margarin hingga merata tak lupa juga alasi loyang dengan kertas bakin
  3. Masukkan semua bahan kecuali mentega lalu aduk merata hingga pucat, lembut, dan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil beberapa adonan dan campurkan dengan mentega dan aduk sampai rata dengan sempurna
  5. Jika sudah, satukan adonan tadi dengan adonan yang awal dan aduk kembali hingga benar benar rata
  6. Tuangkan ke dalam loyang sampai kental dan panggang sampai 15 menitan
  7. Selagi menunggu cake nya dingin, tambahkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan masukkan satu sendok makan mentega serta pisang raja tadi dan goreng sampai terlihat agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  9. Tunggu sampai dinginn dan bagi cake menjadi 4 bagian lalu taruh pisang di atasnya kemudian semprot buttercream di atasnya dan taburi keju parut, meses lalu tutup lagi dengan pisang sisa
  10. Gulung semuanya dengan rapat atau bisa juga dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu sampai 1 jam
  11. Jika udah satu jam, keluarkan cake dari kulkas dan potong bagian pinggir lalu potong menjadi 2 bagian. Celupkan bagian sisi pinggir dan biarkan dingin lalu taruh di atas cooking track
  12. Voilaaaa pandan ambon banana rollcake siap dinikmati

2. Pisang Ambon Crunchy

  • 8 buah pisang ambon
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Membuat Pisang Ambon Crunchy:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan lalu siap disajikan
  6. Voilaaaaa pisang ambon crunchy siap dinikmati

3. Pisang Ambon Pelangi

Bahan:

  • 10 buah pisang ambon
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Membuat Pisang Ambon Pelangi:

  1. Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket dan jangan sampai melempem
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan
  7. Voilaaaa pisang ambon pelangi siap dinikmati

Dari resep resep di atas, mana nih yang mau kalian buat duluan? kalo mimin sih udah nyoba semuanya dan emang seenak itu gaiss, jadi daripada kalian beli di luar mending kalian bikin sendiri dan bisa juga kalo kalian mau buka usaha dengan bahan dasar pisang ambon ini.

Aneka Olahan Pisang Ambon Untuk Usaha

Berbagai jenis pisang sebenarnya bisa diolah menjadi hasil olahan yang lezat dan premium, tak terkecuali pisang ambon ini. Dengan bahan baku yang mudah didapatkan tidak akan menghambat kalian dalam memulai usaha ini.

Dengan banyaknya persaingan yang ada seperti saat ini, kalian bisa melihat dan mengambil celah untuk masuk ke dalam dunia usaha ini. Kalian harus menggunakan kekreatifitasan kalian untuk menembus pasar dan terlihat ke permukaan.